img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup Makanan khas Manado tidak sama dengan sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. Memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri, Manado terkenal dengan bubur Tinutuan.

Tak hanya orangnya yang cantik dan tampan saja Manado juga terkenal dengan berbagai macam kuliner enak dan lezat yang bisa kita cari pada saat berkunjung ke wilayah Sulawesi bagian utara tersebut. Terkenal dengan berbagai macam kuliner nasi hingga aneka kue, Manado memiliki banyak wisata kuliner di sepanjang jalan hingga pelosok daerah.

Kuliner yang berada di tanah nyiur melambai tersebut rata-rata yaitu olahan dari hasil tangkapan laut sekitar, yang dijadikan berbagai macam olahan seafood. Setiap daerah memang memiliki kuliner yang enak dan nikmat, begitupun dengan kota Manado yang memang terkenal kaya dengan kekayaan lautnya.

Biasanya wisatawan berkunjung ke Manado untuk menikmati pesona lautnya, tapi kali ini jangan hanya lautnya saja kulinernya pun wajib kita cicipi. Sobat IntipSeleb kita lihat yuk kira-kira apa saja olahan yang ada di kota Manado, sekalian intip resep rahasianya, Chek it out!

1. Cakalang Fufu

Pinterest
Foto : Pinterest

Cakalang fufu merupakan sajian makanan berupa ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah menjadi beragam menu makanan. Olahan ikan cakalang yang paling enak menurut kebanyakan orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Olahan hasil tangkapan laut ini, terkenal lho, gak hanya cakalang suwir saja. Manado merajai berbagai macam olahan ikan cakalang. Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

✓500 gr ikan cakalang fufu, suwir

✓Bumbu halus

✓15 buah cabe merah keriting

✓15 buah cabe rawit merah

✓8 siung bawang merah

✓4 siung bawang putih

✓1 ruas jari Jahe geprek

✓1 ruas jari lengkuas, geprek

✓2 buah sereh, geprek

✓5 lembar daun jeruk

✓Garam

✓Gula

✓Minyak goreng

✓2 sendok makan perasan air jeruk limau

Cara membuatnya:

1. Goreng sebentar ikannya hingga sedikit kecoklatan.

2. Tambahkan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan bumbu lain hingga agak kering dan wangi

3. Setelah itu masukan ikan cakalang suwir, lalu aduk hingga kering. Sisihkan

4. Lalu masukan kembali minyak goreng agak banyak sekitar 1/2 gelas, goreng kembali ikannya, hingga kering dan warna kecoklatan. proses ini akan membuat ikan tahan hingga 1-2 minggu.

5. Ikan cakalang fufu pedas siap untuk disantap.

2. Bubur Tinutuan

Pinterest
Foto : Pinterest

Bubur yang sangat terkenal di Manado ini gampang sekali di jumpai di setiap wilayah di kota Manado. Sajian kuliner ini merupakan campuran beragam sayuran hijau yang dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Tinutuan pas disantap untuk sarapan.

Bagi anda yang menanyakan bagaimana rasa dan sajian bubur ayam Manado? Maka anda harus memesan tinutuan ini ke penjual makanan karena sejatinya tinutuan merupakan bubur khas Manado. Berikut resep bubur Tinutuan:

Bahan-bahan:

✓2 porsi nasi putih

✓50 gr labu kuning

✓50 gr buah jagung muda

✓bayam, kemangi dan kangkung secukupnya

✓2 siung bawang putih

✓3 siung bawang merah

✓2 lembar daun salam

✓1 batang serai, memarkan

✓1 sdt minyak wijen

✓garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuatnya:

1. Kupas labu kuning dan potong-potong dadu kecil. Serut jagung manis. Potong-potong sayur lainnya dan cuci bersih.

2. Rebus air secukupnya, masukkan labu kuning dan jagung manis, masak hingga matang. Masukkan sayuran hijau lain, masak hingga layu.

