img_title
Foto : Gmaps/Yini Avery

IntipSelebTirta Gangga adalah salah satu tempat wisata di Bali yang keberadaannya cukup populer di kalangan wisatawan. Menyajikan pemandangan kolam air peninggalan kerajaan yang indah dan khas, membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Maka tak heran jika Tirta Gangga menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berlokasi di Karangasem, Bali, tempat wisata ini tak pernah sepi dari kunjungan pengunjung. Sebagai tempat wisata air yang berupa kolam peninggalan zaman kerajaan, tentunya wisata ini memiliki nilai sejarah. Ada kisah menarik yang seru untuk dikupas bersama.

Penasaran terkait sejarah serta hal menarik dari Tirta Gangga? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan menarik tentang Tirta Gangga yang akan mengupas tentang sejarah hingga tiket masuk ke tempat wisata populer di Bali berikut ini.

Tirta Gangga

gmaps/Dedy Nur Patrio
Foto : gmaps/Dedy Nur Patrio

Secara garis besar, Tirta Gangga merupakan bekas istana kerajaan yang juga dikenal sebagai istana airnya. Tempat ini disebut-sebut sebagai bagian dari Kerajaan Karangasem. Di sini anda akan disuguhkan dengan pemandangan dengan nuansa kerajaan air zaman dulu.

Tempat wisata yang satu ini ternyata memiliki luas kurang lebih 1,2 hektar. Ketika memasuki tempat wisata ini, pemandangan pertama yang akan menarik perhatian pengunjung adalah kolam air yang luas dengan candi yang menjulang tinggi.

Sejarah Tirta Gangga

gmaps/Varendy Lumbardo
Foto : gmaps/Varendy Lumbardo

Tirta Gangga merupakan tempat wisata air bekas peninggalan kerajaan. Maka tak lengkap jika kita mengawali pembahasan mengenai wisata yang satu ini tanpa mengulik tentang sejarahnya. Secara singkat, lokasi ini merupakan bekas peninggalan Kerajaan Karangasem. Seperti namanya, Tirta gangga secara harfiah memiliki air Sungai Gangga yang menjadi tempat penghormatan bagi masyarakat Hindu di Bali.

Bukan tanpa alasan, nama tersebut kabarnya mengacu pada istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem di tahun 1948, yakni Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Akan tetapi, di tahun 1963 saat terjadi bencana letusan Gunung Agung, kompleks kolam air ini sempat hancur akibat letusan tersebut.

Namun kemudian Pemerintah setempat membangun kembali lokasi taman air ini yang kemudian ditujukan untuk kawasan wisata. Semenjak saat itu, Tirta Gangga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang cukup populer. Jadi bukan hanya Kuta maupun Denpasar saja yang memiliki tempat yang menarik untuk dikunjung, di Karangasem pun anda bisa sekalian mampir untuk melihat kolam air bersejarah ini.

Daya tarik Tirta Gangga

gmaps/Tirta Gangga
Foto : gmaps/Tirta Gangga

Setelah mengulik sejarahnya, untuk semakin meyakinkan anda untuk berkunjung ke Tirta Gangga, anda perlu mengetahui hal menarik yang ada di sini. Kira-kira apa saja ya? Berikut daya tarik yang bisa bikin anda tertarik berkunjung:

1. Spot foto

gmaps/F Angeline John
Foto : gmaps/F Angeline John

Memiliki pemandangan sekitar yang luar biasa indah, tentu tak lengkap jika anda tidak mengabadikannya dalam jepretan kamera. Untuk anda yang gemar berfoto, anda bisa sekali berpose di beberapa spot lokasi di Tirta Gangga. Kolam bekas peninggalan Kerajaan tersebut memiliki kesan kuno namun juga unik di waktu yang bersamaan.

Ada satu spot foto yang menari favorit, yakni banyak pengunjung yang berfoto di atas batu pijakan yang berada di atas kolam. Jika berfoto di sana, pemandangan sekitar akan ikut tertangkap di dalam kamera sehingga menambah nilai keindahan dari foto yang anda ambil.

