img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb Gaya HidupManfaat tahu ada banyak sekali dan yang pasti memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Tahu merupakan salah satu panganan yang cukup populer di Indonesia. Dibuat dari kacang kedelai, tahu memiliki rasa khas dan disukai oleh para penggemarnya.

Tahu juga banyak diolah menjadi beragam kuliner yang lezat. Bisa digoreng hingga direbus, tahu menjadi salah satu bahan olahan panganan yang seolah bisa dinikmati oleh setiap kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Tahu juga sering kali dijadikan gorengan yang disajikan bersama dengan tempe hingga bakwan.

Banyaknya penggemar tahu, membuat tahu sendiri memiliki beberapa jenisnya. Mulai dari tahu putih, kuning, cokelat hingga tahu yang diisi dengan adonan bakso. Tahu juga banyak disajikan menjadi olehan sup tahu, gorengan tahu, perkedel hingga tahu crispy. Wah, membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan ya. Namun sudah tahukah anda apa saja manfaat tahu bagi kesehatan?

Ternyata selain dapat menjadi olaharan yang enak, tahu juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan loh. Penasaran ada apa saja? Yuk simak manfaat tahu berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat tahu

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat tahu sangat banyak, hal ini dikarenakan tahu yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Meskipun memiliki berbagai jenis yang berbeda, secara garis besar, tahu mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, hingga vitamin B2.

Begitu banyaknya nutrisi yang terkandung dalam tahu, anda perlu mengetahui ragam manfaat tahu berikut ini.

1. Menguatkan tulang

Manfaat tahu yang pertama adalah mampu meningkatkan kekuatan tulang. Hal ini bukan tanpa alasan, kandungan isoflavon pada tahu dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat membuat seseorang terhindari osteopororsis atau pengeroposan tulang.

Mengonsumsi tahu juga dianjurkan untuk para wanita yang mulai memasuki masa menopause agar kesehatan tulang tetap terjaga.

2. Menghambat sel kanker

Manfaat tahu selanjutnya adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena tahu yang mengandung isoflavon dan juga antioksidan yang berguna untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara hingga kanker usus besar.

Oleh sebab itu, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsum panganan lembut yang satu ini.

3. Menurutkan kolesterol

Manfaat tahu berikutnya adalah dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tahu yang mengandung banyak protein yang baik sehingga mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Tak hanya itu saja, manfaat tahu lainnya adalah dapat mencegah seseorang mengalami anemia karena mengandung zat besi yang tinggi yang mampu menjaga kestabilan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

4. Menstabilkan gula darah

Untuk anda para penderita diabetes, anda mungkin bisa mulai mengonsumsi tahu agar kadar gula darah anda dapat terjaga. Manfaat tahu selanjutnya adalah dapat menstabilkan atau menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Hal ini karena tahu yang mengandung soflavon yang baik dari bahan baku dasarnya yakni kacang kedelai.

5. Meningkatkan fungsi otak

Mengandung isoflavon dan juga lecithin, sehingga membuat tahu bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sekaligus kesehatan otak. Jika mengonsumsi tahu dalam porsi yang cukup dan pengolahannya yang tepat, maka dapat meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi.

Hal ini tentunya bagus untuk para lansia maupun anak-anak yang memerlukan konsentrasi yang tinggi.

6. Mencegah obesitas

Manfaat tahu berikutnya adalah dipercaya dapat mencegah obesitas. Hal ini lantaran tahu yang memiliki julah kalori rendah sehingga cocok untuk menjadi makanan selagi anda diet.

Meskipun memiliki jumlah kalori yang rendah, tahu ternyata mengenyangkan lho. Jadi tahu benar-benar menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang diet dan memiliki masalah terkait berat badan.

7. Melancarkan pencernaan

Manfaat tahu juga disinyalir dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda. Hal ini lantaran tahu yang mengandung serat yang bagus untuk mencegah seseorang mengalami sembelit. Serat akan membantu usus untuk melunakkan sisa-sisa makanan yang nantinya akan dibuang melalui anus.

