img_title
Foto : Kintamani.id

IntipSelebPantai Kuta di Provinsi Bali merupakan salah satu tempat wisata populer dan menjadi favorit banyak pengunjung baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Pantai yang satu ini bahkan bisa dibilang sebagai jantung dari sektor pariwisata di Bali.

Karena kepopulerannya itu, nama pantai ini pun dikenal baik oleh mereka yang pernah mengunjunginya maupun mereka yang belum sempat menikmati keindahannya. Tempat wisata yang satu ini menjadi destinasi yang jangan sampai dilewatkan jika berkunjung menikmati liburan di Bali.

Dengan luas yang mencapai 5 kilometer, tempat ini memiliki garis pantai terbaik di sekitar Pulau Bali. Keindahan ombaknya juga tak hanya memanjakan mata, namun juga sangat baik untuk para pecinta selancar.

Selain menikmati panoramanya yang menawan, bermain air hingga puas, ataupun bersantai menikmati matahari terbenam, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Kuta. Lantas, apa saja keistimewaan sesungguhnya dari tempat favorit di Pulau Dewata ini? Yuk, cek selengkapnya!

Mengenal Pantai Kuta Bali

1. Sejarah Pantai Kuta Bali

mitrapost.com
Foto : mitrapost.com

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika pantai indah yang satu ini dahulunya bukanlah merupakan tempat wisata. Pantai Kuta dahulunya adalah sebuah kampung yang merupakan tempat tinggal para nelayan tradisional.

Tak hanya itu, pantai ini juga sempat menjadi pelabuhan yang banyak disinggahi oleh para pedagang. Hal itu karena pada abad ke-19, seorang pedagang asal Denmark memulai pendirian fasilitas perdagangan di tempat ini.

Fasilitas yang dibangun oleh pedagang bernama Mads Lange itu menjadi pusat transaksi serta negosiasi dagang. Namanya pun menjadi banyak dikenal oleh para raja di Bali pada saat itu.

Berkat jasa Mads Lange menjadikan lokasi ini pusat perdagangan, pantai ini pun semakin banyak didatangi oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Hingga pada akhirnya, semakin banyak yang menyadari bahwa pantai yang satu ini ternyata memiliki panorama yang sangat indah.

Lambat laun, pantai ini menjadi destinasi wisata andalan Provinsi Bali sejak era 1970-an. Bahkan, terdapat julukan tersendiri bagi tempat indah yang satu ini, yakni Pantai Matahari Terbenam atau Sunset Beach.

Dahulu, Pantai Kuta tidak hanya indah, namun juga memiliki lingkungan yang sangat asri. Keasriannya itu menjadikan pantai ini sempat menjadi habitat asli untuk para penyu hijau. Sayangnya, biota laut yang satu itu kini sudah tak banyak ditemukan di sekitaran pantai ini. Malah, penyu kini sudah masuk daftar hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.

Semenjak populasi penyu di pantai ini semakin langka, akhirnya diputuskan untuk membuat penangkaran penyu di tempat lain, yakni Pantai benoa Bali. Sementara Pantai Kuta kini hanya difokuskan sebagai tempat wisata untuk menaikkan sektor pariwisata di Bali.

2. Lokasi Pantai Kuta Bali

Pantai yang terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya ini berlokasi di Kecamatan Kuta, tepatnya di sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Lokasinya pun tak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, yakni hanya sekitar 5 kilometer dan membutuhkan kurang lebih 15 menit perjalanan saja untuk mencapainya.

.Lokasinya memang dapat dikatakan strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Kombinasi pemandangan menakjubkan dan lokasinya yang strategis itu semakin menjadikan pantai ini incaran berbagai kalangan yang berlibur ke Bali.

Untuk menuju ke pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi maka tak perlu khawatir, karena banyak jasa penyewaan mobil dan motor yang tersedia di sini.

