img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupMakanan Penambah darah yang baik bagi tubuh, biasanya yang paling banyak mengandung gizi dan vitamin tinggi. Lantas menurut kalian, kira-kira apa saja sih makanan penambah darah?

Bagi kalian yang sering mengalami anemia atau kurang darah, sebaiknya mulai konsumsi makanan yang bergizi tinggi. Selain hanya protein, makanan penambah darah pun bisa dari buah atau sayur-sayuran.

Biasanya untuk penderita anemia atau kurang darah, biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi. Zat besi sendiri bisa kita dapatkan dari susu atau makanan lainnya.

Hemoglobin yang ada pada darah biasanya tidak cukup untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Jadi tak aneh jika tubuh kita kekurangan zat besi akan terasa cepat lelah. Biasanya daging mampu menaikkan darah dengan cepat.

Namun, karena harga daging yang lumayan tinggi yuk kita lihat apa saja sih makanan yang dapat membantu menaikan darah.

1. Jeruk

Buah Jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tak heran, jika jeruk bisa membantu mengontrol darah dan menaikannya dengan cepat. Untuk kalian yang sering lemas, pusing atau darah rendah, mengonsumsi buah jeruk bisa membuat tubuh kalian kembali segar dan enak.

Jeruk tak hanya memiliki rasa asam dan kecut. Namun, beberapa jeruk juga memiliki rasa manis dan enak. Buah jeruk mudah dijumpai di setiap toko buah-buahan atau di supermarket. Karena kandungannya ini, buah citrus juga sering digunakan sebagai buah untuk anemia dalam penyerapan zat besi yang efektif.

Jangan bosan-bosan membeli jeruk ya saat ke toko buah, karena jeruk pun bisa mengatasi berbagai macam keluhan yang lain, seperti sariawan di mulut.

2. Alpukat

Makanan yang bisa meningkatkan jumlah sel darah merah biasanya jenis makanan buah-buahan yang tinggi serat. Alpukat merupakan buah yang cocok untuk penderita darah rendah. Alpukat juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Dagingnya yang tebal dan berwarna hijau tersebut, seringkali di buat jus atau di campur dengan sop buah.

Dengan mengonsumsi satu buah alpukat, sama saja akan menambah darah kalian dan cocok di konsumsi dalam jangka panjang secara rutin. Karena alpukat tak memiliki efek samping bagi yang memakannya.

3. Telur

Makanan kaya protein tinggi dan vitamin B12, seperti telur cocok dijadikan sebagai obat penambah darah. Disini siapa yang tak suka telur? Sepertinya telur masih menjadi makanan paling banyak di konsumsi oleh sejumlah orang di Indonesia.

Biasanya telur di hidangkan saat sarapan dengan di masaka telur mata sapi atau di dadar. Kandungan yang terdapat dalam putih dan kuning telur, dipercaya bisa memberikan banyak manfaat bagi tubu salah satunya menaikan darah. Meskipun harga telur sedang melonjak tinggi, namun tak masalah kan jika kita tetap membelinya untuk obat darah?

4. Daun Singkong

Daun singkong dipercaya bisa menambah darah pada saat kita merasa letih dan lesu ataupun mengalami darah rendah. Biasanya darah rendah dialami karena kita kekurangan istirahat, kurang asupan gizi yang baik, serta sering mengonsumsi makanan sembarangan.

Daun singkong mengandung serat dan beberapa nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Pasalnya kandungan zat besi pada daun singkong berfungsi efektif membantu mengatasi penyakit anemia.

Bisa dijadikan sebagai lalapan atau dibuat sayur daun singkong adalah pilihan yang tepat untuk mengobati darah rendah dengan cara yang murah. Jadi untuk apa lagi kalian menunggunya?

5. Tahu Tempe

Dibuat dari kacang kedelai asli yang difermentasi tahu dan tempe merupakan makanan pokok yang kaya manfaat. Bahan dasar pembuatan tahu tempe adalah kacang kedelai sehingga kacang kedelai sendiri memiliki banyak manfaat selain bagus untuk tulang namun juga cocok untuk menaikkan darah.

Kandungan vitamin B12, yang ada di dalamnya membuat tahu dan tempe menjadi makanan sejuta umat yang banyak dikonsumsi namun cocok dijadikan obat penyakit salah satunya yaitu anemia. Dengan cara mengkonsumsi tahu tempe baik digoreng ataupun dipepes, anemia kalian akan sedikit berkurang dan daerah kalian perlahan akan segera naik.

6. Jeroan

Jeroan sapi ataupun jeroan ayam dipercaya memiliki lemak yang tinggi dan dapat menaikkan darah dengan sangat cepat. Pasalnya, bagi penderita darah rendah dianjurkan sekali untuk memakan jeroan, dan dapat dijadikan sebagai lauk pemanasan yang lezat.

Bagian dalam hewan, seperti hati, jantung, dan otak ternyata juga mengandung zat besi dalam jumlah yang terbilang tinggi. Bahkan, 100 gram hati sapi mengandung zat besi sebesar 6,5 miligram yang telah memenuhi sekitar 36 persen asupan harian. Sementara itu, 100 gram hati ayam mengandung zat besi sebesar 15,6 miligram.

7. Stroberi

Kandungan vitamin c yang tinggi ini meningkatkan kapasitas antioksidan di dalam darah. Selain itu, buah stroberi bisa mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas, sehingga digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit lainnya.

Tahukah kamu, vitamin C diperlukan oleh tubuh kita untuk penyerapan zat besi agar tubuh kita tidak kekurangan darah? Stroberi merupakan salah satu buah penambah darah yang terbukti dapat mencegah anemia.

Stroberi adalah salah satu buah dan sayur penambah darah yang bisa Anda konsumsi. Selain sumber makanan yang telah disebutkan, jumlah darah dalam tubuh Anda juga bisa bertambah dengan mengonsumsi stroberi.

8. Susu

Untuk Anda yang mengidap anemia karena kekurangan kadar vitamin B-12 di tubuh, mengonsumsi susu bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejalanya.

Dalam satu gelas atau sekitar 240 ml susu rendah lemak, terdapat 1 mikrogram vitamin B-12 yang sudah dapat memenuhi setengah kebutuhan harian untuk orang dewasa.

Minuman sehat satu ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk pengidap anemia. Susu adalah sumber kalsium yang tinggi dan juga kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi susu sekali sehari dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh sehingga terhindar dari risiko anemia.

9. Bayam

Makan makanan kaya nitrat dapat membantu meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, memungkinkan darah mengalir lebih mudah. Bayam memiliki kandungan nitrat tinggi, yang dapat diubah tubuh menjadi oksida nitrat, vasodilator kuat.

10. Bit Merah

Bit merah umumnya bagus untuk kulit dan rambut dan disarankan dikonsumsi untuk kasus kekurangan zat besi, karena membantu regenerasi sel darah merah.

Ini juga diresepkan untuk mengobati gangguan menstruasi dan gejala menopause. Apalagi itu bagus untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga otot. Bit merah mengandung antioksidan dan mampu mengurangi peradangan pada kulit dan sel.

10 makanan penambah darah di atas, merupakan makanan yang sering di konsumsi oleh banyak orang. Jadi gak usah beli obat dokter ya untuk kalian yang anemia, cukup beli buah, sayur dan bahan pokok lainnya aja. Semoga bermanfaat, salam sehat sobat IntipSeleb.

Topik Terkait