img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Manfaat Telur asin mungkin sudah tak bisa kita ragukan lagi. Telur Asin merupakan salah satu menu makanan yang sering kita jumpai di sejumlah tempat makan. Namun siapa sangka, jika manfaat telur asin bagi tubuh kita sangatlah banyak. Selain baik mengonsumsi kuning telur asin, dan dapat merangsang otak, telur asin bebek juga dipercaya sebagai asupan wajib saat kalian Inging membentuk otot-otot di tubuh kalian.

Telur asin ini memang menjadi primadona di semua kalangan ya. Walaupun pada dasarnya, pembuatan telur asin bisa menggunakan telur ayam juga, tetapi dari segi cangkang dan penyerapan garam lebih baik telur bebek dibandingkan telur ayam.

Telur asin sudah menjadi makanan yang cukup digemari semua kalangan di Indonesia. Mulai warteg hingga sebagai pelengkap hidangan rawon. Apalagi sekarang bumbu atau saos telur asin sedang hits, mulai dari ayam telur asin, pasta telur asin, dan lainnya.

Telur asin biasanya dibuat dari telur bebek. Alasannya, selain ukurannya lebih besar daripada telur ayam, kuning telurnya juga berukuran lebih besar. Telur bebek yang sudah dibersihkan, akan diperam dengan cara diasinkan (menggunakan air garam) selama beberapa minggu.

Selain direndam air garam, kadang telur diperam dengan dibungkus tanah pembuat bata merah yang sudah dihaluskan, dibuat seperti bubur dan diberi garam. tergantung tingkat keasinan yang diinginkan, dibutuhkan waktu 5-7 hari sampai proses pengawetan ini berakhir. Telur bebek kemudian dicuci dan direbus atau dikukus.

Di dalam 1 butir telur asin, terkandung vitamin seperti vit A, C, kalsium, zat besi dan fosfor. Fun fact! proses pada pengasinan telur bebek tersebut membuat unsur yang ada di dalam telur bebek tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh kita, dibandingkan dengan telur bebek biasa dan protein yang terkandung di dalam telur asin berubah menjadi asam amino.

Nutrisi di dalam telur asin juga tak kalah bermanfaat dari telur-telur yang lainnya seperti tinggi protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Manfaat dari telur asin pun banyak sekali, di antaranya mencegah anemia, penangkal radikal bebas, menjaga imunitas tubuh dan mengatasi gangguan kulit.

Selain menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, ternyata ada banyak manfaat telur asin yang bisa anda peroleh ketika anda mengkonsumsinya secara rutin. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan makanan yang terbuat dari telur asin atau salted egg. Bahan makanan yang satu ini memang sedang banyak digunakan untuk bebagai menu masakan, mulai dari ayam, seafood, keripik, bahkan hingga hidangan penutup.

Meskipun sudah beragam jenis telur asin, namuan biasanya di wilayah Brebes Jawa Tengah kalian bisa menemukn semua varian telur asin. Mulai dari telur asin biasa, telur asin bakar, bahkan telur asin dengan berbagai rasa.

Untuk itu simak artikel berikut, dan kita lihat manfaat telur asin saat dikonsumsi tubuh kita, Chek it out!

1. Mineral

Tidak hanya kaya akan makronutrisi dan vitamin, telur bebek juga kaya akan sejumlah mineral penting, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berfungsi meningkatkan sistem imun dan produksi hormon di kelenjar tiroid. Kandungan selenium dalam telur asin mencapai 25.5 mikrogram per butirnya.

Sementara itu, zat besi memiliki peran memproduksi sel darah berkualitas tinggi. Dalam setiap butir telur bebek, mengandung 2.7 miligram zat besi. Jadi, salah satu manfaat telur asin untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem imun dan sel darah.

2. Membentuk dan Meningkatkan Otot

Tingginya kandungan protein pada telur asin dapat membantu meningkatkan dan membentuk masa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

Oleh karena itu, jika kamu sedang menjalani program pembentukan masa otot sebaiknya rutin mengonsumsi telur asin. Kamu bisa mengonsumsi telur asin secara utuh dengan cara direbus atau dikukus. Kedua cara masak tersebut cenderung lebih sehat karena tidak menggunakan minyak atau tambahan bahan-bahan lainnya.

3. Membantu Tumbuh Kembang Otak

Kandungan omega 3 yang ada di dalam telur asin dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak. Manfaat telur asin yang satu ini dapat membantu merangsang sel-sel pada otak sehingga mencegah terjadinya gangguan pada otak.

Oleh karena itu telur asin sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada ibu hamil dan anak-anak dibawah usia tiga tahun.

4. Cegah Anemia

Untuk kalian penderita anemia, alangkah baiknya jika kalian mencobamencoba untuk mengonsumsi telur asin secara rutin. Selain dipercaya dapat membantu pencegahan anemia, telur asin juga kaya protein dan gizi.

Ini diakibatkan karena kandungan zat besi di dalam telur asin yang ternyata ampuh mencegah gejala anemia. Seseorang yang mengidap anemia biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, mudah lelah, hingga mual ketika menjalani aktivitas.

5. Memperkuat Tulang

Manfaat telur asin bagi tubuh berikutnya adalah dapat menyehatkan tulang, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di telur asin berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan merawat kekuatan tulang. Dengan mengkonsumsi telur asin anda akan dapat meminimalisir resiko penyakit osteoporosis.

Protein telur asin juga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dalam melalui kegiatan sehari-hari. Terlebih bagi anak-anak dan juga remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur asin.

6. Membantu Kesuburan

Seperti telah disebutkan, kuning telur asin bebek mengandung vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Vitamin ini berperan dalam memproduksi komponen genetik DNA dan RNA dari telur serta sperma.

Pada pria, vitamin B12 penting untuk pembentukan dan pematangan sperma. Kekurangan vitamin ini akan berpengaruh pada jumlah sperma. Sedangkan pada wanita, kekurangan vitamin ini akan menyebabkan masalah pada kesuburannya.

Kuning telur bebek juga mengandung vitamin E yang berfungsi untuk memperbaiki sel dan juga efektif sebagai vitamin kesuburan. Vitamin E merupakan nutrisi penting untuk ovarium dan baik dikonsumsi untuk mendukung kualitas sel telur. Selain itu, zat besi dalam kuning telur bebek juga punya pengaruh besar terhadap kesuburan. Kekurangan zat besi berisiko mengalami anovulasi, yaitu kondisi tidak terjadinya ovulasi.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh

telur asin juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan telur asin mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut membantu tubuh menjadi sehat dan mencegah terkena kanker dari radikal bebas.

Gak banyak yang tahu kalau antioksidan juga terkandung di dalam telur asin mengingat antioksidan biasanya terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Kandungan selenium dalam telur asinlah yang membantu tubuh punya imun yang kuat. Tentu saja kamu harus mengonsumsi telur asin secara rutin dan sesuai takaran. Percaya deh, kamu akan terhindar dari sakit seperti flu, batuk, atau demam.

Nah jadi kalian sudah paham ke-tujuh manfaat telur asin saat dikonsumsi dan cocok untuk disukai banyak orang, karena memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, gizi dan juga telur asin ini bisa membantu pembentukan otot agar seperti roti sobek nantinya. Semoga bermanfaat ya!

Topik Terkait