img_title
Foto : Asianfoodnetwork.com

IntipSeleb Lifestyle – Cara membuat es lilin bisa dilakukan dengan metode sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Dengan begitu Anda dapat merasakan kembali nikmatnya jajanan masa kecil ini.

Es lilin sendiri merupakan jajanan lawas yang populer dijual pada era 90-an silam. Rasanya yang manis, sensasinya yang dingin dan harganya yang murah membuat jajanan yang satu ini banyak dijadikan favorit.

Camilan ini juga hadir dalam berbagai varian, bentuk, dan rasa, sehingga cocok untuk disantap dan dinikmati di kala waktu santai bersama keluarga atau sahabat.

Untuk Anda yang ingin mengenang masa kecil dengan menyantap jajanan yang satu ini, berikut adalah sederet cara membuat es lilin mudah dengan berbagai variasi.

Cara Membuat Es Lilin dengan Beragam Varian

1. Es Lilin Alpukat

pengskitchen.blogspot.com
Foto : pengskitchen.blogspot.com

Es lilin rasa alpukat tak hanya manis dan menyegarkan, namun juga menyehatkan karena mengandung nutrisi dari buah alpukat. Selain itu, rasanya juga akan lebih kaya dan tidak mudah membuat bosan. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan:

- 250 cc air

- 2 sdm air perasan jeruk lemon

- 2 buah alpukat yang matang

- 150 gram gula pasir

- ½ sendok teh garam

Cara Membuat Es Lilin Alpukat

1. Nyalakan kompor terlebih dahulu dengan besaran api sedang. Rebus air dan gula pasir hingga mendidih menggunakan api sedang tersebut.

2. Sementara air direbus, potong-potong buah alpukat. Kemudian masukkan alpukat dan air gula pasir ke dalam blender. Haluskan potongan buah alpukat dan air gula tersebut.

3. Hentikan blender sebentar, kemudian masukkan garam yang sudah disiapkan. Kemudian lanjut blender kembali hingga halus.

4. Setelah buah alpukat diblender sampai halus, tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan perasan air jeruk lemon, kemudian aduk hingga rata.

5. Masukkan jus alpukat tadi ke dalam plastik bening. Lalu bungkus dan ikat dengan rapi agar berbentuk seperti es lilin.

6. Jika sudah, masukkan es lilin tersebut ke dalam freezer. Tunggu hingga membeku sepenuhnya, kira-kira selama 4-5 jam.

7. Periksa apakah es lilin sudah membeku sepenuhnya. Keluarkan dan es lilin alpukat siap disajikan.

Baca Juga: 5 Jajanan Anak Sekolah yang Praktis dan Unik Jadi Ide Bisnis

2. Es Lilin Kacang Hijau

yummy.co.id
Foto : yummy.co.id

Menggunakan campuran kacang hijau pada es lilin tak hanya akan membuatnya semakin lezat, namun juga menjadi lebih bergizi. Kacang hijau sendiri memang cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam camilan.

Selain itu, kacang hijau juga murah dan mudah untuk ditemukan. Nah, berikut ini resep es lilin kacang hijau:

Bahan:

- 250 gram kacang hijau

- 1 sachet susu kental manis

- 1 sdm tepung jagung yang sudah dilarutkan dengan air

- 65 ml santan instan

- 250 gram gula pasir

- 2 helai daun pandan, bentuk menjadi simpul.

- Plastik es

- 1.500 ml air matang

- Air mentah untuk merendam kacang hijau.

Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau:

1. Rendam terlebih dahulu kacang hijau dalam air secukupnya. Biarkan selama minimal 1 jam, kemudian tiriskan air tersebut.

2. Setelah itu rebus kacang hijau dengan api kompor sedang dan dalam keadaan panci yang tertutup. Biarkan mendidih selama kurang lebih 5 menit, dan matikan api.

3. Jangan terburu-buru mengeluarkan kacang hijau dari oanci. Biarkan dahulu selama kira-kira 30 menit dalam keadaan panci masih tertutup.

