img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Pepaya tak hanya bisa dikonsumsi buahnya saja namun, daun dan bunganya juga bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dan nikmat. Manfaat bunga pepaya sendiri ternyata dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan dan menjadi obat tradisional.

Sejumlah orang tak heran lagi dengan manfaat bunga pepaya yang dianggap sebagai, makanan enak dan sederhana. Selain diolah menjadi masakan bunga pepaya juga dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

Tak usah khawatir untuk kalian yang tak suka rasa dari bunga pepaya sendiri kalian bisa menambahkannya dengan campuran susu atau madu bahkan lemon saat ingin membuatnya.

Tidak terlalu pahit seperti daunnya, bunga pepaya justru memiliki rasa yang sedikit hambar dan dipercaya bisa membuat nafsu makan bertambah. Seperti olahan tumis bunga pepaya dicampur dengan nasi putih hangat, bisa membuat kita nambah berkali-kali lipat.

Yang tak tahu manfaat dari bunga pepaya sendiri, setelah membaca artikel intipSeleb ini kalian akan lebih paham dan jelas soal kandungan yang terdapat dalam bunga pepaya yang bisa menyembuhkan berbagai macam keluhan dan penyakit berat.

Hampir seluruh bagian pohon pepaya dapat diolah dan dikonsumsi oleh manusia, seperti buahnya yang familiar menjadi obat untuk melancarkan pencernaan, daunnya dipercaya dapat memperbanyak ASI untuk ibu menyusui, dan kali ini manfaat dari bunga pepaya yang dipercaya untuk mengurangi dan meredakan rasa nyeri pada saat akan datang bulan untuk kaum wanita.

Berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalam bunga pepaya mungkin masih tidak cukup untuk membuat bungan pepaya ini dikonsumsi, karena tidak suka akan rasanya yang pahit. Kandungan gizi yang terdapat di bunga pepaya:

✓Energi 45 kkal

✓Protein 2,6 gr

✓Lemak 0,3 gr

✓Karbohidrat 8,1 gr

✓Kalsium 290 mg

✓Fosfor 113 mg

✓Zat Besi 4,2 mg

✓Vitamin A 0 IU

✓Vitamin B1 0,01 mg

✓Vitamin C 23,3 mg

Nah untuk itu kalian sekarang sudah paham kan, tentang gizi yang terdapat dalam bunga pepaya sendiri. Saatnya kali ini intip seleb akan mengajak kalian untuk melihat kira-kira apa saja sih manfaat dari bunga pepaya untuk kesehatan tubuh? Simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Dengan mengolah sendiri menjadi masakan rumahan bunga pepaya bisa membuat nafsu makan kita menjadi bertambah. Bunga pepaya dapat dikonsumsi oleh semua jenis usia.

Dengan cara diurap atau ditumis dan dioseng, bunga pepaya bisa menambah cita rasa masakan tersendiri. Sering disebut sebagai penambah nafsu makan dan mampu meningkatkan imun, olahan bunga pepaya menjadi salah satu masakan paling favorit yang cocok untuk dihidangkan bersama keluarga.

Tak perlu takut pahit, pada saat mengolah bunga pepaya alangkah baiknya dibersihkan dan direbus dengan air hangat terlebih dahulu selama kurang lebih 5 menit. Agar menghindari getah-getah dan zat yang membuat si bunga pepaya tersebut menjadi pahit.

2. Menurunkan Kadar Gula

Untuk penderita diabetes akut, bunga pepaya cocok dijadikan sebagai obat sekaligus hidangan lezat. Bunga pepaya dipercaya dapat menurunkan kadar insulin dalam tubuh yang merupakan penyebab utama diabetes. Bunga pepaya memiliki kemampuan mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan insulin dalam tubuh. Bunga pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang lumayan banyak.

Dengan mengolahnya menjadi masakan yang enak, bunga pepaya bisa dikonsumsi setiap hari bagi kalian yang kini tengah melawan diabetes dan untuk menurunkan kadar gula yang tinggi pada tubuh kalian.

