img_title
Foto : Instagram/@motherchanofficial

IntipSelebKerupuk udang merupakan salah satu jenis makanan yang sering kali menjadi pendamping di kala menyantap menu makanan lainnya. Pada dasarnya, kerupuk udang merupakan sejenis snack atau makanan ringan yang bisa dimakan sebagai camilan atau dimakan bersama dengan makanan berat seperti nasi, soto dan lain sebagainya.

Seperti namanya, kerupuk udang terbuat dari adonan tepung tapioka dan juga udang yang ditumbuk halus. Kemudian diberi bumbu untuk menambah cita rasa. Banyak yang percaya bahwa tempat asal kerupuk udang adalah Sidoarjo.

Di Indonesia sendiri, kerupuk udang menjadi salah satu jenis kerupuk yang banyak digemari. Sebab, rasanya yang gurih dan terasa khas karena ada campuran udangnya, membuat kerupuk ini menjadi primadona. Sebab rasanya yang enak dan harum, membuat kerupuk ini berbeda dengan kerupuk lainnya.

Meskipun masuk dalam jenis kerupuk-kerupukkan, kerupuk udang tidak bisa dipakai untuk menjadi bahan baku pembuatan seblak. Kerupuk udang lebih sering digoreng dan dinikmati saat kondisi kerupuk garing. Ada banyak sekali industri rumahan atau pabrik yang membuat kerupuk udang dan memasarkannya ke tiap daerah. Sehingga untuk mencari keberadaan kerupuk ini bukanlah hal yang sulit.

Anda hanya perlu pergi ke pasar dan bisa membelinya dari para pedagang. Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa sesekali mencoba membuat kerupuk udang sendiri. Karena selain mudah, membuat makanan sendiri akan terasa bernilai lebih. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk simak cara membuat kerupuk udang berikut ini.

Cara membuat kerupuk udang

Instagram/@yusna8223
Foto : Instagram/@yusna8223

Cara membuat kerupuk udang sebenarnya hanya memerlukan kesabaran, sebab perlu dilakukan selama beberapa hari untuk proses pengeringan kerupuk. Cara membuat kerupuk udang adalah dengan cara menghaluskan udang kemudian dicampurkan dengan adonan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lain.

Barulah setelah itu dikukus dan diiris tipis. Lalu baru masuk ke proses pengeringan atau penjemuran adonan kerupuk hingga benar-benar kering yakni selama 2 sampai 3 hari. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk simak cara membuat kerupuk udang berikut ini.

1. Resep kerupuk udang

Bahan kerupuk udang:

- 350 gram daging udang (buang kulit dan kepalanya)
- 800 gram tepuk tapioka
- air secukupnya
- 1 sdt soda kue (baking soda)
- 1 sdm garam
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1/2 sdt sasa
- 1 sdt garam

Cara membuat kerupuk udang:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masukkan daging udang yang telah dihaluskan ke dalam wadah besar, tambahkan garam, ketumbar, sasa, gula, baking soda, bawang putih yang telah dihaluskan kemudian diaduk hingga semua adonan rata.

2. Setelah itu baru tambahkan tepung tapioka dan tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk-aduk kemudian sambil diberi air sedikit demi sedikit. Diaduk dan ditambah air hingga adonan kalis. Uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis.

3. Setelah kalis saatnya untuk membentuk. Bagi adonan menjadi 5 bagian kemudian gulung memanjang.

4. Kemudian siapkan kukusan (bagian bawahnya diolesi minyak agar tidak lengket). Kukus adonan kerupuk dengan diberi jarak agar tidak menempel. Kukus selama kurang lebih 3 jam agar matang dengan sempurna.

5. Setelah siap angkat kemudian dinginkan. Setelah bersuhu ruangan, masukkan adonan kerupuk ke dalam kulkas selama 5 jam atau seharian, biarkan agar adonan mengeras.