4. Setelah lewat 30 menit, nyalakan kembali api kompor dan rwbus kembali hingga kacang hijau tersebut menjadi empuk.

5. Selanjutnya masukkan pandan, gula, susu kental manis, santan, serta larutan tepung jagung. Terus aduk agar santan tidak pecah.

6. Kemudian cicipi terlebih dahulu untuk memastikan rasanya sudah pas. Apabila dirasa sudah pas, maka silahkan matikan apinya.

7. Diamkan dahulu agar kacang hijau menjadi dingin. Setelah mendingin, barulah masukkan ke dalam plastik es dan ikat dengan rapi.

8. Masukkan ke freezer dan tunggu hingga membeku. Jika sudah membeku sepenuhnya, keluarkan dan sajikan es lilin kacang hijau tersebut.

3. Es Lilin Teh

hipwee.com
Foto : hipwee.com

Es lilin teh menjadi salah satu variasi dari es lilin yang paling mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu membuat teh manis kemudian membekukannya ke dalam freezer. Untuk cara lebih lengkapnya, perhatikan resep di bawah ini:

Bahan:

- 1 kantong teh celup

- 3 sdm gula pasir

- 400 ml air panas

Cara Membuat Es Lilin Teh:

1. Masukkan gula ke dalam wadah tahan panas, kemudian tuang air panas ke wadah tersebut. Kemudian aduk hingga merata dan gula larut dengan sempurna.

2. Setelah itu celup-celupkan kantong teh hingga mencapai kepekatan sesuai selera. Jika sudah, buang kantong teh, kemudian tinggal diamkan teh tersebut hingga dingin.

3. Setelah teh sudah menjadi dingin, masukkan ke dalam plastik es dan ikat dengan rapat dan rapi. Selanjutnya masukkan es ke freezer dan tunggu hingga membeku seluruhnya.

4. Selesai, es lilin teh sudah siap untuk dinikmati.

4 Es Lilin Beng-Beng

xresep.co
Foto : xresep.co

Siapa yang tak kenal camilan beng-beng? Jajanan yang satu ini tak hanya nikmat untuk dimakan secara langsung, namun juga ternyata bisa dikreasikan menjadi es lilin. Tertarik? Ikuti caranya berikut ini.

Bahan:

- 10 bungkus beng-beng

- 1 sdm tepung maizena

- 10 stik es krim

- 500 ml susu UHT full cream, atau bisa juga diganti dengan susu cokelat ataupun minuman serbuk coklat lainnya

- 3 sdm air untuk melarutkan tepung maizena

- 120 gram susu kental manis putih

Cara Membuat Es Lilin Beng-Beng:

1. Campurkan dahulu susu kental dengan susu UHT ke dalam sebuah panci, kemudian aduk hingga rata. Rebus campuran susu tersebut dengan menggunakan api kecil saja sambal diaduk-aduk sampai mendidih.

2. Tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan menggunakan air ke dalam panci. Kemudian aduk lagi hingga mendidih dan teksturnya berubah agak mengental.

3. Setelah itu, silahkan matikan api dan sisihkan terlebih dahulu adonan susu tersebut hingga suhunya berubah menjadi dingin.

4. Potong 10 bungkus beng-beng menjadi berukuran kecil-kecil, kemudian masukkan lagi semua beng-beng tersebut ke dalam bungkusnya.

5. Tusukkan stik es krim pada bagian tengah bungkus beng-beng tersebut. Selanjutnya tuangkan susu yang sudah direbus dan ditambahkan maizena tadi hingga bungkus beng-beng terisi penuh.

6. Susun es beng-beng di dalam sebuah wadah yang dapat menjaga posisinya tetap tegak dan tidak tumpah.

7. Simpan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku dengan sempurna. Kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam lamanya atau bisa juga didiamkan selama semalaman agar benar-benar membeku.

8. Selesai, es lilin beng-beng sudah siap untuk disajikan dan dinikmati.

Nah, seperti itulah cara membuat es lilin dengan berbagai variasi yang menarik. Mudah kan, cara membuatnya? Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda akan dapat bernostalgia mengenang masa kecil saat menyantap es lilin yang manis dan menyegarkan.(rgs)

Topik Terkait