img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebDoa sholat hajat begitu kencang keluar dari mulut ketika sedang begitu menginginkan sesuatu. Mulai dari keinginan untuk ringan jodoh, masuk ke universitas impian, rezeki berupa pekerjaan ataupun limpahan berkah lainnya, hingga hal-hal yang rasanya semua ingin dikabulkan kala itu. Sehingga doa sholat hajat pun dilakukan.

Sehingga sesuai dengan namanya yaitu doa sholat hajat, maka ini semua bentuk ibadah karena menginginkan sesuatu atau yang ingin dipanjatkan. Banyak yang melakukan sholat hajat dengan harapan doa sholat hajat tersebut dikabulkan oleh Sang Maha Kuasa.

Semua sholat memiliki nilai yang sama, di mana semua bentuk sholat adalah komunikasi dengan Allah SWT dan tempat mencurahkan isi hati dan pikiran terbaik.

Untuk melancarkan doa sholat hajat, disebutkan waktu terbaik melakukannya setelah melaksanakan sholat fardhu dan disarankan pada waktu khusus sepertiga malam atau tengah malam seperti sholat tahajud. Pengerjaan sholat hajat pun hampir sama dengan sholat sunnah lainnya yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal sebanyak 12 rakaat.

Lantas kira-kira seperti apakah doa sholat hajat dan tata cara mengerjakannya? Penasaran? Yuk simak artikel selengkapnya ke bawah!

1. Niat Sholat Hajat

Ushallī sunnatal hājati rak‘ataini adā’an lillāhi ta‘ālā.

“Aku menyengaja shalat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT,”

Kemudian lakukan takbiratul ihram dan baca-bacaan sholat.

2. Baca Iftitah

Allaahu akbar kabiro walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha, haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang." Sesungguhnya kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim.

3. Surat Al-Fatihah

1. Bismillahirrahmaanirrahiim.
2. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamin.
3. Ar rahmaanirrahiim.
4. Maaliki yaumiddiin.
5. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin.
6. Ihdinash shiraatal musthaqiim.
7. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.

Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Dalam pengerjaan sholat hajat, disarankan membaca ayat kursi dan juga surat al ikhlas. Keduanya dapat kamu baca di rakaat pertama atau kedua sesuai keinginan.

3. Bacaan Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqoroh: 255)

4. Bacaan Surat Al-Ikhlas

1. قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ

Qul huwallāhu aḥad

Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

2. ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ

Allāhuṣ-ṣamad

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

3. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ Lam yalid wa lam yụlad

Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

4. وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ

Wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

Kemudian bacaan sholat lainnya dilanjutnya seperti pada biasanya dengan itidal, ruku, sujud, duduk di antara dua sujud, tahiyat akhir, disertai salam.

Usai sholat, dianjurkan untuk membaca sholawat Nabi, kemudian dilanjutkan doa sholat hajat yang berbunyi:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang,”

Kemudian kamu dapat melanjutkan doa sholat hajat dengan doa-doa yang ingin kamu pinta dan sampaikan kepada Allah SWT. Doa sholat hajat dapat menjadi jalan keluar dari apa yang kamu inginkan dalam kehidupan dunia dan juga akhirat. Mintalah sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT karena ialah yang Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang. Itulah tugas kita di dunia, meminta sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT diiringi dengan usaha dan patuhi perintahnya. Dan esensi paling penting dalam memanjatkan doa meskipun berharap tetap ikhtiar dan ikhlas. (rth)

Topik Terkait