img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup– Berbagai macam manfaat air beras bisa digunakan sebagai obat mengatasi kecantikan wajah. Jika biasanya orang membuang air cucian beras, mulai saat ini sebaiknya pergunakan air beras untuk yang lebih bermanfaat lagi lho.

Sobat IntipSeleb gak usah khawatir manfaat air beras sudah dipercaya sejak leluhur kita dahulu, untuk dijadikan tips kulit cantik dan awet muda. Banyak pula beberap kosmetik saat ini yang menggunakan campuran beras putih dan beras Jepang.

Nah gak hanya untuk soal kecantikan saja, air beras juga dipercaya sebagai penangkal dan pengsuir gaib oleh beberapa orang. Dengan sering menyirami air beras di sekeliling rumah, maka dipercaya rumah kita akan terhindar dari serangan gaib manusia.

Air beras telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk menjaga kulit tampak muda dan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. Di Jepang, petani wanita biasa mandi menggunakan air cucian beras.

Air beras penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit. Air cucian beras mengandung berbagai nutrisi termasuk asam ferulic, antioksidan, dan allantoin yang mengandung sifat anti-inflamasi (peradangan).

Ternyata bagi sejumlah orang manfaat air beras ini banyak sekali yang dapat kita ambil selain untuk wajah, rambut, kecantikan, air beras juga bisa menyuburkan tanaman dan membuat tanaman menjadi lebih sehat.

Jika biasanya orang menganggap jika air beras adalah air kotor yang mengandung banyak kuman, kalian tak pernah tahu jika di dalamnya terdapat banyak manfaat yang berguna dan bisa disebut sebagai obat. Rahasia cantik wanita Jepang salah satunya yaitu dengan mandi air beras. Tak hanya produk kecantikan yang dicampur kan dengan beras putih Jepang, airbrush juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Langsung saja kita simak apa saja manfaat air beras untuk kecantikan bahkan manfaat lainnya, scroll artikel berikut ini!

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air beras untuk wajah ternyata dapat mencegah penuaan dini yang mampu merusak penampilan. Fermentasi air beras dipercaya mengandung antioksidan yang mampu memperlambat tanda penuaan dini.

Hasilnya, ditemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi di dalam air beras dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase. Elastase adalah salah satu enzim yang dapat merusak elastisitas kulit.

Tak hanya mencegah tanda penuaan dini muncul, manfaat air beras untuk wajah mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan demikian, kulit wajah Anda bisa kencang dan terbebas dari kerutan. Penggunaan air rebusan beras untuk wajah mampu mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu, kemunculan tanda-tanda penuaan dini pun dapat diperlambat.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat air beras untuk wajah ini bisa dibilang cukup populer karena sebagian besar masyarakat Korea dan Jepang menggunakan air rebusan beras untuk mencerahkan kulit wajah. Tak heran bila sejumlah produk perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, toner, dan krim, ada yang mengandung sari pati air beras sebagai kandungannya.

Tak hanya di Indonesia, manfaat air beras juga sering digunakan oleh sejumlah wanita cantik Jepang, untuk merawat kulit putih dan bersinarnya. Selain alami, air beras memang tak membuat gatal.

Jadi tak heran jika khasiat air beras bisa membantu wanita menjadi lebih glow up. Kulit kusam pasti akan mengganggu kalian dan membuat kepercayaan diri hilang. Untk itu, manfaatkan air beras sebagai rangkaian kecantikan kalian di rumah ya.

3. Rambut Lembab dan Berkilau

Air beras juga bisa digunakan untuk melembapkan rambut. Setelah keramas, oleskan air beras ke rambut bersama dengan beberapa tetes minyak esensial atau minyak esensial rosemary.

Membilas rambut dengan air beras dapat menambah kilau pada rambut serta membantunya tetap kuat dan sehat. Caranya adalah setelah keramas menggunakan shampo, tuangkan air cucian beras ke rambut kalian, pijat dan nikmati sensasinya hingga diamkan 5 menit kemudian bilas bersih.

4. Mengatasi Rambut Bercabang dan Rusak

Manfaat air beras yang terakhir adalah mengatasi rambut bercabang. Celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

Rambut kering dan pecah-pecah, membuat kita merasa tidak nyaman. Karena sering di catok dan terkena terik sinar matahari, rambut berkilau kita kadang terkikis dan menjadi rusak. Dengan keramas menggunakan air beras secara rutin, rambut kalian akan tetap sehat terjaga dan jangan sampai bosan ya.

5. Kaya Nutrisi & Taman Lebih Subur

Manfaat air beras untuk tanaman memiliki kandungan yang bagus untuk unsur hara mikro esensial. Unsur tersebut dibutuhkan setiap tanaman agar bisa tumbuh dan sehat.

Air cucian beras menjadi cairan yang sangat kaya nutrisi sehingga bisa menjadi pupuk untuk tanaman. Air beras kaya akan protein, serat, asam amino, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, kalium, dan sejumlah besar vitamin, yang semuanya sangat bermanfaat bagi perkembangan tanaman. Manfaat air cucian beras untuk tanaman juga mengandung pupuk NPK pada tingkat yang lebih rendah.

6. Pengusir Hama Tanaman

Tak hanya itu, air cucian beras juga akan membuat tanaman tetap kuat dan populasi bakteri tetap sehat.Hal ini akan mendorong lingkungan tanaman yang lebih tahan terhadap hama.

Belum lagi kandungan protein yang fungsional serta berguna untuk proses fotosintesis, transportasi zat hara, serta meningkatkan kekebalan terhadap mikroba patogen, seperti hama. Menjauhkan hama dari tanaman kesayangan kita, membuat bunga dan tanaman tetap utuh dan aman daunnya.

7. Penangkal Santet dan Gaib

Sihir dan santet adalah energi negatif yang dikirimkan melalui perantara gaib, dengan tujuan untuk mencelakai orang lain. Salah satu cara mengobati santet adalah dengan menggunakan Air cucian beras. Bahkan cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dengan menyemprotkan secara rata disetiap pojok rumah atau sekeliling rumah kita, air cucian beras biasanya di ciprat-cipratkan dengan menggunakan daun kelor. Hal ini dipercaya sejak lama, jika air beras bisa ngeusir sihir gaib yang ditujukan kepada keluarga kita.

Untuk jaga-jaga agar kalian tetap aman sebaiknya sering lakukan hal ini setiap malam Jumat, agar rumah kalian selalu aman dan dihindari dari serangan gaib yang berniat jahat. Sementara di bidang ilmu spiritual, Air cucian beras yang sering dibuang ini ampuh jadi media dalam mengobati sakit akibat energi santet dan sihir.

Kalian juga bisa mencapainya dengan garam dapur yang diaduk dengan air cucian beras. Cara ini dianggap paling ampuh untuk mengusir gangguan gaib yang selama ini sudah merusak keluarga kalian.

Nah sobat IntipSeleb sekarang sudah paham apa saja manfaat air beras? Ternyata banyak macamnya juga lho. Setelah membaca artikel ini, semoga kalian bisa lebih memanfaatkan lagi air beras di rumah kalian untuk beberapa obat dan tips di atas ya! Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman, dan keluarga kalian lainnya. Semoga bermanfaat! (jra)

Topik Terkait