img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup– Manfaat kuning telur dipercaya memberikan khasiat untuk tubuh serta untuk wajah. Mengandung kandungan nutrisi yang tinggi, kuning telur sangat baik dikonsumsi.

Kuning telur sendiri mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan dari kuning telur adalah lemak, protein, serta 7 jenis vitamin.

Berikut adalah kandungan beserta manfaat masker kuning telur pada wajah:

  1. Protein (16,3 gram): Memperbaiki skin barrier, mempercepat regenerasi sel, dan menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal.
  2. Vitamin A (1.442 IU): Antioksidan alami, mencegah kulit kering, serta mengobati gatal dan iritasi pada kulit
  3. Vitamin B (B2, B3, B6, B12): Antiinflamasi, menghidrasi kulit, serta melindungi kulit dari radikal bebas
  4. Zinc: Memperlambat penuaan dini dan mengatasi jerawat.
  5. Lemak (31,9 gram): Menjaga kadar air di permukaan kulit. Vitamin E: Menjaga keremajaan kulit.

Tanpa berlama-lama lagu, ini dia manfaat dari kuning telur untuk kesehatan wajah, rambut, serta tubuh. Keep scrolling.

Manfaat Kuning Telur untuk Wajah

Freepik
Foto : Freepik

1. Menutrisi Kulit Secara Alami Agar Lebih Sehat dan Glowing

Selain putih telur, kuning telur juga mengandung banyak protein. Protein membantu merawat sel-sel kulit agar tetap sehat dan menjadikan kulit glowing. Selain itu kuning telur juga mengandung vitamin E, vitamin K, dan vitamin A yang bagus untuk menutrisi kulit dari dalam.

2. Membantu Melembabkan Wajah

Kandungan lemak tinggi pada kuning telur sering dikhawatirkan sebagai sumber kolesterol. Ternyata jika digunakan sebagai masker, kandungan lemak ini justru sangat berguna.

Lemak kuning telur dapat mencegah hilangnya kadar air dari permukaan kulit. Juga menjadikan kulit terasa lebih lembap dan kenyal. Selain itu, protein tinggi di dalam kuning telur juga meregenerasi kulit dan memperbaiki skin barrier agar kulit terasa jauh lebih lembut.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kuning telur mengandung vitamin A dosis tinggi, yaitu 1.442 IU per 100 gram kuning telur. Vitamin ini merupakan salah satu dari zat antioksidan. Vitamin A, protein, dan vitamin E dalam kuning telur mampu mencegah datangnya penuaan dini. Menjadikan kulit lebih ‘hidup’ setiap kali selesai memakai masker kuning telur.

4. Mencerahkan Kulit

Kuning telur sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini karena ia mengandung vitamin alami, nutrisi, protein, dan asam lemak. Manfaat kuning telur untuk wajah kali ini yakni dapat digunakan untuk mencerahkan kulit.

Penggunaan kuning telur secara teratur dapat mencerahkan kulit sekaligus mengatasi masalah seperti kulit kendur dan kulit tampak kusam. Tentunya ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang dengan kulit kering atau bersisik. Bahkan nutrisi dalam kuning telur juga dapat menghidrasi, menutrisi, dan melembabkan kulit yang kusam.

5. Mampu Atasi Masalah Jerawat

Kuning telur juga banyak digunakan untuk menghilangkan jerawat. Penelitian membuktikan bahwa serum vitamin A dosis tinggi dapat mengobati jerawat serta membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat pada wajah. Kuning telur mengandung vitamin A dan zinc yang tinggi. Dua nutrisi penghalau jerawat, jadi gunakan masker kuning telur untuk wajah sebagai salah satu metode perawatan kulit alami.

6. Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Paduan protein dan antioksidan pada kuning telur adalah nutrisi ampuh untuk membuat kulit lebih kencang dan halus. Vitamin A dosis tinggi juga sangat penting dalam mengurangi kerutan yang terjadi di kulit akibat faktor usia dan paparan sinar matahari.

Manfaat Kuning Telur untuk Rambut

Freepik
Foto : Freepik

1. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat kuning telur untuk rambut juga berperan pada akar kepala. Vitamin dalam rambut berperan dalam menutrisi akar rambut tetap kuat sehingga rambut tak mudah rontok.

Rambut baru akan tumbuh lebih kuat dan tidak mudah patah dan rontok. Bahkan manfaat lainnya juga bisa dirasakan yakni rambut tumbuh lebih cepat.

2. Mengurangi Ketombe

Pusing dengan masalah ketombe? Kamu wajib coba gunakan kuning telur sebagai masker rambut patut dicoba. Kandungan sulfur yang tinggi pada kuning telur membantu meredakan gejala ketombe seperti gatal, dan bisa mengurangi ketombe itu sendiri.

3. Menjaga Kelembapan Rambut

Kuning telur sangat berguna untuk melembabkan rambut yang tampak kering. Khasiat dari kuning telur sendiri memiliki kombinasi unik vitamin seperti vitamin A dan E, biotin, dan folat.

Tentunya ini berdampak pada kesehatan rambut. Kamu bisa mengoleskan kuning telur langsung ke kulit kepala untuk menanamkan vitamin ini ke akar rambut.

4. Membantu Masalah Kerusakan Rambut

Punya masalah rambut? Tak perlu khawatir, kuning telur bisa menjadi solusi. Nutrisi yang secara alami terkandung dalam kuning telur sama dengan nutrisi yang ada pada rambut sehat dan berkilau.

Beberapa orang mengoleskan kuning telur ke kulit kepala sebagai pengobatan untuk rambut rontok, rambut rapuh, atau mencoba membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat. Manfaat kuning telur untuk rambut dapat membantu rambut melawan kerusakan. Mengutip Journal of Dermatology Practical & Conceptual, ini karena kuning telur kaya akan vitamin yang dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan.

Manfaat Kuning Telur untuk Tubuh

Freepik
Foto : Freepik

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian mengungkap bahwa makan kuning telur bisa meningkatkan kadar low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada dua jenis LDL, yaitu LDL partikel besar dan LDL partikel kecil.

Meski kadar LDL dapat meningkat setelah kamu makan kuning telur, studi menunjukkan bahwa ukuran partikelnya bisa berubah menjadi besar. Ini merupakan hal yang baik, sebab LDL partikel besar tidak membahayakan organ jantung seperti LDL partikel kecil.

2. Bisa Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D pada kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Walaupun tinggi lemak, makan kuning telur malah memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Ini karena kuning telur merupakan makanan tinggi protein yang dapat memberikan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan banyak.

Kandungan lemak kuning telur juga menyediakan cadangan energi ketika tubuh telah kehabisan gula sebagai sumber energi utama. Inilah mengapa kuning telur dapat menjadi teman diet yang ampuh selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

5. Menghindari Penyakit Kronis

Walau lemak telur banyak tersimpan di bagian kuningnya, sebagian lemak tersebut adalah lemak sehat omega-3. Oleh karena itu, pilihlah telur berlabel omega-3 yang baik untuk kinerja otak dan memori. Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, asma, radang sendi, dan kanker.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kuning telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yakni dua antioksidan kuat yang dapat menyehatkan mata. Keduanya terkumpul pada dinding retina dan melindunginya dari kerusakan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Kamu bisa mendapatkan manfaat lutein dan zeaxanthin dengan mengonsumsi kuning telur secara rutin. Selain menyehatkan mata, keduanya juga terbukti mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

Itu dia deretan manfaat dari kuning telur. Banyak sekali bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk konsumsi kuning telur.(rgs)

Topik Terkait