img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Resep Perkedel tahu, hingga kini masih menjadi primadona ibu-ibu rumah tangga. Sejumlah resep camilan dan lauk pauk untuk menjadi teman nasi dengan biaya terjangkau dan sederhana, memang selalu di cari oleh sebagian orang. Masak sendiri di rumah memang suatu hal yang mengasikan.  

Tak heran jika tahu termasuk ke dalam makanan 4 sehat lima sempurna, karena memiliki banyak manfaat dan kaya vitamin. Terbuat dari kacang kedelai, tahu bisa diolah dengan berbagai macam. Siapa disini yang tak suka perkedel? Eitsss.. tapi jangan salah lho, kali ini IntipSeleb akan mengajak kalian untuk melihat resep perkedel tahu, dengan konsep rumahan.

Selain cocok dijadikan sebagai menu keisengan kalian, untuk teman lauk lainnya, perkedel tahu juga bisa menjadi ide jualan paling sederhana namun laris manis lho. 

Tahu bisa diolah jadi beragam varian menu, mulai dari camilan hingga bahan utama hidangan. Salah satunya yaitu jadi perkedel tahu. Perkedel praktis dan menggugah selera, bisa disajikan kapan saja. Baik untuk kudapan maupun lauk teman nasi.

Cara membuat perkedel tahu simpel, hampir sama dengan perkedel kentang. Tahu putih atau kuning dihaluskan terlebih dulu, kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Setelah itu perkedel tahu bisa dimasak hingga kuning keemasan.

Sebelum membuat perkedel tahu, kalian harus tahu tips cara membuatnya agar perkedel tersebut tidak hancur dan lembek. Simak berikut tipsnya: 

1. Perkedel tahu dibuat dari tahu yang dihaluskan dan dicampur bumbu seperti bawang putih, telur, tepung terigu, garam, dan merica.

2. Gunakan tepung protein rendah karena mengandung kadar gluten yang rendah. Hal ini yang membuat gorengan lebih renyah, Bun.

3. Usahakan adonan tidak terlalu kering atau lembek.

4. Adonan tahu yang sudah jadi, kemudian dibuat bulat pipih.

5. Minyak harus panas dan cukup banyak sampai perkedel tahu terendam secara merata.

6. Jangan masukkan banyak perkedel tahu dalam satu wajan agar tak menurunkan susu dan menyerap banyak minyak.

7. Jika perkedel tahu sudah berubah warna sedikit kecokelatan, artinya sudah matang. Segera tiriskan ke tisu atau kertas penyerap minyak ya

Langsung saja yuk kita scroll artikel berikut ini, jangan di skip ya! 

1. Resep Perkedel Tahu Brulee 

Bahan-bahan: 

- 3 buah tahu
- 1 buah telur
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 3 sdm tepung bakwan
- 1 keping mie kuning kering, hancurkan.
- minyak goreng


Bumbu halus:
- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt garam 

Cara membuatnya: 

1.Haluskan tahu. Tambahkan bumbu halus, daun bawang, dan telur. Aduk rata.

2. Tambahkan tepung bakwan. Aduk rata.

4. Panaskan minyak, kecilkan api.

3. Ambil adonan sekitar 1 sdm, bentuk bulat. Gulingkan ke mie yang sudah dihancurkan.

Topik Terkait