img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Kini ramai jadi perbincangan Film Dune. Diketahui telah sukses Film Dune memborong banyak penghargaan di piala Oscar 2022 tahun ini.

Luar biasanya lagi, Film Dune ini berhasil membawa 6 piala Oscar 2022 sekaligus. Tidak main-main Film Dune memang banyak dibicarakan oleh berbagai kalangan terkhusus bagi mereka yang pecinta film.

Film Dune ini merupakan fiksi ilmiah yang terbesar dan paling ditunggu-tunggu tahun lalu. Diketahui, Film Dune pertama sudah tayang di bioskop Tanah Air sejak 13, Oktober 2021 tahun lalu.

Namun, digadang-gadang film Dune ini akan ada sekuelnya. Hal ini menjadi informasi yang sangat ditunggu untuk para pecinta film khususnya penggemar Film Dune.

Film Dune disutradarai oleh Denis Villeneuve. Diketahui juga film ini merupakan adaptasi ketiga dari novel karya Frank Herbert di tahun 1965 dengan judul yang sama.

Sutradara film Dune ini juga telah mengilhami banyak karya sci-fi populer setelahnya seperti Star Wars, Star Trek, hingga Nausicaä of the Valley of the Wind. Bahkan dari ranah musik kamu bisa mendapati orang-orang menamai band mereka Shai Hulud atau Dvne, serta sejumlah musisi yang lagu-lagunya yang ternyata terinspirasi dari Dune.

Adaptasi film Dune ini sudah berlalu sejak 37 tahun lalu yang kemudian diangkat ke layar lebar David Lynch. Beberapa tahun sebelumnya upaya serupa dilakukan Alejandro Jodorowsky bersama para ksatria spiritual pilihannya berujung gagal, sehingga diketahui bahwa betapa sulitnya Dune diadaptasi ke dalam Film.

Kini, Dune hadir lagi di saat karya-karya yang terinspirasi darinya telah menjadi unggulan dalam genre serupa yaitu Star Wars.

Kemudian, Dune yang hadir setelah sang sutradara Denis Villeneuve merasa siap menanganinya usai menggarap film-film seperti Arrival tahun 2016 dan Blade Runner 2049 tahun 2017.

Secara singkat sebelum kita masuk ke Sinopsis Film Dune dikatakan bahwa Dune bercerita tentang marga Atreides, suatu bangsawan yang berkuasa di planet lautan Caladan.

Cerita ini berawal dari Duke Leto (Oscar Isaac) yang mengajak anaknya Paul (Timothee Chalamet) untuk memimpin koloni mereka di planet padang pasir berbahaya, Arrakis.

Ternyata Di Arrakis, Paul mendapat tanggung jawab besar bahwa ia harus membebaskan Fremen, kelompok asli Arrakis dari penjajahan dan menemukan jati dirinya sebagai calon pemimpin besar.

Penasaran bagaimana kelanjutan dari sinopsisnya? Yuk, simak beberapa fakta-fakta menarik dalam film Dune di bawah ini terlebih dahulu.

Fakta menarik dari Film Dune

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebelum kamu simak sinopsis filmnya, kamu bisa simak berbagai fakta-fakta menarik dari film Dune berikut ini!

1. Dune diketahui seri novel dari Frank Herbert yang memiliki cerita sangat luas.

2. Seri Dune telah memiliki 21 novel, 8 buku pendamping dan 11 cerpen bahkan 6 komik.

3. Novel Dune yang diangkat ke layar lebar yang telah diadaptasi sebanyak empat kali yaitu tahun 1984 hingga 2000 oleh David Lynch dan John Harrison.

4. Film Dune dari Villeneuve ini masih bercerita separuh dari novel aslinya. Hal ini diketahui akan muncul di film kedua.

5. Kesuksesan dari film Dune pertama ini akan mempengaruhi sekuelnya.

6. Dalam cerita Dune, uniknya terdapat cacing raksasa yang menjadi ikon film ini.

7. Villeneuve mendesain makhluk ini selama setahun agar mendapatkan penampilan fisik, tekstur kulit dan anatomi yang tepat.

8. Merupakan film fiksi ilmiah yang akan menampilkan banyak adegan bertarung, Dune mengadaptasi berbagai gaya bela diri Asia. Seperti Filipina, Mongolia dan Jepang.

