img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Labu Siam terkenal sebagai sayur-sayuran yang banyak disukai orang. Mengandung banyak khasiat di dalamnya, labu Siam seringkali dipercaya sebagai obat penurun kolesterol. Khasiat labu Siam baik untuk kesehatan tubuh dan cocok dijadikan menu diet

Tak hanya kolesterol, gula darah dan hipertensi pun bisa normal seketika pada saat kita mengonsumsi labu siam. Mau di sayur ataupun dijadikan lalapan saja, labu siam tetap kaya manfaat lho.

Ki ini IntipSeleb akan mengajak kalian untuk mencoba gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Kurang mengonsumsi sayur akan membuat kita menjadi sembelit dan kekurangan serat.

Nah, bagi yang tak suka sayur hijau ada baiknya kalian mencoba untuk merebus labu siam. Rasanya manis, labu siam juga berbeda dengan labu besar pada umumnya. Disini siapa yang seringkali terkena kolesterol?

Untuk pengidap kolesterol tinggi, sebaiknya mulai sedini mungkin mengurangi makanan dan masakan yang berkuah berat seperti santan, ataupun minyak. Karena selain akan memperburuk kesehatan, kolesterol kalian tak akan kunjung sembuh.

Labu siam, masih banyak dicari di pasaran. Di tukang sayur keliling pun labu Siam biasanya sering di jajahkan. Tak heran jika, sayur labu siam sering menjadai hidangan favorit pada saat hari raya idul adha kemarin.

Selain harganya yang murah dan terjangkau, mengolah labu Siam bisa dengan berbagai menu masakan. Mau di tumis, sayur, lalapan, ataupun di jus saja.

Labu siam memiliki nama latin Sechium Edule dan termasuk kedalam keluarga buah namun lebih sering dijadikan hidangan sayur. Sayuran dari labu siam dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya maupun diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Labu siam ternyata juga mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas. Gimana masih ragu untuk mengonsumsi labu siam?

Untuk kalian yang masih awan, yuk Intip kandungan yang terdapat di labu Siam yang sering dijadikan obat. Berikut info untuk kalian pembaca setia IntipSeleb:

✓Protein: 0,6 g.

✓Lemak: 0,1 g.

✓Karbohidrat (CHO): 6,7 g.

✓Abu (ASH): 0,3 g.

✓Kalsium (Ca): 14 miligram (mg).

✓Serat: 6,2 g.

✓Air: 92,3 gram (g).

✓Energi: 30 kalori (Kal).

✓Fosfor (P): 25 mg.

✓Besi (Fe): 0,5 mg.

✓Natrium (Na): 3 mg.

✓Kalium (K): 167,1 mg.

✓Tembaga (Cu): 0,16 mg.

✓Seng (Zn): 1,0 mg.

✓Beta-Karoten: 48 mikrogram (mcg).

✓Karoten Total (Re): 20 mcg.

✓Thiamin (Vit. B1): 0,02 mg.

✓Niasin (Niacin): 0,6 mg.

✓Vitamin C (Vit. C): 18 mg.

Nah setelah mengetahui kandungan di dalamnya, yuk kita kupas secara tuntas apa saja khasiat labu siam jika rutin di konsumsi oleh kita, scroll artikelnya sampai akhir!

1. Asupan Saat Diet

Menjaga porsi makan salah satunya yaitu dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran ketimbang makanan berlemak lainnya. Rebusan labu siam dipercaya dapat membantu menurunkan lingkar pinggang dan perut kalian dengan seketika asalkan kalian konsisten dan tetap berolahraga.

Menjadi asupan sayur yang baik untuk tubuh pada saat kalian Tengah program diet, jus labu siam juga bisa membantu kalian untuk menjaga kebugaran saat tidak banyak mengkonsumsi minuman manis lainnya.

Mau direbus ataupun di jus, labu siam sama-sama memiliki khasiat yang tak kalah manjur untuk menurunkan berat badan secara cepat. Jika penasaran alangkah baiknya kalian mencobanya sendiri di rumah.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Selain memberikan nutrisi, labu siam mungkin juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Purdue University mengatakan teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri.

Teh yang mengandung daging labu siam memiliki sifat diuretik ringan, dan digunakan untuk mengobati penyakit kembung. Biasanya labu siam dikonsumsi dengan nasi putih dan dijadikan sebagai lalap sambal.

3. Menghambat Sel Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa labu siam memiliki sifat antikanker yang diduga dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukimia. Namun, sama halnya dengan klaim manfaat lainnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas labu siam dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kanker memang banyak diderita oleh sebagian orang dan susah untuk cara penyembuhannya. Untuk kalian penderita kanker alangkah baiknya menjaga pola makan dan sering merebus labu siam untuk dijadikan camilan bahkan teman nasi kalian. Dipercaya bisa menghambat sel kanker, dan juga mencegah penyebaran kanker ke seluruh tubuh.

4. Obati Kolesterol

Sayuran khasiat tinggi ini, selain rendah kalori karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Jadi, untuk kalian yang mengidap kolesterol cocok sekali jika sering mengolah labu siam untuk menu sehari-hari kalian.

Selain tanpa kolesterol, kandungan seratnya membantu membuang kolesterol melalui feses. Cara kerja ini cocok untuk menurunkan kolesterol. Namun, harus diingat bahwa labu siam tidak dapat digunakan sebagai pengganti obat kolesterol hanya bisa mencegah.

5. Mendukung Program Hamil

Folat, atau vitamin B9, penting bagi semua orang. Namun, nutrisi ini sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selama awal kehamilan folat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Manfaat labu siam adalah merupakan sumber folat yang sangat baik, menyediakan lebih dari 40 persen kebutuhan harian hanya dalam satu labu. Jadi, memasukkan labu siam dan makanan kaya folat lainnya sebagai bagian dari diet seimbang adalah cara yang bagus untuk mendukung kehamilan yang sehat.

6. Mencegah Penuaan Wajah

Manfaat labu siam untuk kesehatan lainnya adalah memperlambat tanda penuaan. Salah satu teori utama penuaan berpusat pada molekul yang disebut radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel, yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya fungsi dari waktu ke waktu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dapat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan labu siam ternyata penuh dengan antioksidan, salah satunya adalah vitamin C.

Jika kalian tetap ingin terlihat muda dan segar, sering mengonsumsi labu siap sebagai kudapan dan menu camilan saja. Selain menghemat budget, juga kita bisa dapatkan banyak manfaat didalmnya.

7. Mengontrol Gula Darah

Tingginya kadar karbohidrat pada makanan tentunya juga akan berpengaruh pada kadar gula di dalamnya. Labu siam sendiri memiliki nilai karbohidrat yang rendah, sehingga kadar gula di dalamnya pun juga terbilang rendah.

Selain itu, kandungan pada labu siam juga berfungsi untuk mengatur kadar insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi dalam mengatur kadar gula dalam darah. Sudah cocok bukan untuk menjadi obat ajaib yang murah dan mudah didapat?

Sobat IntipSeleb itu dia ke-7 khasiat yang terkandung di dalam labu Siam, selain mudah, murah dan enak, kita bisa dapatkan sehatnya juga lho dalam setiap mengonsumsinya. Intinya balik lagi ya, tetap jaga asupan makan kalian mulai rubah asupan sehat sejak dini. (jra)

Topik Terkait