img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Banyak cara untuk mengobati rasa sakit akibat terkena mata ikan. Cara menghilangkan mata ikan sendiri, tanpa harus melakukan operasi bisa juga di tempuh dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Namun, jika menggunakan bahan herbal alami, mata ikan akan sedikit lama hilangnya. Asalkan kita rutin mengobatinya, sedikit demi sedikit mata ikan akan tuntas mati hingga akarnya.

Meskipun sekilas mirip dengan kapalan, namun mata ikan sebenarnya adalah masalah kulit yang berbeda, ya. Paling membedakan mata ikan akan menimbulkan rasa nyeri jika disentuh. Lantas, banyak orang langsung mencari cara untuk menghilangkan mata ikan pada kaki tersebut.

Sebab, rasa nyeri akibat mata ikan membuat kita tidak nyaman saat melangkah atau berjalan. Namun, cara menghilangkan mata ikan bukan hanya melalui operasi saja.

Mata ikan muncul karena kaki atau tangan mengalami tekanan dan gesekan terus-menerus secara berlebihan sehingga bagian tersebut jadi menebal sebagai mekanisme pertahanan agar tidak mudah lecet. Hal ini terjadi ketika sel epidermis basal (keratinosit) meningkat jumlahnya sehingga membentuk lapisan kulit yang tebal.

Mata ikan umumnya berbentuk lingkaran, dan bila ditekan, rasanya bisa sangat menyakitkan. Jika mata ikan terkena keringat, maka teksturnya akan melunak saat dipegang.

Walau tak berbahaya namun kondisi menebalnya kulit ini bisa merusak penampilan serta bikin tidak nyaman. Untungnya, ada cara mengobati mata ikan secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

Infeksi kulit ini bisa membesar dan bisa menimbulkan bekas pada kulit. Sehingga harus segera diobati dengan baik saat mulai muncul gejala Mata ikan. Penyakit kulit ini dapat menyebabkan perdarahan yang serius dan mengganggu sistem imunitas dalam tubuh. Meski terlihat kecil dan ringan, infeksi ini dapat berisiko menimbulkan komplikasi.

Kulit pada Mata ikan tersebut meradang dan disertai dengan infeksi dan nyeri. Mata ikan juga bisa menyebabkan luka yang membuat kulit menjadi tidak sehat bahkan mengganggu aktivitas.

Penyakit mata ikan di kaki atau clavus adalah salah satu reaksi alami kulit berupa penebalan pada kulit yang disebabkan karena gesekan dan tekanan berulang kali. Berbeda dengan kapalan, penumpukan kulit ini memiliki suatu pusat inti. Kondisi demikian biasanya menyebabkan nyeri dan membuat penderita merasa kurang nyaman.

Mata ikan di telapak kaki tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, namun juga anak-anak lho. Akan tetapi tak perlu khawatir karena hal tersebut bisa dicegah.

Penyebab utama mata ikan di telapak kaki pada dasarnya adalah karena adanya suatu gesekan atau tekanan pada kulit telapak kaki yang terjadi berulang kali. Namun ada beberapa penyebab lain yang juga dapat mengakibatkan mata ikan di telapak kaki.

Jika kalian penderita mata ikan namun takut untuk melakukan operasi, baca artikel IntipSeleb kali ini hingga tuntas ya!

1. Rendam Cuka Apel

Bukan hanya baik untuk mengatasi masalah wajah, cuka apel juga bisa melunakkan kulit keras mata ikan. Cara penggunaannya sederhana. Mama Papa hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air, lalu rendam kaki selama kurang lebih 20 menit.

Setelah selesai, keringkan kaki, dan perlahan-lahan kulit mati yang menebal akan mengelupas. Agar hasilnya lebih optimal, lakukan cara mengobati mata ikan dengan cuka apel ini setiap hari secara rutin dan sabar.

2. Rendam Garam Epsom

Untuk melakukan terapi garam epsom, Mama papa hanya perlu memasukan 2-3 sendok garam epsom ke dalam air hangat. Setelahnya rendam kaki selama 20 menit dan keringkan. Cara ini disebut ampuh untuk merendam kaki dengan garam epsom juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata ikan.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil mampu melunakkan tekstur mata ikan sehingga lama-kelamaan akan menghilang dari kulit. Trik mengobati mata ikan dengan minyak kastor ini merupakan salah satu yang terbaik, mengingat hasilnya cukup kilat. Anda bahkan bisa melihat khasiatnya dalam waktu 3-4 hari.

Dengan khasiat minyak jarah yang dipercaya bisa mengangkat kulit kasar bahkan hingga ke akarnya, mata ikan di kaki kalian akan bersih asalkan pemakaian rutin.

4. Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang dinilai paling manjur untuk mengobati mata ikan, baik itu mata ikan di kaki atau mata ikan di telapak tangan.

Caranya, cukup potong bawang putih menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan potongan bawang putih pada bagian yang terdapat mata ikannya. Menggosok-gosokan bawang putih ke area yang terkena mata ikan, akan membuat kulit kasar semakin menipis.

5. Batu Apung

Batu apung merupakan salah satu hal alami yang sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan di kaki. Ini karena batu apung sangat bermanfaat untuk menghilangkan kulit mati.

Untuk menggunakannya, rendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama 5-7 menit. Kemudian, gosok mata ikan dengan batu apung secara perlahan selama kurang lebih 3 menit. Lakukan ini secara rutin hingga mata ikan menghilang.

6. Rendam Air Hangat

Salah satu obat alami mata ikan adalah dengan merendam kaki dalam baskom berisi air hangat. Lakukan obat alami mata ikan ini selama kurang lebih 20 menit sampai area kulit yang terdapat mata ikan jadi melunak.

Jika sudah, keringkan kaki menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Saat mengeringkan kaki, Anda bisa melihat apakah mata ikan atau sel kulit mati bisa diangkat dengan mudah tanpa menimbulkan rasa nyeri atau tidak.

7. Kepala Ikan Peda

Jika mata ikan di kaki kalian membandel, coba untuk menempelkan secara rutin kepala ikan peda, atau ikan asin. Dipercaya dapat ampuh membuat mata ikan kalian copot. Meskipun sedikit terasa perih, kepala ikan peda ini bisa mengatasi tuntas dan juga tak meninggalkan bekas.

Agar lebih maksimal sebaiknya kepala ikan peda tersebut di plester kuat, ditempelkan pada bagian yang kasarnya. Hingga setiap harinya di ganti dengan yang baru.

8. Nanas

Kandungan enzim bromelain yang ada dalam nanas ternyata dapat menjadi obat yang sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan. Sebab, kandungan tersebut dapat melunakkan mata ikan serta meringankan rasa sakit sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, tempelkan nanas yang telah diiris tipis pada mata ikan dan perban dengan menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman kemudian bersihkan. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta dan tambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena mata ikan dan biarkan semalaman.

Selain mengelupas sel-sel kulit mati di area mata ikan, bahan tersebut juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh mata ikan yang sudah kronis.

Nah 9 cara diatas merupakan obat untuk menghilangkan mata ikan secara alami tanpa rasa sakit dan tanpa melakukan tindak operasi. Mudah bukan? Jadi tak perlu khawatir, untuk kalian yang sedang terkena mata ikan selamat mencobanya di rumah. (rth)

Topik Terkait