img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Setiap manusia pasti kerap kali merias diri dengan tujuan agar kelihatan baik dalam segi penampilan. Maka dari itu, umat Islam untuk dianjurkan berdoa lebih dulu sebelum merias diri.

Ketika merias diri baik itu sedang berdandan, ataupun merapikan tubuh untuk bersiap-siap aktivitas. Maka hendaklah seorang muslim membaca doa ketika bercermin.

Doa bercermin diharapkan agar seseorang ketika melihat kamu menjadi senang atau menghargai. Juga manfaat dari berdoa adalah mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan.

Selain itu, doa ketika bercermin juga bermanfaat agar wajah tampak rupawan. Tampilan dan akhlak menjadi baik.

Selain tampil memakai pakaian gang bersih dan wangi. Dianjurkan bagi umat muslim berdoa dan mensyukuri akan ciptaan Tuhan.

Sunnah Doa Bercermin

Freepik
Foto : Freepik

Ketika bercermin berhias diri tentunya adalah aktivitas yang setiap orang lakukan. Terutama bagi seorang wanita yang selalu saja ingin tampil cantik saat merias diri.

Karena hal itu, bercermin adalah bagian dari proses untuk mempercantik diri agar bisa lebih percaya diri. Sebab itu, doa ketika bercermin alangkah baiknya jika dipraktekkan.

Sebenarnya, saat bercermin seorang muslim dianjurkan untuk senantiasa bersyukur akan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Karena itu, bagi seorang muslim hendaknya meminta agar selalu dijaga dan diberikan terbaik dalam berpenampilan.

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis. Bahwa Allah SWT menyukai sebuah keindahan, berikut artinya:

"Sesungguhnya Allah itu indah lagi menyukai keindahan." (HR. Muslim).

Selain itu, dalam Alquran telah dikatakan bahwa manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Berikut firman Allah SWT:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

(Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm)

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (QS At-Tin: 4)

Kemudian, sunnah dalam bercermin selanjutnya adalah berhias dengan mengenakan pakaian yang menutup aurat. Setiap seorang muslim dianjurkan untuk memilih pakaian yang menutup aurat dengan sempurana.

"Tidak boleh seorang pria melihat aurat pria lainnya, dan tidak boleh seorang wanita melihat aurat wanita lainnya." (HR. Muslim)

Selain itu, doa bercermin juga membantu untuk dijauhkan dari malapetaka. Karenanya, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa saat hendak bercermin agar terhindar dari keburukan.

Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis. Berikut artinya di bawah ini:

"Barang siapa yang keburukannya ingin disembunyikan oleh Allah ketika ia ditimpa masalah dan malapetaka maka banyaklah berdo’a dengan penuh sungguh-sungguh." (H.R. Turmudzi).

Doa-doa bercermin

Freepik
Foto : Freepik

Bercermin dapat dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya wanita, laki-laki pun mempunyai kebiasaan dalam berhias diri.

Maka dari itu, ketika kamu bercermin maka dianjurkan untuk membaca doa-doa di bawah ini ketika berhias diri. Berikut beberapa doa-doa yang bisa dipraktekkan.

1. Doa untuk keindahan akhlak

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Arab latin: Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: "Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku." (HR Ahmad)

Doa ini bersumber dari hadis shahih riwayat Ibnu Hibban, Al Baihaqi, dan Abu Ya’la.

2. Doa untuk memuliakan bentuk wajah

Dalam hadits lain, disebutkan Rasulullah SAW juga membaca doa berikut ketika bercermin,

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Arabnlatin: Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa'addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja'alanii minal muslimin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam." (HR Ibnu as-Sani).

3. Doa wajah berseri dan bercahaya.

Doa bercermin satu ini juga tak kalah penting untuk diingat. Berikut adalah bacaan doa agar wajah kita selalu berseri-seri dan bercahaya sepanjang hari:

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

(Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir)

Artinya: "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Qs.At-Tahrim: 8).

Insya Allah, dengan kamu mengamalkan doa ini, dapat menambahkan kecantikan luar dan dalam diri. Tak hanya itu, doa tersebut juga doa agar senantiasa memiliki hati dan akhlak juga rupawan.

4. Doa ketika merias Diri

Berhias diri adalah cara untuk mempercantik diri. Selain itu tentunya ada adab dan doa saat bercermin.

Berikut ini bacaan doa ketika kamu bercermin, jangan lupa untuk senantiasa diamalkan ya.

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

(Khalaqas-samāwāti wal-arḍa bil-ḥaqqi wa ṣawwarakum fa aḥsana ṣuwarakum, wa ilaihil-maṣīr).

Artinya: “Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah SWT. Kembali(mu).” (QS At-Taghaabun: 3)

Adab ketika bercermin

Foto :

Membaca doa bercermin merupakan bagian dari adab yang baik jika dilakukan oleh seorang muslim. Tak hanya itu, jika adab ketika bercermin ini dilakukan dapat menjadi ibadah.

Berikut ini adab yang bisa kamu lakukan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Bersyukur dengan selalu mengingat nikmat Allah SWT yang telah diberikan sambil mengucapkan doa.
2. Jangan terlalu berlebih-lebihan dalam mengagumi kecantikan diri sendiri
3. Janganlah kamu terlalu lama jika berias diri atau berada di depan cermin
4. Selain itu, dianjurkan juga tidak berlebih-lebihan dalam bercermin atau berias diri.
5. Menerima diri dan tidak mencela kekurangan fisik sendiri.

Adab dalam bercermin tentunya di atur dalam islam. Maka bagi setiap muslim dianjurkan agar selalu memperhatikan adap ketika merias diri.

Adab dengan tidak mencela diri merupakan bentuk dari syukur kita sebagai seorang manusia yang diberikan fisik yang baik walaupun tidak sempurna.

Sejatinya memang manusia memiliki kekurangan maka dianjurkan juga untuk kita tidak sombong. Selalu mengucapkan syukur dan berdoa agar akhlak maupun aura wajah diberikan bersih dan bercahaya.

Ketika kamu bercermin juga dilarang untuk tidak berlebihan dalam memuji diri. Karena sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai hambanya yang berperilaku berlebih-lebihan.

Mungkin sebagian dari kita yang ketika bercermin suka berlama-lama karena berpikir yang berkepanjangan. Maka adab ketika bercermin pun dianjurkan agar tidak berlama-lama dalam berhias diri di depan kaca.

Adab itu dilakukan dengan sembari kamu mengucapkan doa-doa bercermin. Agar senantiasa wajah dan juga perilaku diberikan bentuk yang sebaik-baiknya.

Karena itu, doa dan adab sangat baik untuk seorang muslim saat bercermin. Selain menambah kepercayaan diri dan bermanfaat agar akhlak selalu dituntun ke hal yang baik dan selalu diberikan makna bersyukur dari setiap ciptaan Allah SWT.

Semoga adab, keutamaan dan doa-doa saat bercermin dapat diamalkan untuk kamu yang ingin berhias diri. Jika rutin diamalkan maka doa-doa itu menjadi bentuk afirmasi diri sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu. (rth)

Topik Terkait