img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebManfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh sangat baik, karena di sisi lain telur merupakan makanan yang kaya gizi dan protein baik untuk di konsumsi mentah ataupun mateng. Biasanya telur rebus seringkali dikonsumsi oleh ibu-ibu yang baru saja melahirkan bahkan pasca operasi.

Siapa disini yang tidak suka telur? Makanan yang kaya akan nutrisi dan protein ini tentunya sudah menjadi andalan setiap orang. Tentunya karena rasanya yang enak, mudah didapat dan pastinya sangat bergizi. Selain itu, telur juga dapat dimasak menjadi berbagai macam olahan dengan cara digoreng, di sayur, di dadar, di rebus serta dimakan mentah. Tapi tahu nggak sih jika telur memiliki khasiat paling baik saat ia direbus? Kira-kira-apa saja ya manfaatnya?

Namun saja, telur juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga untuk penderita kolesterol dan yang sering mengeluhkan asam urat, sebaiknya jangan terlalu sering memakan kuning telur. Maka itu, meskipun telur juga memiliki kandungan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh, penderita kolesterol tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Salah satu cara menikmati telur adalah dengan merebusnya. Telur rebus membuat topping salad yang enak dan bisa dimakan sendiri dengan taburan garam dan merica.

Nah untuk itu kita simak saja kira-kira apa saja manfaat telur rebus untuk kesehatan tubuh kita, chek it out!

1. Kalori Rendah

Jika Anda ingin mengonsumsi telur rebus saat diet, tidak perlu khawatir. Pasalnya, telur rebus memiliki kalori yang rendah, satu telur rebus besar kurang lebih hanya memberikan Anda 78 kalori.

Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra.Dengan mengonsumsi telur rebus bisa menjadi pengganti makanan sumber protein lainnya yang berlemak tinggi.

Anda dapat mengonsumsi telur rebus dengan sayuran, dan karbohidrat berkalori rendah, seperti mengonsumsi telur rebus dengan kangkung dan kentang.

2. Membantu Diet

Salah satu jenis diet yang murah dan menyehatkan dapat dilakukan dengan mengonsumsi telur rebus sebelum tidur.Telur rebus dapat membantu mengurangi defisit kalori harian.

Defisit kalori adalah kondisi di mana jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada yang kita bakar.Hal itu mudah dilakukan karena kalori dari setiap butir telur sangat rendah namun sudah mampu mengenyangkan perut.

Selain mengenyangkan perut, telur rebus juga rendah kalori dan karbohidrat dengan aman.Tak hanya itu, telur rebus juga dapat mengontrol nafsu makan hingga memudahkan anda kembali ke pola makan anda yang biasanya.

3. Bantu Kinerja Otak

Telur sangat baik untuk fungsi dan kinerja otak. Telur rebus mengandung kolin, nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, serta kesehatan katdiovaskular. Kandungan kolin dalam telur yang direbus akan menjaga struktur otak serta membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot.

Bagi ibu hamil tentunya perlu nutrisi yang cukup untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Protein dan omega 3 yang terdapat pada telur sangat bagus buat perkembangan otak bayi.

4. Menguatkan Tulang dan Otot

Vitamin D yang terkandung dalam telur rebus bisa membuat tulang dan gigi kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalisum dalam darah.

Proses tersebut memastikan jika kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Setiap hari tubuh kita butuhkan 600 unit vitamin. Dalam satu butir telur rebus terkandung 45 unit vitamin D.

Asam Amino Esensial yang terkandung dalam telur dapat mengoptimalkan massa otot dan tulang, serta memproduksi hormon dan enzim tubuh. Telur mengandung 6 gram protein lengkap, bahkan telur disebut sebagai protein terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung sembilan asam amino esensial.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yaitu antioksidan yang mempunyai peran penting untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan antioksidannya dapat mempertahankan kesehatan retina mata. Orang yang sudah tua, yang rentan mengalami penurunan pada kemampuan penglihatannya disarankan untuk mengonsumsi telur rebus.

Mengonsumsi telur rebus bisa membuat mata kita menjadi lebih sehat dan cerah saat merasa mulai kusam dan sedikit kunang-kunang.

6. Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Untuk ibu-ibu yang sudah melakukan operasi sesar ataupun operasi lainnya, biasanya untuk membantu penyembuhan luka pasca operasi Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi telur rebus satu hari dua kali. Dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi putih telurnya saja, luka jahitan bekas operasi dijamin akan segera pulih dengan cepat.

Sudah banyak yang melakukannya di rumah, luka jahitan bekas operasi biasanya memang cenderung susah sembuh pasalnya dalam kegiatan setelah operasi kita dianjurkan untuk beristirahat dan tidak terlalu banyak bergerak. Nah untuk asupan yang dikonsumsi pun harus sangat diperhatikan, selain telur rebus biasanya untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi hewani yang mengandung protein tinggi seperti ikan, dan daging.

7. Protein Ibu Hamil

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil ini juga untuk kesehatan janin, lho.

Telur mengandung kadar kolin yang baik untuk pertumbuhan serta perkembangan otak janin. Karena itu, manfaat telur rebus untuk ibu hamil lainnya adalah melindungi Si Kecil dari cacat tabung saraf.

Protein yang terdapat di dalam telur dapat membantu tumbuh kembang si bayi, dan menambah energi bagi ibunya. Namun, sebaiknya mengonsumsi telur saat hamil kita harus memiliki jadwal tertentu. Misalnya satu Minggu 2-3 kali saja. Telur juga dipercaya sebagai nutrisi baik untuk bayi pada saat di dalam kandungan.

8. Menurunkan Gula Darah

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil adalah dapat mengontrol aliran darah dalam tubuh dan menurukan gula darah. Apabila kita memiliki diabetes selama kehamilan, konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui asupan apa saja yang sebaiknya dihindari, ya.

Sebab, jika makanan tidak terkontrol, ini akan menggantu kesehatan ibu dan juga si janin. Nah untuk lebih lanjutnya bagaimana manfaat telur rebus untuk pengontrol gula darah saat hamil, sebaiknya cek rutin ke dokter kandungan atau bidan juga ya.

Namun ada juga cara yang aman digunakan pada saat menyiapkan telur rebus untuk ibu hamil. Awas, jangan sembarangan lho, biasanya telur di rebus dalam kondisi api besar dan dihidangkan saat masih hangat.

1. Pastikan merebus sampai kuning telur benar-benar matang. Pada umumnya, telur akan matang seluruhnya bila direbus setidaknya 12 menit.

2. Simpan telur rebus yang belum atau sudah dikupas di kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat Celsius. Konsumsi telur sebaiknya tidak lebih dari seminggu setelah direbus.

3. Jangan biarkan telur rebus terpapar suhu hangat lebih dari 2 jam atau minimal 1 jam.

4. Sebelum dimakan, panaskan kembali telur rebus yang telah disimpan di lemari es. Setidaknya panaskan di suhu sekitar 73 derajat Celsius.

Jadi gimana? Sudah paham apa saja manfaat yang terkandung dalam telur rebus. Ya kalian bisa mencobanya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat. (jra)

Topik Terkait