3. Tumis bumbu halus hingga matang, masukkan daun salam, serai dan minyak wijen ke dalam rebusan sayur. Masukkan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata

4. Masukkan nasi dan masak hingga mengental dan terasa sedap. Angkat jika nasi sudah menjadi bubur.

3. Panada

Pinterest
Foto : Pinterest

Makanan yang merupakan peninggalan budaya dari Portugis ini sejatinya adalah makanan berupa ikan yang dibalut dengan roti. Panada berbentuk seperti pastel dengan isian berupa ikan cakalang berbumbu panpis.

Sudah olahan ikan lagi bukan? Benarkan, jika Manado memang kaya akan hasil lautnya. Untuk itu yuk Intip resep rahasia dari pembuatan panada, chek it out!

Bahan-bahan:

•250g tepung terigu protein tinggi

•½sdt ragi instan

•½sdt garam

•½sdm gula pasir

•1butir telur ayam

•100ml susu rendah lemak

•75ml santan kental

•5butir bawang merah

•4siung bawang putih

•3buah cabai merah

•6buah cabai rawit merah

•2butir kemiri, sangrai

•1buah tomat, buang biji, potong dadu

•2 cm jahe

•300g daging ikan tenggiri, cincang kasar

•1batang serai

•6lembar daun jeruk, iris halus

•6lembar daun kemangi, iris-iris

•2sdm air jeruk nipis

•2sdm santan kental

•3sdm minyak, untuk menumis

Cara membuatnya:

1. Aduk hingga rata semua bahan kecuali telur ayam, susu, dan santan. Setelahnya, baru masukkan telur dan santan, aduk. Uleni adonan hingga kalis, tutupi dengan kain. Diamkan selama ±30 menit untuk proses fermentasi. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, dan daun kemangi, aduk rata. Masukkan ikan, masak hingga ikan matang.

3. Tambahkan susu, santan, air jeruk nipis, gula pasir. Aduk rata. Masak hingga sedikit kering. Angkat dan sisihkan.

4. Setelah proses fermentasi selama 30 menit, kempiskan adonan panada dengan tangan.

5. Pipihkan adonan, beri 1 sdm isi ke bagian tengahnya. Lipat membentuk setengah lingkaran, tutup pinggiran adonan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan hingga habis

6. Panaskan minyak, goreng panada hingga matang dan cokelat keemasan, angkat. Tiriskan. Sajikan.

4. Sambal Dabu-dabu Kemangi

Pinterest
Foto : Pinterest

Manado memang identik dengan kuliner bercita rasa pedas, salah satu diantaranya adalah Sambal Dabu-dabu. Berbahan dasar cabai rawit segar, sambal ini biasa disajikan dengan irisan tomat dan bawang merah serta jeruk nipis.

Sambal Dabu-dabu memiliki beberapa varian penyajian, mulai dari Dabu-dabu bakar, Dabu-dabu iris, Dabu-dabu lemong, dan Dabu-dabu lilang. Tekstur dari sambal ini renyah karena banyaknya rempah yang digunakan. Sambal Dabu-dabu biasa disantap bersama dengan ikan bakar dan mampu menggugah selera makan. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

-20 buah cabai rawit merah, dirajang
- 10 cabai rawit hijau, dirajang
- 4-5 buah tomat, buang bijinya, potong dadu kecil
- 4 siung bawang merah, dirajang
- 1/2 genggam daun kemangi, dirajang
- 1-2 sdm air jeruk nipis atau limau
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm minyak sayur
- Garam dan lada bubuk secukupnya

Cara membuatnya:

1. Campur semua bahan jadi satu. Hati-hati kombinasi antara gula dan air jeruk.

2. Tambahkan sedikit demi sedikit hingga didapatkan rasa asam manis yang pas.

Nah untuk sobat intip seleb di rumah yang ingin coba membuat sendiri, pastikan membaca resep makanan khas Manado ala intipseleb yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian. Mudah bukan? Jangan lupa koreksi soal rasa agar saat dihidangkan dengan keluarga memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat dengan resep aslinya. Selamat mencobanya!

Topik Terkait