img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb Gaya Hidup – Korea Selatan memiliki agama yang beragam, bahkan menariknya hampir setengah populasinya tidak beragama. Agama Kristen dan Budha mendominasi Korea Selatan.

Sedangkan untuk agama Islam di Korea Selatan adalah minoritas. Umat Islam yang ada di Korea Selatan hanya sekitar 0.2 persen.

Pada saat ini, umat Islam di Korea diperkirakan berjumlah 100 ribu hingga 200 ribu sebagian besar penduduk beragama islam. Hingga saat ini Masjid di Korea sudah memiliki 90 Masjid.

Diketahui juga bahwa islam di Korea sudah masuk sejak abad ke-9. Sedangkan Masjid Pusat Seoul di Itaewon sudah didirikan sejak tahun 1976.

Selain itu yang menariknya Korea Selatan juga telah mendirikan sekolah Islam di Seoul. Sekolah itu bernama Prince Sultan bin Abdul Aziz Elementary School yang didirikan sejak 2009.

Artis Korea Beragama Islam

Akhir-akhir ini agama Islam semakin menarik bagi warga Korea. Bahkan dunia hiburan dan budaya Korea Selatan semakin menarik perhatian orang Islam di seluruh dunia.

Bahkan karena sudah mulai banyak imigran dan juga warga Korea yang beragama Islam, Korea Selatan membuka restoran dan toko halal. Bahkan dalam data menunjukkan Korea Selatan dikunjungi wisatawan Muslim penjuru dunia tiap tahunnya satu juta orang.

Tak hanya itu, sudah mulai bahkan idol sampai aktor yang menganut agama Islam. Bahkan membuat warganet penasaran akan kehidupan pribadi sampai agama yang dianutnya.

Lantas, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa Idol K-Pop dan aktor yang terkenal di Korea ternyata beragama Islam? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

1. Song Bo Ra

olasongbora/instagram
Foto : olasongbora/instagram

Song Bo Ra merupakan artis K-Pop yang beragama Islam. Perempuan asal Korea ini menjadi mualaf tahun 2007 dan ia juga telah mengenakan hijab.

Bahkan menariknya Bo Ra kerap jali menyiarkan dakwah Islamewat media sosialnya. Diketahui, Bo Ra merupakan mantan guru agama Islam yang kini bekerja di Korea Islam Bussiness & Culture Centre.

Bo Ra juga pernah ungkapkan bahwa banyak warga Korea gang masih salah paham akan hijab. Banyak yang mengira bahwa hijab bagi seorang muslim adalah suatu paksaan untuk mengontrol perempuan.

Song Bo Ra mengakui bahwa mempelajari Islam sudah sangat lama saat dirinya muda. Bahkan ia juga mempelajari Islam dan bahasa Arab.

2. Choi Jin Hyuk

Dok. Choi Ji Hyuk
Foto : Dok. Choi Ji Hyuk

Kemudian, aktor asal Korea yang dianggap fansnya menganut agama Islam. Choi Jin Hyuk atau dengan dengan nama lahirnya Kim Tae Ho, lahir pada 9 Februari 1986

Diketahui, aktor ini pernah mengikuti acara kompetisi menyanyi KBS bertajuk Survival Star Audition. Ia keluar sebagai pemenang pada tahun 2006.

Setelah itu, Choi Jin Hyuk memutuskan banting setir jadi aktor. Ia membintangi drama pertamanya berjudul Just Run (2006) menjadi second male lead.

Kemudian karirnya berkembang berkarir di dunia akting dan berperan di drama It's Okay Daddy's Girl. Kemudian namanya semakin meroket dalam drama I Need of Romance.

Choi Jin Hyuk juga disebut sebagai salah satu artis Korea yang beragama Islam. Namun, hal itu tidak pernah mendapat konfirmasi baik dari dirinya ataupun pihak management.

Anggapan itu bermula saat Choi Jin Hyuk mengatakan bahwa dia sudah berhenti minum alkohol. Seperti yang diketahui bahwa alkohol merupakan minuman yang dilarang bagi orang muslim.

Sehingga banyak penggemar menganggap bahwa pemain drama Korea The Heirs ini telah berpindah agama menjadi islam.

3. Manny Varsity

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Artis K-Pop selanjutnya yang beragama Islam yaitu Manny VARSITY. Member boy band ini dikabarkan adalah idol K-Pop pertama yang beragama Islam.

Hal ini pernah dijelaskan oleh Manny bahwa dirinya tidak makan babi lantaran dia seorang Muslim. Kepercayaan yang dianut Manny diketahui saat VARSITY diwawancarai di acara Music Bank beberapa waktu lalu.

Boyband Korea VARSITY telah memulai debutnya sejak tahun 2017 yang terdiri dari 12 personel yang beragam. Personel boyband tersebut terdiri dari dua negara, 7 dari Korea dan 5 dari China.

Salah satu person Dari Varsity yaitu Manny adalah seorang Muslim. Sejak saat itu, Manny disebut-sebut sebagai idol K-Pop muslim pertama.

Manny berkarir di dunia hiburan sudah cukup lama. Ia dikenal awal mula sebagai artis cilik.

