img_title
Foto : Instagram/@masakanserbaindonesia by Marsha Ayu

IntipSeleb – Bumbu sop daging yang pas adalah menjadi kunci agar masakan yang dibuat memiliki cita rasa bak resto bintang lima. Sop daging sendiri merupakan salah satu sajian kuliner di Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Hampir setiap tempat, kita bisa menemukan sajian kuliner yang satu ini.

Mulai dari pegadang kaki lima hingga restoran bintang lima, kebanyakan memasukkan sop daging menjadi salah satu menu andalan. Sop daging sendiri banyak disajikan berbarengan dengan nasi putih hangat yang ditaburi dengan bawang goreng.

Cita rasa sop daging yang gurih, segar dan dipadukan dengan lembutnya daging sapi, akan membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya kembali. Menyantap sop daging pun tak perlu memperhatikan harus disaat cuaca apa dan kondisi bagaimana, sebab sop daging rasanya enak dimakan meski dalam kondisi atau cuaca yang berubah-ubah.

Jikalau anda sedang ingin membuat sop daging sendiri, maka artikel ini bisa menjadi solusinya. Sebab, akan disajikan bumbu sop daging yang biasa digunakan oleh orang-orang. Bumbu sop daging sendiri pada dasarnya cukup mudah. Penasaran apa saja bumbu sop daging yang paling mantap? Yuk simak deretan bumbu sop daging berikut ini.

Bumbu sop daging

Instagram/@intankarinaijo
Foto : Instagram/@intankarinaijo

Sebenarnya, bumbu sop daging terdiri dari bumbu dapur yang biasa digunakan memasak dan cenderung tak sulit untuk ditemui. Seperti misalnya saja bawang putih, bawang merah, jahe, lada hingga cengkeh. Namun untuk lebih lengkapnya, yuk simak resep bumbu sop daging berikut ini.

1. Resep bumbu sop daging

Instagram/@rahmi_mol
Foto : Instagram/@rahmi_mol

Bahan sop daging

- 250 gram daging sapi
- 2 buah kentang
- 1 buah wartel ukuran sedang
- 1 tangkai daun bawang
- 5 tangkai seledri
- 1 1/2 liter air
- Minyak goreng

Bumbu sop daging

- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 sdt lada putih bubuk
- 2 cm jahe
- 1 cm biji pala
- Kaldu sapi bubuk
- Garam

Rempah kering

- 3 buah cengkeh
- 4 cm kayu manis

Pelengkap

- Bawang merah goreng
- Sambal
- Jeruk nipis/jeruk limo

Cara membuat atau resep sop daging sapi

1. Siapkan daging sapi kemudian cuci hingga bersih, setelah itu sisihkan.
2. Setelah menyiapkan daging, siapkan juga sayurannya. potong kentang dan wortel potong tipis melintang atau sesuaikan dengan selera.
3. Lalu, rebus daging sapi yang telah dicuci bersih hingga setengah matang bersama dengan seledri dan daun bawang utuh (tidak dipotong).
4. Saat daging sudah setengah matang, anda bisa angkat lalu potong dadu atau sesuai selera. Barulah kemudian direbus kembali hingga benar-benar matang

5. Selagi menunggu daging matang, haluskan bumbu sop daging, yakni bawang merah, bawang putih, jahe, lada putih, biji pala.
6. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum atau berubah warna kecokelatan
7. Kemudian, masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan pula kentangnya. Masak hingga matang dan empuk
8. Tambahkan wortel dan juga bumbu penyedap seperti garam dan kaldu sapi bubuk. Angkat seledri dan daun bawang yang tadi direbus bersama dengan daging diawal kemudian buang.
9. Setelah air mendidih dan daging telah matang, angkat dan sop daging sapi siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Lestari Putri

2. Resep bumbu sop daging sapi

Instagram/@maybelin_ma
Foto : Instagram/@maybelin_ma

Bahan dan bumbu sop daging:

- 200 gram daging
- 5 bawang merah
- 3 bawang putih
- sedikit buah pala
- 1 sdt merica utuh
- garam secukupnya
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1 sdt gula pasir
- 1 buah kentang (potong kecil)
- 1 buah wortel (potong kecil)
- kol, tomat, daun bawang dan seledri secukupnya

Cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah rebus daging yang telah dipotong-potong. Kemudian agar kuah sop menjadi bening, sisihkan busa yang muncul akibat rebusan daging. Setelah itu barulah tambahkan daun bawang dan daun seledri agar harum. Tutup dan masak hingga matang. Nantinya setelah daging matang, ambil daun seledri dan daun bawangnya.
2. Sembari menunggu daging matang, kaluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, pala, merica dan garam.
3. Setelah bumbu halus, tumis hingga bumbu harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis tadi ke buah rebusan daging. Aduk-aduk kemudian nyalakan kompor dan masak hingga air mendidih.
4. Tambahkan pula gula dan juga kaldu bubuk. Aduk-aduk hingga larut.
5. Jangan lupa tambahkan kentang dan wortel dan masak hingga sayur mulai empuk. Setelah matang, baru tambahkan kol dan juga tomat. Masak sebentar karena kol dan tomat mudah matang.
6. Jangan lupa koreksi rasa, jika masih kurang bisa tambahkan bumbu sesuai dengan selera anda.
7. Angkat dan sop daging siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Dapur Bu Yun

3. Resep sop daging sapi kuah bening

Instagram/@suprabajati
Foto : Instagram/@suprabajati

Bahan-bahan:

- 250 gr daging sapi yang sudah direbus empuk dan dipotong kecil
- 3 wortel (potong sesuai selera)
- 10 buncis
- kol, daun bawang, daun seledri dan bawang goreng secukupnya
- 1 1/2 liter air

Bumbu sop daging kuah bening:

- 2 bawang putih
- 1/2 sdt merica
- 1 sdm garam
- 1 sdt kaldu sapi bubuk

Cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan semua bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica dan juga garam. Setelah itu tumis bumbu halus tersebut hingga wangi dan berubah warna menjadi kecokelatan.
2. Setelah itu tambahkan 1 1/2 liter air dan masak hingga mendidih. Kemudian aduk-aduk dan tambahkan daging sapi yang telah dipotong-potong. Masak sebentar kemudian tambahkan wortel dan masak hingga empuk atau matang.
3. Kemudian baru tambahkan buncis kol dan juga potongan daun bawang. Jangan lupa tambahkan kaldu bubuk. Masak sebentar jangan sampai sayurnya terlalu matang.
4. Koreksi rasa, bila ada rasa yang dirasa masih kurang bisa ditambahkan sesuai dengan selera.
5. Jika rasa sudah pas, angkat dan sop daging sapi kuah bening siap disajikan.

Resep bumbu sop daging dari YouTube resep simbok

Demikian adalah sederet informasi mengenai bumbu sop daging yang bisa menjadi inspirasi ide memasak bagi anda di rumah. Bagaimana? bumbu sop daging yang digunakan cukup mudah dan simpel bukan? Memasaknya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Terlebih lagi bisa menjadi alternatif lauk yang menemani santap anda bersama dengan nasi putih hangat.

Pada dasarnya isian sop daging pun bisa disesuaikan dengan selera kita. Jika tak suka dengan tomat atau buncis, bisa melewatinya dan menggantinya dengan sayur lain yang disukainya. Semoga informasi terkait resep bumbu sop daging yang disajikan dalam artikel ini dapat berguna bagi anda dan jangan lupa rekook!

Topik Terkait