Jadi jika anda ingin memiliki pencernaan yang lancar, anda bisa menyeimbangkan porsi makanan anda dengan tahu sehingga kesehatan pencernaan akan terjaga.

8. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tahu selanjutnya mungkin akan menggembirakan bagi para wanita. Memiliki kulit yang indah dan sehat adalah impian semua orang terutama para wanita. Ternyata, mengonsumsi tahu juga dipercayaa mampu meningkatkan elastisitas kulit, lho!

Kandungan isoflavon atau fitoestrogen pada tahu mampu membuat kulit anda menjadi lebih sehat. Diantara manfaatnya adalah dapat mengurangi penuaan pada kulit seperti keriput atau perubahan warna kulit.

Nah, anda perlu tahu, bahwa merawat kulit tidak hanya harus dari luar saja, namun juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan kulit agar sehat yakni dengan mengonsumsi tahu.

Tips menyimpan tahu

www.freepik.com/topntp26
Foto : www.freepik.com/topntp26

Agar kandungan nutrisi di dalam tahu dapat terasa bagi kesehatan, setidaknya anda perlu tahu bagaimana cara menyimpan tahu yang benar agar kandungan nutrisinya tidak terbuang.

Pada dasarnya, ketika anda membeli tahu, anda bisa langsung mengonsumsinya dengan cara membuang air yang biasanya menggenangi tahu terlebih dahulu dan juga mencucinya hingga bersih dengan air matang.

Namun jika anda tak langsung mengonsumsi tahu usai membelinya, anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas. Jika disimpan di lemari pendingin, tahu masih bisa dikonsumsi hingga kurang lebih 1 minggu setelahnya.

Jenis-jenis tahu

www.freepik.com/topntp26
Foto : www.freepik.com/topntp26

Tahu memiliki jenis yang beragam, berikut ini jenis-jenis tahu yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat.

1. Tahu putih

Tahu putih memiliki tekstur yang padat namun juga lembut. Tahu jenis ini banyak ditemui di pasar dan cenderung mudah mendapatkannya.

Tahu putih sering kali dimasak dengan dijadikan sebagai pelengkap tumisan, pepes, sup bening hingga tahu goreng.

2. Tahu sutera

Tahu sutera merupakan jenis tahu yang berasal dari Asia Timur. Tahu ini memiliki tekstur yang lembut namun mudah hancur, banyak pula yang menyebut tahu sutera dengan sebutan tofu. Biasanya tahu jenis ini dibuat menjadi sup.

3. Tahu kuning

Secara tampilan dan tekstur, tahu kuning mirip seperti tahu putih hanya saja warnanya adalah kuning. Warna kuning ini berasal dari proses perendaman dalam bumbu kunyit dan garam. Oleh sebab itu, rasa tahu ini akan lebih gurih dibandingkan dengan tahu putih.

4. Tahu sumedang (pong)

Tahu sumedang atau tahu pong umumnya berwarna cokelat dan kulitnya terasa kasar. Tahu ini banyak menjadi primadona karena lebih sering digoreng atau dijadikan gorengan sebagai penyajiannya.

5. Tahu kulit cokelat

Tahu kulit cokelat umumnya berwarna cokelat dan berbentu segitiga. Biasanya di satu sisi tahu tersebut akan dibelah dan diisi dengan tumisan sayuran atau adonan bakso sebagai pelengkapnya.

Demikian adalah sederet informasi mengenai manfaat tahu bagi anda. Dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya, anda jadi tak perlu lagi untuk mengonsumsi tahu untuk alasan kesehatan. Namun tetap ya, mengolahnya dengan sedemikian rupa perlu diperhatikan agar manfaat tahu bisa terasa.

Tahu yang diolah dengan benar, dapat membuat kalori yang terdapat pada tahu jadi sedikit berkurang sehingga cocok untuk makanan di kala sedang diet. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan sehat selalu! (nes)

Topik Terkait