Tentunya, nuansa seperti ini tak akan bisa anda temui di tempat lain. Untuk anda yang gemar mengabadikan pemandangan sekitar, anda bisa memuaskan hasrat memotret anda disini.

2. Bisa beri makan ikan

gmaps/Bima Satria
Foto : gmaps/Bima Satria

Tahukah anda bahwa kolam-kolam air di lokasi ini ternyata ditinggali oleh para ikan koi besar? Di sini, anda bisa juga memberi makan ikan koi yang berada di kolam. Anda bisa membeli pakan ikannya di area luar, sebab akan banyak toko yang menjajakan pakan ikan. Jika anda membawa anak-anak, tentunya mereka akan senang dengan pengalaman memberi makan ikan di dalam kolam.

Namun anda harus tetap waspada dan memperhatikan anak anda ya. Dikarenakan tempat wisata ini merupakan wisata air, dikhawatirkan ada bagian yang licin sehingga membahayakan bagi anak anda.

3. Pemandangan yang indah

gmaps/Bodo Byszio
Foto : gmaps/Bodo Byszio

Sebagai peninggalan Kerajaan, tentunya pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata ini sangatlah luar biasa. Anda bisa berjalan-jalan santai mengitari kompleks kolam air yang memiliki luar lebih dari satu hektar itu. Arca, ukiran kolam, suasana sekitar serta candi yang menghiasi lokasi ini, akan membuat anda merasa kembali ke zaman dahulu. Tentunya pengalaman ini tak akan anda dapatkan di tempat lain

Fasilitas di Tirta Gangga

Gmaps/Vincent Pilot Vignaux
Foto : Gmaps/Vincent Pilot Vignaux

Tak hanya banyak hal menarik yang bisa anda temui di Tirta Gangga. Nyatanya, tempat wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan tentunya akan membuat anda semakin nyaman berlibur.

Untuk anda yang mudah lapar usai berkeliling, tak perlu khawatir, sebab ada juga kedai yang menjual makanan. Pasti seru, ya, usai berkeliling langsung dihajar dengan wisata kuliner yang pastinya enak.

Kemudian ada juga toilet serta dilengkapi dengan lahan parkir yang luas. Jadi untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraan anda.

Harga tiket masuk Tirta Gangga

gmaps/Yoga Efendi
Foto : gmaps/Yoga Efendi

Tempat wisata ini buka setiap hari, sedangkan waktu operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 – 17.00. Untuk masuk ke salah satu obyek wisata populer di Bali ini, anda perlu membayar tiket sebesar berikut ini:

1. Tiket masuk (dewasa): Rp25.000
2. Tiket masuk (anak-anak): Rp15.000
3. Jika ingin berenang perlu menambah biaya: Rp10.000

Harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau. Selain itu, untuk anda yang tidak bisa datang di akhir pekan, anda bisa menyesuaikannya untuk datang di hari biasa, mengingat tempat ini sendiri buka setiap hari.

Kendati demikian, kami perlu mengingatkan bahwa harga yang tertera di atas bisa berubah-ubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pengelola Tirta Gangga.

Lokasi Tirta Gangga

gmaps/Yini Avery
Foto : gmaps/Yini Avery

Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika anda berasal dari Kota Denpasar, anda perlu menempuh jarak kurang lebih 65 km untuk sampai ke tempat ini. Jika dihitung waktunya, kurang lebih membutuhkan waktu 1 setengah jam untuk sampai. Jadi anda bisa sesuaikan.

Lokasi wisata ini juga mudah diakses, jadi anda juga bisa mengandalkan google maps juga masih belum tahu pasti lokasi wisata ini tepatnya berada di mana.

Demikian adalah sederet informasi menarik dari tempat wisata Tirta Gangga. Kembali lagi kami mengingatkan terkait harga yang tertera dalam artikel ini bisa jadi mengalamni perubahan seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Jika anda yakin untuk berkunjung ke Tirta Gangga, ada baiknya untuk menari informasi terupdate terkait harga tiket masuk tersebut. Kendati demikian, kami harap bahwa harga yang tercantum bisa menjadi ‘patokan’ atau referensi bagi anda dalam menentukan biaya berlibur.

Akhir kata semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berlibur!

Topik Terkait