img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupAir cucian beras ternyata memiliki banyak manfaatnya loh. Kamu pernah mendengar apa saja manfaanya?

Jika kamu sering mencuci beras untuk dimasak namun, tidak pernah mengumpulkan air bekas cucian beras. Mungkin, kali ini kamu bisa mengumpulkan air cucian beras karena ternyata memiliki banyak manfaatnya loh!

Untuk mendapatkan manfaat dari air cucian beras kamu bisa meminumnya atau dengan menjadikannya masker.

Dipercaya bahwa air cucian beras ini banyak sekali manfaatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Walaupun belum ada penelitian yang pasti akan manfaat dari air cucian beras itu, namun kepercayaan sudah terbukti dan diwariskan secara turun-temurun.

Bahkan, banyak juga produk kecantikan dari Jepang ataupun China menggunakan kandungan air cucian beras. Bahkan salah satu suku di China pun rutin dan sampai saat kini masih menggunakan air cucian beras.

Penasaran apa saja manfaat dari air beras ini? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Manfaat air cucian beras

Pinterest
Foto : Pinterest

Karena air cucian beras banyak sekali manfaatnya. Maka masyarakat pun menggunakan kandungan air cucian beras ini untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika kamu belum tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam air cucian beras. Kamu bisa simak manfaatnya di bawah ini ya, berikut selengkapnya!

1. Mengobati Demam

Pinterest
Foto : Pinterest

Diketahui, Air cucian beras dipercaya bisa digunakan sebagai obat demam alami. Hal ini karena air cucian beras mampu menghambat hilangnya air dalam tubuh selama mengalami muntah saat infeksi.

Tak hanya itu, air cucian beras juga dikenal dapat mengembalikan nutrisi yang hilang. Selain itu juga manfaat air cucian beras mampu mempercepat proses pemulihan karena sakit demam

2. Mencegah sembelit

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain itu, manfaat air cucian beras sebagai mencegah sembelit. Dipercaya jika kamu minum air cucian beras yang mempunyai banyak berlimpah serat, maka dipercaya membantu pergerakan usus halus.

Selain itu, pati dalam air cucian beras juga dapat merangsang perkembangan bakteri yang berguna untuk perut.

3. Mencegah dehidrasi

Pinterest
Foto : Pinterest

Bukan hanya manfaat di atas, air cucian beras juga mempunyai manfaat di musim kemarau.

Karena air cucian beras ini dapat mengeluarkan banyak air melalui keringat. Hal ini dapat menghambat dehidrasi tubuh dan hilangnya nutrisi.

4. Mengobati diare

Kemudian, air cucian beras ini juga sangat baik untuk mengobati diare. Hal ini juga bisa bermanfaat untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Bahkan bayi yang baru lahir pun ternyata lebih rentan terhadap infeksi seperti diare.

Hal itu pun harus diobati, salah satunya bisa menggunakan dengan air cucian beras.

Selain itu juga, menurut sebuah penelitian, air cucian beras ini mampu memberikan efek yang lebih banyak dalam mengobati diare dengan cara mengurangi frekuensi tinja pada bayi.

5. Mencegah kanker

Salah satu manfaat air cucian beras lainnya adalah untuk kesehatan yaitu mencegah masalah kanker. Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut namun, masyarakat mempercayainya.

Maka dari itu, dengan kamu mengkonsumsi secara teratur air cucian beras ini mampu mencegah beberapa jenis kanker.

6. Mencegah alzheimer

Tak hanya itu, walaupun belum adanya penelitian yang mengkonfirmasi akan keabsahan manfaat air cucian beras. Namun, masyarakat telah mempercayai bahwa mengkonsumsi air cucian beras dapat mencegah penyakit alzheimer.

7. Kaya antioksidan dan menangkal radikal bebas

Manfaat air beras untuk kesehatan lainnya adalah dinilai air ini kaya akan antioksidan dalam bentuk inositol.

Karenanya antioksidan ini dapat membantu menangkal efek buruk dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit.

Tak hanya itu, menurut hasil studi yang berjudul Rice Water: A Traditional Ingredient with Anti-Aging Efficacy, menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dalam air beras sama efektifnya dengan antioksidan dalam asam askorbat di Vitamin C.

