img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb Gaya HidupCara meninggikan badan mungkin tengah anda cari saat ini. Memiliki tubuh tinggi, tentunya memiliki beberapa keuntungan, misalnya saja dalam dunia kerja, ada beberapa bidang pekerjaan yang mengharuskan seseorang memiliki tinggi tertentu.

Namun selain itu, memiliki tubuh tinggi juga secara tidak langsung membuat seseorang menjadi tampil lebih menarik dan juga percaya diri. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha membuat tubuhnya jadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, selagi anda masih muda, anda perlu mengoptimalkan pertumbuhan tubuh anda.

Disebutkan bahwa di usia 18 tahun, tulang kaki maupun tulang punggung, akan mengalami henti tumbuh. Jadi jika sudah mencapai umur tersebut, kecil kemungkinan seseorang bisa tumbuh tinggi, sebab pertumbuuhan tulang akan berhenti. Ada beberapa cara meninggikan badan yang bisa anda lakukan. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Cara meninggikan badan secara alami

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meninggikan badan. Berikut ini akan dibahas mengenai cara meninggikan badan secara alami yang tak terlalu membutuhkan tenaga ekstra, hanya saja perlu niat dan juga disiplin agar melakukannya secara rutin dan menjadi kebiasaan yang baik.

1. Memperbaiki postur tubuh

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Cara meninggikan badan yang pertama adalah dengan mengatur agar tubuh anda memiliki postur yang baik. Hal ini merujuk pada kebiasaan seseorang yang sering kali duduk dengan posisi bungkuk. Postur seperti ini yang memungkinkan seseorang mengalami pergeseran tulang dan postur tubuh menjadi tidak baik.

Secara tidak sadar, postur tubuh yang seperti ini pun bisa membuat seseorang jadi memiliki tubuh lebih pendek dibandingkan yang seharusnya. Maka dari itu, mulai biasakan diri anda untuk menegakkan punggung dan menarik pundak ke arah belakang, entah dalam posisi duduk maupun berdiri. Kebiasaan kecil seperti ini ternyata mampu mempengaruhi postur tubuh seseorang, tak ada salahnya mengubah kebiasaan buruk anda agar mendapatkan postur tubuh yang anda inginkan.

2. Olahraga teratur

Cara meninggikan badan selanjutnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Anda dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk pertumbuhan tulang dan pembentukan masa otot.

Jadi untuk anda yang masih malas-malasan berolahraga, perlu ditanamkan di kepala anda bahwa apa yang anda lakukan adalah demi kebaikan anda, yakni tumbuh kembang tubuh anda. Meskipun tidak akan langsung terlihat hasilnya, namun berolahraga secara teratur anda akan merasakan hasilnya beberapa waktu kemudian.

3. Pola makan sehat

Kesehatan tubuh tidak hanya didapat dari olahraga yang teratur saja, namun juga dari apa yang dikonsumsi. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat juga ternyata mampu untuk meninggikan badan.

Untuk mengoptimalkan perkembangan sekaligus kesehatan tulang, anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D serta protein. Misalnya saja susu, telur, hingga ikan tuna. Menjaga kebutuhan kalsium hingga vitamin D sejak dini tak hanya dapat mengoptimalkan tinggi tulang saja, mamun juga bisa mencegah seseorang mengalami penurunan tinggi badan di masa tua karena terkena osteoporosis.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang banyak dilakukan belakangan ini. Sebab, olahraga tersebut terbilang tidak memerlukan banyak biaya dan mudah dilakukan di mana saja.

Banyak yang menganggap bahwa melakukan yoga dapat membantu dalam meninggikan berat badan anda, akan tetapi ternyata hal ini justru keliru.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tumbuh kembang seseorang telah mencapai puncaknya di usia 18 tahun, jikalau ketika melakukan yoga anda merasa tubuh anda tampak lebih tinggi, itu bukan karena adanya perpanjangan tulang. Namun karena adanya perubahan bentuk tubuh yang membaik, sehingga tubuh anda tampak lebih proporsional.

