img_title
Foto : Www.freepik.com/Racool_studio

IntipSeleb Gaya HidupManfaat tomat ada beragam. Jika dibedah satu persatu, maka tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang sering dijadikan pelengkap dalam masakan hingga dijadikan jus ini memiliki rasa asam yang khas.

Buah tomat sendiri banyak jenisnya, ada tomat besar hingga tomat kecil yang disebut sebagai tomat ceri. Ada pula tomat yang ketika matang tidak berwarna merah, namun tetap berwarna hijau. Kendati demikian, buah tomat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Lantas sudah tahukah anda apa saja manfaat tomat bagi kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat tomat untuk tubuh.

Manfaat tomat bagi kesehatan

www.freepik.com/stockking
Foto : www.freepik.com/stockking

Secara garis besar, tomat mengandung berbagai nutrisi yang bagus. Di antaranya adalah air, protein, kalsium, fosfor, zat besi, niasin hingga vitamin C. oleh sebab itu, untuk mengetahui lebih lanjut terkait manfaat tomat, simak deretan manfaat tomat berikut ini.

1. Menyehatkan mata

Manfaat tomat yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Manfaat tomat tak lain dan tak bukan adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini lantaran tomat mengandung lutein dan zeaxanthin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Kedua nutrisi tersebut merupakan bentuk dari Vitamin A yang berguna untuk menjaga mata agar tetap sehat dan mencegahnya mengalami kerusakan akibat pertambahan usia. Tak hanya itu saja, jika anda sering menghabiskan waktu anda dengan menatap layar ponsel maupun komputer, tomat juga berguna untuk mencegah mata mengalami kerusakan akibat cahaya layar.

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tomat selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Anda tentunya sering bukan, menemukan banyak produk skincare seperti misalnya masker wajah yang dilengkapi dengan gambar tomat sebagai promosi. Hal ini lantaran tomat dipercaya dapat menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Bukan tanpa alasan, tomat mengandung Vitamin C yang bagus untuk pembentukan kolagen yang memang komponen utama untuk berguna membentuk kulit, hingga kuku. Jika mengonsumsi tomat, kandungan Vitamin C akan terasa dan menutrisi kulit yang mugkin mengalami kerusakan lantaran paparan sinar matahari dan polusi.

Selain itu, banyak pula perempuan yang memanfaatkan tomat untuk dijadikan masker wajah agar menjadi solusi mengatasi masalah kulit. Sekaligus dapat membuat kulit tetap kencang, mencegah keriput hingga masalah kulit lainnya.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat tomat berikutnya adalah dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Hal ini lantaran tomat yang mengandung air dan juga serat. Serat memang bagus untuk membuat pencernaan sehat. Untuk anda yang mengalami sembelit, pastikan kebutuhan serat dan cairan anda terpenuhi.

Serat dapat membantu usus untuk melunakan kotoran sehingga membuatnya lebih lunak dan bisa dikeluarkan lebih mudah. Oleh sebab itu, dibanding minum obat untuk melancarkan pencernaan, ada baiknya anda coba untuk mengonsumsi tomat terlebih dahulu. Sebab tomat menjadi makanan sehat dan juga bebas dari bahan kimia.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat tomat selanjutnya adalah berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat kaya akan likopen dan beta-karoten yang berguna untuk meminimalisir risiko anda mengalami penyakit jantung. Anda mungkin sudah tau, bahkan penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak dihindari.

Sebab penyakit ini dapat disebut sebagai salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Lantas tak hanya jantung saja, likopen yang terkandung dalam buah tomat dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk sekadar informasi bahwa kolesterol merupakan salah satu penyebab utama seseorang mengalami penyakit jantung.

Untuk itu, untuk anda yang mengalami masalah kesehatan terutama pada jantung, ada baiknya untuk mulai rajin mengonsumsi buah tomat. Untuk yang masih sehat pun disarankan untuk mengonsumsi buah ini agar mencegah mengalami penyakit jantung.

5. Bagus untuk ibu hamil

www.freepik.com/onlyyouqj
Foto : www.freepik.com/onlyyouqj

Saat hamil, makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan. Pasalnya ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan berguna untuk tumbuh kembang buah hati di dalam perut. Buah tomat salah satu makanan yang mungkin disarankan.

Hal ini lantaran buah tomat yang mengandung folat yang baik untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf. Ternyata tak hanya baik untuk ibu hamil saja, buah tomat juga berguna untuk kesehatan rahim wanita yang mungkin sedang merencanakan program kehamilan.

6. Menjaga berat badan

Untuk anda yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan, ada baiknya anda untuk mengonsumsi tomat sebagai makanan selama diet. hal ini lantaran buah tomat yang mengandung kalori yang rendah, karbohidrat dan juga lemak baik untuk kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, jika sedang diet anda bisa menjadikan tomat sebagai makanan penurun berat badan. Anda bisa mengonsumsi tomat ceri atau mungkin menjadikan tomat sebagai jus. Tentunya, anda perlu mengiringinya dengan olahraga agar diet anda bisa dikatakan berhasil.

7. Memperbaiki mood

Manfaat tomat selanjutnya adalah dapat menstabilkan suasana hati. Hal ini lantaran tomat yang mengandung asam folat dan juga asam alfa-lipoat yang bagus untuk mencegah seseorang mengalami depresi.

Kandungan asam folat dalam tomat banyak dipercaya berguna untuk mencegah kelebihan asam amino homosistein yang dapat menurunkan produksi hormon penting, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini lah yang berperan dalam mengendalikan suasana hati. Jadi anda boleh coba mengonsumsi tomat jikalau sedang dalam suasana hati yang tidak baik.

8. Mencegah diabetes

Manfaat tomat selanjutnya adalah dapat mengatasi diabetest. DIpercaya bahwa pasien diabetes yang mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tak hanya kadar gula darah saja yang bisa berkurang, namun juga kadar lemak pun ikut berkurang.

Oleh sebab itu, disarankan untuk anda hidup sehat dengan sesekali mengonsumsi tomat agar manfaat yang terkandung dalam buah tomat dalam terasa bagi tubuh anda.

9. Mencegah kanker

Manfaat tomat berikutnya ialah dipercaya dapat mencegah seseorang mengalami kanker. Sekadar informasi bahwa kanker merupakan sebuah pertumbuhan sel yang tidak normal alias tidak terkendali yang menyebar di dalam tubuh. Tak heran jika kanker disebut sebagai salah satu penyakit berbahaya yang banyak dihindari.

Sementara itu, mengonsumsi buah tomat mentah alias yang belum diolah terlebih dahulu, dipercaya dapat meminimalisir seseorang mengalami kanker, seperti misalnya kanker prostat hingga paru-paru. Tak hanya itu saja, buah tomat juga dikatakan baik untuk para perempuan.

Hal ini lantaran konsentrasi tinggi karotenoid dipercaya dapat berguna untuk perempuan dan mencegah terjadinya kanker payudara. Oleh sebab itu, anda mulai membiasakan diri mengonsumsi tomat untuk mengubah pola makan agar lebih sehat dan merasakan manfaatnya.

Demikian adalah sederet informasi terkait manfaat tomat. Begitu banyaknya ragam manfaat bagi tomat untuk tubuh yang mungkin tak disadari oleh kita.

Setelah mengetahui ragam manfaatnya, tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri mengonsumsi tomat disela-sela makanan pokok. Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan sehat selalu! (jra)

Topik Terkait