Sekilas mengenai Film Dune

Goldposter
Foto : Goldposter

Diketahui bahwa film ini dibuka oleh narasi yang dituturkan Chani (Zendaya) yaitu seorang perempuan fremen atau sebutan untuk penduduk asli planet Arrakis.

Dalam narasi tersebut menjelaskan konflik antara fremen dan Harkonnen. Bahwa para penambang/pemanen yang mengeksploitasi spice sumber daya alam planet tersebut.

Narasi ini diselingi rangkaian adegan antara Paul Atreides (Timothée Chalamet) dan ibunya, Lady Jessica (Rebecca Ferguson), yang menjelaskan bahwa perlu waktu bertahun-tahun untuk menguasai kemampuan "Voice" yang diturunkan dari Bene Gesserit.

Kemudian, diikuti lagi soal penjelasan spice, subtansi halusinogenik yang memungkinkan perjalanan antariksa.

Dari awal pembuka film ini kita bisa menangkap beberapa hal bahwa bagaimana dan apa yang menyebabkan semesta Dune berputar.

Sinopsis film Dune

Pinterest
Foto : Pinterest

Film Dune dikatakan adalah film yang memiliki genre aksi, drama, petualangan, dan juga fiksi ilmiah.

Tak hanya itu, Film Dune juga dibintangi oleh para aktor dan aktris yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya.

Pemain film Dune adalah Timothée Chalamet dan Zendaya serta aktor-aktor senior seperti Javier Bardem hingga Stellan Skarsgard.

Film Dune ini mengisahkan tentang perjalanan keluarga Atreides yang berusaha memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya di alam semesta.

Diketahui, bahwa keluarga Atreides merupakan keluarga bangsawan penguasa planet Caladan.

Sedangkan Letto Atraides (Oscar Isaac) mengajak mereka pergi ke planet Arrakis yang menyimpan aset paling berharga bagi umat manusia.

Kemudian, ada seorang pemuda bertalenta Atreides yaitu Paul Atreides (Timothee Chalamet) dan ibunya, Lady Jessica (Rebecca Reguson) yang ikutdalam perjalanan ke planet berbahaya.

Saat perjalanan, mereka harus berhadapan dengan cacing pasir raksasa dan harus berhadapan dengan pertempuran.

Dalam pertempuran itu, Duncan Idaho (Jason Momoa) dan gurney (Jos Brolin) tampak membantu Paul dalam pertempuran.

Kemudian, situasi itu semakin pelik saat keluarga Atreides mendapat penghianatan mengerikan.

Diketahui bahwa anggota keluarga Atreides yang tersisa bergabung dengan kelopok orang asli Arrakis, Fremen, dan berusaha membalas dendam.

Selanjutnya, di sana Paul bertemu dengan Chani (Zendaya) yang membantunya belajar tentang kemampuan psikisnya.

Film Dune akan rilis sekuel tahun 2023

Pinterest
Foto : Pinterest

Diketahui bahwa Film Dune part pertama berakhir dengan akhir yang menggantung. Namun, ternyata Film Dune ini akan di rilis sekuelnya pada tahun 2023 mendapatkan.

Hal itu di konfirmasi oleh Warner Bros dan Legendary Pictures. Cerita Dune ini dikenal sebagai novel yang padat dan panjang, Dune karya Frank Herbert dirasa akan terlalu memusingkan jika hanya dikemas dalam satu film saja.

Oleh karena itu, sutradara Denis Villeneuve pun memutuskan untuk membagi novel tersebut menjadi dua film.

Karena ternyata Dune menarik banyak minat penonton dan dipuji karena memiliki visual terbaik pada tahun 2022 ini.

Di part pertama, dikisahkan Paul kabur dari para Harkonnen. Namun, kini Paul Atreides dan ibunya harus bergabung dengan bangsa Fremen, pribumi Arrakis, dan mempelajari budaya mereka demi bertahan hidup di planet padang pasir tersebut.

Pada akhirnya ia bertemu dengan perempuan yang selalu Ia lihat di mimpinya. Selain itu, Chani, Paul juga harus mencari tahu makna dari mimpi-mimpinya yang tampak bisa menembus masa depan.

Film Dune part kedua ini masih disutradarai Denis Villeneuve dan kembali dibintangi Timothee Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson, Dave Bautista.

Tak hanya itu, ia akan mengajak banyak aktor baru di film Dune sekuel ini yang akan datang di tanggal 20 Oktober 2023. (nes)

Topik Terkait