6. Setelah adonan kerupuk keras, iris tipis adonan kerupuk udang sebab ketika digoreng, kerupuk akan mekar. Setelah selesai diiris tipis, susun adonan kerupuk ke atas tampah kemudian dijemur di bawah matahari selama kurang lebih 3 hari atau hingga benar-benar kering.

7. Setelah kerupuk kering, angkat dan barulah kerupuk bisa digoreng. Goreng kerupuk hingga mekar dan matang.

8. Angkat dan kerupuk udang siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Neneng Channel

2. Resep kerupuk udang

Bahan kerupuk udang:

- 1 kg udang (ambil bagian kulitnya saja, rebus dan ambil 400 cc saja)
- 700 gram tepung tapioka atau kanji
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt msg
- 6 siung bawang putih (dihaluskan)

Cara membuat kerupuk udang

1. Langkah pertama adalah rebus kulit udang sambil terus ditekan-tekan, kemudian saring sambil terus ditekan-tekan agar sarinya keluar. Angkat ampas udah kemudian buang.

2. Setelah itu rebus kembali sari udang tersebut dengan ditambahkan 1 sdt garam, 1/2 sdt msg, 1/2 sdt gula kemudian aduk-aduk. Setelah selesai, ambil air rebusan sebanyak 400 cc. Gunakan saat masih panas atau hangat.

3. Siapkan wadah kemudian tuang dengan tepung tapioka, kemudian tuang sedikit demi sedikit air rebusan udang, kemudian aduk. Tambahkan juga bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Campur adonan sambil terus diuleni hingga kalis (hati-hati adonan mungkin terasa panas).

4. Setelah selesai diuleni, bagi adonan menjadi tiga bagian kemudian dibentuk memanjang. Setelah itu, bungkus adonan yang telah dibentuk dengan plastik.

5. Siapkan kukusan kemudian kukus adonan yang telah dibentuk selama kurang lebih 1 jam. Seetlah itu keluarkan adonan kerupuk udang yang telah matang dari plastik lalu potong tipis-tipis.

6. Setelah itu susun adonan kerupuk yang telah diiris tipis ke atas nampan kemudian dijemur selama kurang lebih 1 hingga dua hari hingga benar-benar kering. Setelah kering angkat.

7. Kemudian barulah kerupuk bisa digoreng dengan minyak panas. Goreng sampai garing dan matang kemudian angkat dan kerupuk siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Aki yuri

Instagram/@klikoleholeh
Foto : Instagram/@klikoleholeh

Resep cara membuat kerupuk udang di atas bisa mnjeadi inspirasi bagi anda memasak di rumah. Selain itu untuk anda yang sedang bingung ingin berbisnis apa, bisa juga dijadikan ide bisnis rumahan bagi anda.

Keberadaan kerupuk udang cukup banyak digemari bagi masyarakat Indonesia, jadi tak perlu diragukan lagi penikmat dari kerupuk udang. Kerupuk udang juga sering kali dijadikan makanan pendamping di acara-acara tertentu seperti pernikahan, pengajian hingga acara lainnya.

Selain itu, beberapa penjual kaki lima atau restoran juga banyak menyediakan kerupuk udang untuk menjadikan makanan pendamping makanan berat. Misalnya saja untuk menjadi pendamping nasi kuning, nasi uduk, soto mie hingga kuliner lainnya. Tentunya rasa dari kerupuk udang ini akan cocok dipadupadankan dengan cita rasa kuliner lainnya. Sehingga bisa menambah nafsu makan anda.

Itu dia cara membuat kerupuk udang beserta dengan resepnya. Membuat kerupuk memang membutuhkan kesabaran, karena hasilnya tak bisa langsung dinkmati di hari itu juga. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat kerupuk sendiri.

Sebab ketika membuat masakan sendiri dan tidak membeli di luar, akan terasa berbeda. Sebab bahan yang digunakan juga anda bisa memastikan bahwa bahan-bahannya higeinis dan sehat. Semoga resep kerupuk udang di atas dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa recook!

Topik Terkait