img_title
Foto : Www.freepik.com/Racool_studio

IntipSeleb – Fungsi minyak zaitun ada banyak sekali dan yang pasti dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Umumnya, zaitun memiliki bentuk pohon yang relatif kecil. Pohon zaitun sendiri banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, kendati demikian, di Indonesia tanaman yang satu ini masih bisa dibudidayakan.

Menanam pohon zaitun harus diperhatikan agar tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup yang dengan suhu di atas 25 derajat celcius. Justru ketika cuaca sekitar panas, maka dapat merangsang pertumbuhan akar dari pohon zaitun.

Ketika berbuah, buah yang masih muda bisa dimakan secara langsung maupun setelah melalui proses pengolahan terlebih dahulu.Sedangkan buah yang sudah tua diolah sedemikian rupa dengan mengeksraknya dan menjadikannya minyak zaitun yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan minyak zaitun untuk kehidupan sehari-hari, tentunya bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali fungsi minyak zaitun. Lalu kira-kira apa saja ya fungsi minyak zaitun? Yuk simak artikel berikut ini yang akan membahas fungsi minyak zaitun yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Fungsi minyak zaitun

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Fungsi minyak zaitun ialah untuk kesehatan kulit hingga mengobati penyakit. Fungsi minyak zaitun sama saja dengan manfaat yang didapatkannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak fungsi minyak zaitun berikut ini.

1. Melembapkan kulit

Salah satu fungsi dari minyak zaitun adalah dapat melembapkan kulit. Anda tentunya sudah tahu bukan, banyak sekali produk skincare yang memiliki lambang buah zaitun sebagai ciri khasnya. Ini dikarenakan memang minyak zaitun bermanfaat dapat melembapkan kulit.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun yang mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kulit. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang bagus untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab masalah kulit.

Caranya mudah saja, anda hanya perlu mengoleskannya ke kulit yang ingin anda buat lembap kemudian hilangkan sisa minyak berlebih dari penggunaan minyak zaitun dengan kapas.

2. Mengangkat sel kulit mati

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Fungsi minyak zaitun lainnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Jadi tak hanya melembapkan saja, namun minyak zaitun juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit wajah maupun tubuh. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan garam laut untuk dijadikan scrub.

Setelah itu balurkan ke bagian kulit yang ingin anda rawat. Lakukan secara rutin agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

3. Menyehatkan area mulut

Tak hanya berfungsi sebagai pemelihara kesehatan kulit saja, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan di area mulut, lho. Hal ini dikarenakan minyak zaitun yang mengandung sifat antiradang, antioksidan dan juga antibakteri. Hal ini lah yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Caranya yakni dengan berkumur menggunakan minyak zaitun. Selain dapat menyehatkan area mulut, berkumur dengan minyak zaitun dipercaya berguna untuk mengatasi bau mulut.

4. Menjaga berat badan

Siapa di sini yang memiliki masalah ketika sedang diet? Nah, ternyata fungsi minyak zaitun lainnya adalah dapat berguna untuk menjaga berat badan. Ketika sedang menjalani masa diet, ada baiknya untuk menyisipkan minyak zaitun sebagai salah satu makanan yang anda konsumsi.

Mengonsumsi minyak zaitun juga dipercaya dapat mencegah obesitas dini. Akan tetapi meskipun dianggap dapat menjaga berat badan, anda tentunya perlu menyeimbanginya dengan olahraga teratur dan juga mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

5. Meminimalisir risiko penyakit jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Salah satu fungsi minyak zaitun selanjutnya yang sangat baik adalah dapat meminimalisir risiko seseorang terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidan dari minyak zaitun mampu membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung.

Minyak zaitun nyatanya tidak mengandung kolesterol maupun lemak jenuh, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya penumpukan pada pembuluh darah. Maka jangan ragu lagi ya untuk mengonsumsi minyak zaitun, sebab minyak zaitun juga dipercaya dapat mencegah kolesterol yang berujung pada penyakit kardiovaskular seperti jantung maupun stroke.

6. Menyehatkan pencernaan

Untuk anda yang sering kali merasakan sembelit yang mengganggu, maka kini anda menemukan solusinya. Fungsi minyak zaitun yakni dapat melancarkan sembelit. Dengan menonsumsi minyak zaitun, maka dapat melunakan tinja yang sulit keluar dari tubuh.

Anda juga bia mengonsumi makanan yang mengandung serat agar pencernaan lancar seperti sayur dan buah. Jika sudah sering mengalami sembelit, anda perlu setidaknya mengubah pola makan anda menjadi lebih sehat.

7. Menjaga tekanan darah

Fungsi minyak zaitun selanjutnya adalah dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan minyak zaitun yang memiliki kandungan antioksidan dan juga asam lemak yang sehat. Hal ini berguna untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan mengurangi terjadinya peradangan dalam pembuluh darah.

8. Menjaga kadar gula darah

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Fungsi minyak zaitun berikutnya adalah dapat berguna mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Banyak yang percaya bahwa mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat berguna untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh.

9. Menyehatkan fungsi otak

Banyak yang meyakini bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun dapat berguna untuk menyehatkan fungsi otak. Mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat meningkatkan kemampuan belajar maupun memori otak. Selain itu, disebutkan pula bahwa minyak zaitun dapat berguna untuk menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer.

Alzherimer sendiri merupakan penyakit otak yang membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat, daya pikir bahkan berbicara. Alzheimer banyak menyerang di usia lanjut.

10. Meminimalisir resiko diabetes

Fungsi minyak zaitun berikutnya ialah dapat mengurangi risiko seseorang terserang diabetes. Penderita diabetes di Indonesia cukup banyak, bahkan World Health Organization telah memperkirakan bahwa kemungkinan akan ada kenaikan yang signifikan dengan jumlah pasien diabetes di Indonesia khususnya tipe 2. Yakni diperkirakan meningkat hingga 16,7 juta pada tahun 2045.

Minyak zaitun disebut-sebut berguna untuk mencegah seseorang terkena diabetes tipe 2, yakni kondisi tubuh seseorang yang tidak menghasilkan insulin yang cukup. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengonsumsi minyak zaitun.

11. Meningkatkan kualitas sperma

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Fungsi minyak zaitun berikut ini menjadi kabar baik untuk para pria. Sebab, minyak zaitun juga banyak dipercaya dapat berguna untuk meningkatkan kualitas sperma. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang terkandung dari minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan pergerakan sperma.

Kandungan ini juga ternyata telah terbukti dapat berguna untuk melindungi sel sperma dari kerusakan. Selain itu, disebut pula bahwa minyak zaitun dapat berguna untuk mengurangi risiko disfungsi ereksi. Ketika mengonsumsi minyak zaitun, maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat dan mendukung sirkulasi menjadi lebih baik, termasuk saat berhubungan intim.

Demikian adalah sederet informasi terkait fungsi minyak zaitun. Setelah mengetahui manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun, anda tak perlu lagi untuk mengonsumsi atau memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan sehari-hari. Semoga informasi fungsi minyak zaitun di atas dapat bermanfaat bagi anda dan sehat selalu!

Topik Terkait