Untuk menyewa sepeda motor, biasanya dikenakan tarif sebesar Rp100 ribu hingga Rp 200 ribu Rupiah. Sedangkan untuk biaya sewa mobil umumnya Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp350 ribu sampai Rp500 ribu per hari. Namun harga sewa mobil juga tergantung dengan mobil jenis apa yang akan dipilih.

Aktivitas Seru di Pantai Kuta Bali

1. Tempat Seru untuk Berselancar

Freepik/viarprodesign
Foto : Freepik/viarprodesign

Pantai Kuta dikenal dengan hamparan pasirnya yang luas dan ombak yang tidak terlalu besar. Ombak yang ada di pantai ini juga cukup landai sehingga sangat cocok untuk aktivitas berselancar. Kondisi ombak tersebut cocok bagi peselancar yang masih pemula hingga yang sudah handal dan berpengalaman.

Untuk wisatawan yang masih kategori peselancar pemula, di pantai ini tersedia jasa pelatih profesional yang akan memandu selama aktivitas selancar. Pelatih tersebut akan membantu proses belajar Anda, sehingga tak perlu takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu bagi Anda yang lupa membawa papan selancar pun tidak perlu cemas. Di sepanjangn lokasi wisata ini Anda akan menemukan banyak sekali penyedia jasa sewa papan selancar dengan harga yang bervariasi.

2. Berolahraga di Pantai

Bagi yang sedang tidak ingin beraktivitas di air atau kurang tertarik berselancar, maka tetap bisa menikmai waktu liburan yang menyenangkan di Pantai Kuta. Salah satu aktivitas tersebut adalah berolahraga di sepanjang bibir pantai. Anda bisa melakukan jalan santai ataupun jogging di lokasi ini.

3. Bersantai dan Berjemur

Lokasi wisata yang satu ini akan dipadati oleh pengunjung menjelang waktu siang hari. Banyak pengunjung yang memanfaatkan hamparan pasir putih yang luas dan teriknya matahari untuk bersantai sekaligus berjemur.

4. Menikmati Matahari Terbenam yang Indah

wesata.id
Foto : wesata.id

Tidak suka berjemur karena tak ingin kulit menjadi lebih gelap? Kalau begitu, Anda masih tetap bisa bersantai di sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat menakjubkan.

Pantai ini memang dikenal menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Karena itu tak salah jika destinasi wisata ini mendapat julukan Pantai Matahari Terbenam.

5. Bermain Boogie Board

Bagi wisatawan yang membawa si kecil ke pantai ini pun tetap bisa merasakan sensasi liburan yang maksimal, karena terdapat pilihan aktivitas Boogie Board. Boogie Board sendiri adalah papan selancar berukuran lebih kecil yang cocok untuk digunakan anak-anak.

Boogie Board disewakan utnuk siapapun yang ingin mengajarkan selancar pada anak-anak. Harga yang dibayarkan juga sudah termasuk tarif untuk membayar jasa pemandunya. Dengan kehadiran pemandu, maka si kecil pun dapat bermain dengan aman tanpa perlu takut dengan arus ombak yang ganas.

6. Menikmati Serunya Jet Ski

Freepik/freestockcenter
Foto : Freepik/freestockcenter

Suka dengan aktivitas yang menantang? Kalau begitu Anda wajib mencoba bermain jet ski di kawasan ini. Aktivitas yang satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan dan memacu adrenalin.

Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi ekstrem bermain jet ski, tersedia jasa penyewaan yang bisa dimanfaatkan. Untuk satu kali penyewaan biasanya akan ada batas waktu yang ditetapkan, yakni kurang lebih 15 menit untuk setiap orang.

7. Berburu Foto Estetik

Berkunjung ke Pantai Kuta tak lengkap tanpa berburu foto-foto yang estetik. Akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan momen berfoto di pantai ini, karena pemandangan alam yang tersaji belum tentu akan ditemukan di tempat wisata lain.

Ada banyak spot foto andalan yang akan menjadikan momen berlibur Anda di kawasan ini semakin tak mudah untuk dilupakan. (rth)

Topik Terkait