Menariknya ia debut pertamanya di umur 3 tahun. Ia juga memulai kariernya sebagai

Diketahui dirinya kelahiran China, keturunan Uighur. Manny memiliki makanan favoritnya adalah ayam, daging domba dan sapi.

4. Daud Kim

Instagram/@jaehan9192
Foto : Instagram/@jaehan9192

YouTuber asal Korea Selatan yang terkenal dengan nama Daud Kim adalah seorang mualaf. Laki-laki yang sebelumnya memiliki nama Jay Kim ini, mengaku masuk Islam tidak beberapa lama setelah melakukan fan meeting di Indonesia.

Bahkan ia juga semakin terkenal saat berkonten di Youtube. Ia membuat konten seperti kehidupannya saat memulai agama Islam.

Artis K-Pop ini menjadi mualaf sejak tahun 2019. Ia bahkan kerap kali membagikan kebaikan agama Islam di media sosialnya.

Diketahui bahwa sebelum mengubah nama menjadi Daud Kim, ia pernah jadi penyanyi bernama Jay Kim.

Namun, karena ia lebih berkonten di YouTube. Kini dirinya dikenal sebagai Daud Kim dengan konten-kontennya.

Ia mengumumkan menjadi mualaf pada 25 September 2019 lalu. Ia mengunggah sebuah video Youtube berjudul 'Finally I became a Muslim'.

5. Ayana Jihye Moon

Instagram/xolovelyayana
Foto : Instagram/xolovelyayana

Artis K-Pop selanjutnya yang beragama Islam adalah Ayana Jihye Moon. Ia adalah artis K-Pop yang pertama secara terang-terangan mengaku beragama Islam.

Perempuan cantik itu memutuskan untuk menjadi mualaf sejak tahun 2012. Bahkan ia pernah menuliskan kisahnya menjadi seorang muslim dalam sebuah buku yang berjudul Ayana Journey to Islam.

Kini, Ayana dikenal sebagai seorang seleb Instagram di sering mempromosikan produk-produk. Bahkan dirinya telah menjadi brand ambassador berbagai produk terkenal salah satunya produk kecantikan dari Indonesia.

Diketahui, Ayana Jihye Moon lahir pada tanggal 28 Desember 1995 di Korea Selatan. Perempuan cantik ini selain menjadi seorang selebgram sekaligus YouTuber juga.

Ayana menjadi seorang Muslim ternyata sudah sejak 2012 lalu saat dirinya berada di bangku SMA. Paman Ayana ternyata memiliki peran cukup besar atas keputusannya.

Setelah ia menjadi seorang mualaf ia bertahan dengan segala rintangan. Bahkan ia memutuskan berhijab.

Kisah Ayana ini ternyata menjadi motivasi dan menginspirasi adiknya. Sehingga pada tahun 2019, Aydin adiknya menyusul menjadi mualaf.

6. Lee Ki Woo

lee_kiwoo/instagram
Foto : lee_kiwoo/instagram

Selanjutnya Aktor yang bermain dalam drama 18 Again, Lee Ki Woo dianggap penggemar sebagai artis Korea menganut agama Islam.

Anggapan ini pertama kali muncul saat dalam sebuah wawancara, Lee Ki Woo mengaku bahwa sudah berhenti minum alkohol.

Karena itu, banyak penggemar menganggap bahwa kebiasaan berhenti minum alkohol ia lakukan karena sudah memeluk agama islam.

Namun, hingga saat ini Lee Ki Woo tidak pernah mengungkapkan kepercayaannya di depan publik.

Diketahui, Lee Ki Woo merupakan seorang artis dari Korea yang tidak hanya terkenal di Korea. Namun, ia juga terkenal di hampir seluruh negara Asia karena karirnya.

Banyak dari penggemar Lee Ki Woo yang bertanya - tanya tentang agama yang dianut dari Lee Ki Woo. Banyak informasi terkait dirinya yang mengatakan adalah seorang muslim.

Pria kelahiran 23 Oktober 1981 ini memiliki hobi fotografi. Bahkan dirinya bukan termasuk bagian dari pria perokok.

Dalam sebuah wawancara bahwa ia mengatakan secara tersirat ia menganut agama Islam. Namun, saat dicecar dengan pertanyaan lebih lanjut, dengan bijak dia menjawab bahwa agama adalah suatu kepercayaan dan hal yang sangat pribadi.

Sehingga ia tidak pernah membahas lagi terkait agama. Namun sejak saat itu ia menganggap bahwa urusan agama dan kepercayaan hanyalah urusannya dengan Tuhan.

7. Jung Il Woo

Naver
Foto : Naver

Jung II Wo merupakan sosok aktor ganteng yang dikabarkan memeluk agama Islam. Diketahui ia Iahir 9 September 1987.

Jung Il Wo adalah aktor asal Korea Selatan. Ia dikenal melalui perannya dalam komsit Unstoppable High Kick (2006), drama televisi seperti The Return of Iljimae (2009), 49 Days (2011), Cool Guys, Hot Ramen (2011), Moon Embracing the Sun (2012), dan Cinderella with Four Knights (2016).

Banyak penggemarnya dari tanah air percaya bahwa sosok aktor satu ini adalah seorang mualaf. Walaupun demikian, hingga saat ini aktor asal Korea itu belum pernah konfirmasi. (rth)

Topik Terkait