3. Meredakan Nyeri Menstruasi

Untuk kaum wanita yang sering merasakan sakit pada saat datang bulan dan tak tertahankan, tidak harus mengkonsumsi obat untuk meredakannya. Kali ini kalian cukup mencoba dengan memakan olahan bunga pepaya, karena dipercaya dapat melancarkan menstruasi dan meredakan rasa nyeri yang terasa di perut kalian.

Rasa sakit karena datang bulan, seringkali membuat wanita tak karuan saat menahan dan merasakan hingga kesakitan yang mendalam. Dipercaya bisa memperlancar siklus menstruasi, bunga pepaya mengandung banyak vitamin di dalamnya.

4. Mencegah Infeksi Lambung

Untuk penderita penyakit lambung dan asam lambung yang akut, tak perlu bergantung kepada obat-obatan yang sering kalian konsumsi setiap hari bahkan setiap bulannya. Kali ini ada obat tradisional yang dapat kalian coba dengan cara mudah mendapatkannya.

Cukup menjadikan bunga pepaya sebagai menu masakan kalian sehari-hari, dipercaya bisa mengurangi dan mencegah infeksi lambung yang sering kalian rasakan hingga menjerit-jerit. Saat merasakan nyeri lambung, biasanya kita tak bisa mengkonsumsi makanan apapun karena terasa tak enak. kandungan antioksidan dalam bunga pepaya tidak diragukan lagi efektif dalam pengobatan lambung yang terinfeksi.

5. Mengobati Asma

Manfaat bunga pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita asma. Bunga pepaya menganduk efek anti inflamasi atau peradangan yang cukup kuat dan dapat bekerja langsung pada saluran pernapasan.

Gangguan asma sendiri bisa menyiksa tubuh kita pada saat kita terserang secara tiba-tiba. Untuk meminimalisir datangnya gangguan asma alangkah baiknya kalian mencoba untuk mengonsumsi bunga pepaya baik dijadikan sebagai lauk nasi kalian atau menjadi camilan yang dibuat sebagai manisan atau jus.

6. Vitamin Ibu Hamil

Bunga pepaya juga dapat dirasakan manfaatnya oleh ibu hamil. Karena kandungan vitamin A yang ada di dalam bunga pepaya dapat membantu proses pembentukan sistem penglihatan pada janin.

Sama seperti buahnya, bunga pepaya juga memiliki banyak kandungan manfaat terutama untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Tidak membahayakan si janin yang ada dalam kandungan, bunga pepaya justru membantu si janin untuk lebih sehat lagi dalam proses penglihatan dan menangkal segala jenis radikal bebas yang ada dalam tubuh sang ibu.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma Pada Pria

TakTak hanya buahnya saja, manfaat dari bunga pepaya juga membantu dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria khususnya untuk pengantin baru. Bukan hanya tauge, bunga pepaya juga dipercaya dapat memberikan energi yang lebih pada saat kita berhubungan intim.

Tak hanya menambah gairah seksual saat di ranjang, setelah mengkonsumsi bunga pepaya pria akan menjadi lebih semangat dan kualitas sperma yang dihasilkan akan semakin baik. Selain sehat dan murah, bunga pepaya ternyata bisa dijadikan berbagai obat mujarab.

Cara membuat olahan bunga pepaya agar tidak pahit saat dikonsumsi, pertama-tama rebus bunga pepaya selama kurang lebih 10 menit dengan campuran daun jambu biji. Setelah 10 menit kemudian pisahkan air rebusan dengan bunga pepaya tiriskan sebentar, hingga bunga pepaya tersebut menjadi benar-benar lunak.

Setelah direbus dengan daun jambu tadi, rasa getir dan pahit yang terdapat di bunga pepaya akan hilang, dan cocok untuk kalian yang tak suka bunga pepaya karena takut pahit.

Hal ini juga bisa dicoba, pada saat kalian merebus daun pepaya untuk dijadikan lalapan atau tumis. Campuran daun jambu biji dipercaya bisa menghilangkan dan mengangkat rasa pahit yang ada pada daun pepaya dan juga bunga pepaya.

Mudah kan untuk mencobanya di rumah? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan mulai dari sekarang mencoba untuk konsumsi bunga pepaya ya! (jra)

Topik Terkait