Namun, tidak melakukan yoga juga merupakan hal yang baik. Hal ini lantaran ketika melakukan yoga, anda cenderung menggerakan seluruh anggota bagian tubuh, selain itu juga membuat tubuh anda menjadi tegak. Jadi tidak ada salahnya mencoba hal ini agar postur tubuh jadi tampak lebih membaik dibanding sebelumnya.

5. Berenang

Cara meninggikan badan berikutnya adalah dengan berenang. Ketika seseorang berenang, otomatis ia banyak mengandalkan otot tangan dan juga kaki. Jika dilakukan secara terus menerus, akan membuat otot kaki menjadi terbentuk.

Tak hanya itu saja, berenang juga bisa membuat seseorang memiliki postur tubuh dan bentuk tubuh yang atletis. Bahkan, kabarnya ketika anda berenang di usia anda yang masih dalam masa pertumbuhan akan memicu meningkatnya produksi hormon pertumbuhan. Manfaat lainnya dari berenang adalah dapat membuat pikiran menjadi jauh lebih rileks dan tenang, jadi bisa menghindari seseorang mengalami stres.

6. Hindari makanan mengandung gula dan lemak

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Cara meninggikan badan berikut ini adalah termasuk dalam apa yang anda konsumsi. Ada baiknya, anda menghindari gula dan juga lemak dalam menu yang anda santap.

Sebenarnya boleh, namun perlu dikurangi. Hal ini lantaran jika mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan lemak yang timnggi akan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Belum lagi makanan yang berlemah nantinya berkemungkinan akan membuat tubuh menyimpan cadangan lemak di beberapa bagian tubuh.

Tubuh yang sehat tentunya dapat mempengaruhi tumbuh dan kembang pada tubuh. Oleh sebab itu, mengubah pola makan menjadi lebih sehat menjadi hal yang sangat disarankan. Hindari makanan seperti fast food hingga jenis-jenis kue agar lebih sehat.

7. Mengonsumsi suplemen tambahan

Selain olahraga dan juga makan makanan yang sehat, anda juga bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang tulang anda dengan menonsumsi suplemen. Namun hal ini memang jika diperlukan, ya. Jadi tidak harus.

Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D atau kalsium agar kesehatan tulang bisa terjadi. Atau untuk lebih pastinya, anda bisa konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Tidur yang cukup

www.freepik.com/senivpetro
Foto : www.freepik.com/senivpetro

Meskipun tak terlalu mempengaruhi pertumbuhan tulang, namun kualitas serta pola tidur seseorang mampu mempengaruhi kesehatan seseorang. Anda disarankan untuk mendapatkan waktu selama kurang lebih 8 jam untuk tidur di malam hari.

Memiliki waktu istirahat dan tidur cukup, nyatanya penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang tubuh seseorang. Jika mengalami sulit tidur, anda bisa coba mandi air hangat sebelum tidur, atau sekadar minum teh hangat untuk mendatangkan rasa kantuk.

Bahkan anda juga bisa berolahraga sebentar agar rasa lelah usai berolah raga bisa datang dan menyebabkan kantuk.

9. Genetik

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Yang satu ini bukanlah cara meninggikan badan, akan tetapi informasi tambahan untuk anda. Pada dasarnya, gen seseorang memengaruhi pertumbuhan tinggi pada anak. Bahkan, tinggi seseorang lebih besar dipengaruhi dari faktor genetik, bukan dari apa yang diusahakan.

Demikian adalah sederet informasi mengenai cara meninggikan tubuh. Mengoptimalkan tubuh agar mencapai tinggi yang diinginkan, bisa anda lakukan sebelum terlambat.

Dengan melakukan hal yang telah disebutkan di atas secara rutin, kemungkinan tubuh anda akan bertambah tinggi seiring berjalannya waktu. Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba! (nes)

Topik Terkait