img_title
Foto : Jovee.id

IntipSelebCara menghilangkan sariawan secara alami penting untuk diketahui jika Anda tidak menginginkan metode pengobatan yang menggunakan obat-obatan mengandung bahan kimiawi.

Sariawan sendiri merupakan luka kecil yang kedalamannya dangkal dan biasanya muncul di sekitar rongga mulut. Beberapa titik tempat sariawan biasanya muncul adalah di bagian dalam bibir, pipi dalam, gusi, lidah, hingga langit-langit mulut.

Munculnya sariawan pun beragam, bisa saja hanya satu namun tak menutup kemungkinan langsung muncul dalam jumlah banyak dan menyebar di sekitar area rongga mulut.

Sariawan pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang berukuran kecil dan dapat sembuh dalam waktu sekitar satu sampai dua minggu. Ada pula sariawan kompleks yang biasanya berukuran lebih besar dan lukanya pun lebih dalam. Sensasinya pun lebih sakit dan menyebabkan kesulitan untuk makan dan berbicara.

Kondisi sariawan ini sebenarnya merupakan salah satu masalah pada rongga mulut yang sangat umum terjadi. Berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa dan usia lanjut pernah mengalaminya.

Meski kebanyakan dapat sembuh tanpa mengunjungi dokter, namun bukan berarti sariawan harus dibiarkan saja. Berikut ini cara menghilangkan sariawan dengan cara-cara alami yang bisa Anda coba praktekkan sendiri di rumah.

Apa yang Menyebabkan Sariawan?

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Setiap gangguan yang terjadi pada tubuh kita tentu ada penyebabnya, begitu juga dengan kondisi sariawan yang menjangkiti area mulut. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi menyebabkan timbulnya sariawan di rongga mulut.

1. Mulut Terlalu Kering

Kondisi mulut yang satu ini seringkali disepelekan dan kurang diperhatikan. Padahal, kondisi mulut yang terlalu kering dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari bau mulut hingga munculnya sariawan.

Hal tersebut disebabkan mulut yang kering membuat bakteri dan kuman untuk lebih mudah berkembang biak dengan cepat. Jika dibiarkan, maka perkembangannya akan menjadi tidak terkendali dan menyebabkan area mulut rentan mengalami infeksi atau peradangan.

Untuk menjaga agar jangan sampai mulut terlalu kering, maka memperbanyak minum air putih perlu dibiasakan. Meski umumnya banyak yang menasihati untuk meminum air putih 8 gelas per hari, namun sebenarnya tak ada takaran khusus karena kebutuhan air putih tiap orang berbeda-beda.

Oleh karena itu, usahakan untuk minum air putih setiap kali Anda merasa haus. Selain itu Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon dan semacamnya

2. Kurang Asupan Vitamin

Kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebab sariawan muncul di mulut. Kekurangan asupan vitamin B3, vitamin B9, dan vitamin B12 bisa jadi merupakan penyebab timbulnya sariawan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, kekurangan zat lainnya seperti kalsium, zinc, hingga zat besi juga dapat menjadi pemicu munculnya sariawan dan bahkan bisa juga memperparah sariawan tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian dengan ideal. Karena apabila tidak mendapat nutrisi yang baik, maka akan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit seperti sariawan.

3. Cedera Pada Mulut

Adanya cedera atau luka pada mulut juga dapat menjadi salah satu penyebab sariawan. Luka yang tak kunjung diobati atau dirawat dengan benar, punya kemungkinan untuk berubah menjadi sariawan.

Luka atau cedera tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti menyikat gigi terlalu keras, bibir yang tergigit secara tidak sengaja, pemakaian kawat gigi, hingga mengunyah makanan yang terlalu keras.

Cara Menghilangkan Sariawan Secara Alami

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

1. Air Garam

Garam dapat membantu proses penyembuhan sariawan karena memiliki kemampuan untuk mengurangi infeksi yang terjadi di dalam mulut. Selain itu garam juga diketahui memiliki sifat antiradang.

Anda hanya perlu membuat larutan air garam dengan cara mencampurkan satu setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga garam larut dalam air. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur di dalam mulut dan jangan ditelan.

Jika dirasa sudah cukup, langsung buang air kumur tersebut dan bilas mulut dengan air putih. Cara ini bisa diulangi beberapa kali sehari.

2. Es Batu

Terkadang sariawan yang ada di area mulut dapat menjadi semakin parah hingga menyebabkan pembengkakan dan sensasi yang semakin menyakitkan. Agar pembengkakan tersebut cepat kempis, maka cobalah gunakan es batu untuk mengompresnya.

Caranya, ambil es batu dan bungkus menggunakan handuk atau kain lembut. Sensasi dingin yang diberikan es batu dapat meredakan bengkak dan meringankan rasa nyeri yang menyiksa.

Apabila sulit untuk mengompres dengan es batu, maka bisa dengan cara dikulum hingga mencair di bagian mulut yang memiliki sariawan.

3. Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang sangat banyak khasiatnya, salah satunya adalah untuk meringankan sariawan. Madu diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Cara menggunakan madu untuk mengatasi sariawan pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu di bagian yang mengalami sariawan, lalu diamkan hingga madu tersebut habis. Cara ini juga bisa diulang beberapa kali sehari.

4. Lidah Buaya

Cara menghilangkan sariawan yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami yang satu ini juga dikenal ampuh untuk menghilangkan sariawan karena memiliki fungsi antiradang dan pereda nyeri secara alami.

Anda hanya perlu menyiapkan daun tanaman lidah buaya dan pastikan untuk mencucinya sampai bersih. Kemudian oleskan bagian daging lidah buaya tersebut pada luka sariawan Anda.

Diamkan selama beberapa jam, dan cara ini bisa diulangi lagi sebanyak dua sampai tiga kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

5. Yogurt

Pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan di dalam mulut. Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt bisa menjadi cara menghilangkan sariawan yang alami.

Yogurt merupakan sumber probiotik yang dapat melawan keberadaan bakteri jahat di tubuh kita, termasuk bakteri yang ada di area mulut dan menyebabkan sariawan. Yogurt juga bisa menjaga keseimbangan pertumbuhan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk mendapatkan manfaat yogurt dalam meringankan sariawan yang muncul, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak satu kali di pagi hari.

6. Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan sariawan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki zat antimikroba dan dapat mengatasi peradangan dan luka yang disebabkan oleh sariawan.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil minyak kelapa secukupnya dan mengoleskannya di bagian yang sakit selama beberapa kali sehari. Terus lakukan hal ini setiap harinya hingga sariawan mengecil dan perlahan sembuh.

7. Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C dipercaya dapat menjadi zat yang membantu mempercepat penyembuhan sariawan maupun luka lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba konsumsi berbagai makanan alami yang mengandung vitamin C tinggi.

Beberapa makanan tersebut di antaranya seperti jeruk, pepaya, kiwi, jambu biji, stroberi, mangga, hingga paprika. (rth)

Topik Terkait