Maka demikian, air cucian beras ini kaya akan antioksidan. Tak heran jika banyak produk skincare yang menggunakan beras sebagai salah satu kandungannya.

Manfaat cucian air beras untuk kecantikan

Pinterest
Foto : Pinterest

Diketahui, air cucian beras merupakan air bertepung yang tersisa setelah nasi dimasak atau dibiarkan meresap.

Dipercaya air cucian beras ini bermanfaat untuk kesehatan dan terutama kecantikan kulit.

Air cucian beras tidak mahal didapatkan. Karena kamu dapat membuatnya di rumah. Air cucian beras ini juga tidak memberikan efek samping.

Banyak masyarakat yang merasakan manfaat air cucian berat untuk wajah sebagai kecantikan.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mencobanya sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Yuk, simak manfaat air cucian beras dalam artikel selengkapnya berikut ini.

1. Wajah Lebih Lembut dan Bercahaya

Pinterest
Foto : Pinterest

Air cucian beras dapat membersihkan wajah agar wajah lebih lembut dan bercahaya.

Kamu bisa menuangkan sedikit air cucian beras ke atas kapan dan pijat-pijat wajah. Lalu, biarkan air cucian tersebut mengering di kulit.

Untuk merasakan manfaat air cucian beras untuk wajah secara optimal, kamu dapat melakukan beberapa kali dalam seminggu.

2. Mengencangkan Wajah

Pinterest
Foto : Pinterest

Manfaat air cucian beras untuk kecantikan wajah adalah dapat membantu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori dan dapat menjaga wajah agar tetap halus.

Air cucian beras juga dapat digunakan sebagai toner. Caranya dengan cukup menuangkan sedikit toner pada kapas yang kemudian dioleskan ke wajah.

3. Mencegah Jerawat

Pinterest
Foto : Pinterest

Tak hanya itu, manfaat air cucian beras untuk wajah ternyata juga bagus dan bermanfaat untuk mencegah jerawat.

Air cucian beras ini dipercaya dapat membantu mengurangi kemerahan.

Karena air cucian beras mengandung astringent yang akan membantu dan mencegah munculnya jerawat baru.

4. Pengobatan Eksim

Salah satu manfaat air cucian beras untuk kecantikan wajah yaitu dapat meredakan eksim.

Car dalam penggunaannya hanya tinggal celupkan kain bersih ke dalam cucian air beras. Kemudian, kamu tepuk-tepuk kain tersebut ke area yang terkena eksim.

Hal itu, kamu lakukan selama beberapa menit. Lalu, biarkanlah wajah agar mengering dengan sendirinya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengoleskan air cucian beras pada wajah yang terbakar akibat sinar matahari dengan menggunakan kapas.

6. Awet Muda

Air cucian beras disebut mampu membuat wajah awet muda. hal ini jika kamu menggunakannya dengan rutin agar bisa terlihat manfaatnya.

Manfaat air cucian beras ini bisa untuk membuat perawatan sederhana dan efektif. Hal itu bisa digunakan untuk bintik-bintik penuaan dan perubahan wajah lainnya.

Kamu dapat melakukan dengan cara yaitu campurkan 1 sendok teh air beras dengan beberapa tetes minyak kelapa. Kemudian kamu pijatkan ke wajah serta leher.

Jika kamu menggunakan air beras secara teratur mampu memberikan manfaat untuk hiperpigmentasi atau bintik-bintik coklat agar berkurang.

Diketahui juga bahwa beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, fenolik, dan senyawa flavonoid. Hal itu dapat meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas akibat usia, sinar matahari, dan lingkungan.

7. Menenangkan Kulit yang Teriritasi

Dalam National Library of Medicine mengatakan bahwa pasien dengan dermatitis atopik mengalami peningkatan penyembuhan kulit sebesar 20 persen. Hal itu disebabkan karena mandi dengan air beras 2 kali sehari.

Jika kulit kamu gatal atau teriritasi, maka cobalah rutin mandi air cucian beras dan berendam dalam waktu lama.

8. Mencerahkan Kulit

Kemudian, manfaat air cucian beras untuk wajah selanjutnya adalah dinilai dapat mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam.

Faktanya, diketahui sudah banyak produk komersial termasuk sabun, toner, dan krim yang mengandung air beras. Hal ini karena dinilai air beras punya kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.(rgs)

Topik Terkait