img_title
Foto : Www.freepik.com/wayhomestudio

IntipSeleb Gaya HidupManfaat masker kopi ada beragam dan tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda. Masker wajah sendiri memang memiliki bahan dasar yang beragam. Keberagaman bahan dasarnya juga mempengaruhi manfaatnya untuk kulit.

Lantas apa manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit? Secara garis besar, masker kopi dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit sehingga membuat kulit wajah jadi tampak lebih muda. Tentunya memiliki kulit wajah yang sehat dan jauh dari tanda-tanda penuaan, merupakan impian bagi semua orang, terutama pada wanita.

Untuk itu, untuk membahas lebih jelasnya. Yuk simak artikel ini hingga selesai. Sekadar informasi bahwa sumber informasi dari artikel ini telah dirangkum dari berbagai sumber. Berikut ini adalah manfaat masker kopi untuk kulit.

Manfaat masker kopi

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Di Indonesia, kopi tak hanya dimanfaatkan sebagai minuman saja. Selain menjadi minuman yang dipercaya ampuh dalam mengatasi kantuk, kopi juga banya dimanfaatkan menjadi masker untuk wajah. Ada beberapa kandungan dalam kopi yang dipercaya bagus untuk kulit. Berikut ini adalah manfaat masker kopi:

1. Mengangkat sel kulit mati

www.freepik.com/stockking
Foto : www.freepik.com/stockking

Manfaat masker kopi yang pertama adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa masker kopi memang dipercaya ampuh untuk mengangkat sel kulit mati di dalam tubuh. Namun ternyata tak hanya itu saja loh, kopi juga ampuh untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Selainn itu, masker kopi jug dipercaya dapat menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Hal ini yang kemudian menyebabkan minyak berlebih pada kulit menjadi lebih minimalisir dan membuat kulit menjadi tampak lebih segar.

2. Membuat kulit tampak lebih muda

Manfaat masker kopi selanjutnya adalah dapat membuat kulit menjadi tampak lebih muda. Hal ini lantaran kopi mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit terlalu sering terpapar radikal bebas, maka tak bisa dipungkiri bahwa kulit bisa jadi tampak lebih tua dibandingkan seharusnya.

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam kopi dapat berguna untuk penurunan kadar kolagen di dalam tubuh. Kolagen sendiri ialah berguna untuk membentuk kulit hingga rambut. Oleh sebab itu, antioksidan dalam kopi ini dapat berguna untuk membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Tak hanya itu saja, kopi diketahui mengandung kafein yang sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi rasa kantuk. Namun jika dihubungkan dengan kulit, kafein ini dapat berguna untuk membuat kulit lebi kencang dan juga mampu menyamarkan mata panda. Untuk anda yang memiliki masalah dengan mata panda, anda bisa mulai memanfaatkan masker kopi untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat masker kopi selanjutnya adalah untuk mencegah seseorang mengalami kulit berjerawat. Jerawat memang terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita. Sebab, kulit berjerawat kerap kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Siapa sangka, manfaat masker kopi yakni untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini lantaran kopi yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berguna untuk merawat kulit berjerawat. Tak hanya itu, kandungan antioksidan juga berguna untuk mengurangi munculnya jerawat dari pada kulit.

Kendati demikian, mungkin ada beberapa orang yang mungkin justru mengalami reaksi yang sebaliknya. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba menggunakan masker kopi sekali untuk mengetahui apakah anda memiliki alergi atau tidak. Hentikan pemakaian jika dirasa kulit anda malah mengalami permasalahan yang tidak seharusnya.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Untuk para wanita yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, tentunya paparan sinar matahari menjadi salah satu musuh terbesar. Pasalnya, paparan sinar matahari itu dapat menyebabkan kulit mengalami efek terbakar hingga membuat kulit jadi tampak lebih kusam dibandingkan seharusnya.

Manfaat masker kopi banyak dipercaya menjadi salah satu solusi untuk kulit yang sering kali terkena paparan matahari. Dengan penggunaan secara rutin, maka dipercaya kulit anda akan tampak lebih cerah. Kendati demikian, anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya agar mendapat perlindungan ganda.

5. Menghaluskan kulit

Manfaat masker kopi selanjutnya ialah dapat berguna menghaluskan kulit wajah. Pengangkatan sel kulit mati pada wajah ini, tak memungkiri bahwa nantinya kulit baru yang lebih lembut dan sehat akan menggantikan kulit yang lama. Maka oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan kopi untuk dijadikan masker scrub untuk membuat kulit menjadi lebih halus.

6. Mengurangi kerutan pada wajah

Manfaat masker kopi selanjutnya adalah untuk mengurangi kerutan pada wajah. Tak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, tak hanya usia saja yang bertambah, namun tubuh juga mengalami beberapa perubahan yang kontras terlihat, salah satunya adalah kulit.

Memiliki kulit sehat, kencang dan awet muda adalah idaman semua wanita. Ternyata, jika anda memanfaatkan masker kopi, dapat berguna untuk menyamarkan garis-garis halus pada kulit wajah hingga membuatnya lebih kencang dan berseri. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mulai memanfaatlan kopi sebagai masker untuk mendapatkan jenis kulit yang anda idamkan.

7. Mengecilkan pori-pori

Manfaat masker kopi berikutnya adalah untuk mengecilkan pori-pori. Tahukah anda bahwa wajah berminyak, komedo dan juga jerawat kerap kali muncul akibat pori-pori kulit yang cenderung besar? Oleh sebab itu, kandungan nutrisi pada bubuk kopi dinilai berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Jika menggunakan masker kopi secara rutin dan teratur, dipercaya akan mengembalikan pori-pori kulit menjadi lebih kecil dan meminimalisir anda mengalami masalah kulit tersebut.

Cara membuat masker kopi

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Usai mengetahui manfaat masker kopi, selanjutnya mungkin anda ingin tahu bagaimana cara membuat masker kopi agar khasiatnya dapat terasa bagi kulit. Oleh sebab itu akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara membuat masker kopi.

Langkah pertama membuat masker kopi adalah mencampurkan bubuk kopi dengan pelarut alami yang memiliki sifat nonkomedogenik, seperti misalnya saja minyak zaitun. Setelah itu, baru oleskan ke wajah anda secara merata. Kemudian diamkan untuk beberapa saat.

Setelah selesai bilas dengan air hangat. Yang perlu menjadi perhatian adalah jikalau anda memiliki kulit yang sensitif, usahakan menghindari untuk menggosok masker ke area tersebut, sebab dikhawatirkan akan menyebabkan kulit menjadi ruam atau kemerahan.

Lakukan penggunanan masker kopi ini secara teratur dan rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, perlu diperhatikan agar menggunakan bubuk kopi yang segar agar tidak menghindari adanya bakteri di dalam kopi yang justru akan membuat masalah baru pada kulit wajah.

Demikian adalah sederet informasi terkait manfaat masker kopi. Ada begitu banyak manfaat dari kopi untuk kesehatan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika mulai sekarang anda mencoba memanfaatkan kopi untuk dijadikan masker wajah agar kulit dapat merasakan beragam manfaatnya.

Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba! (jra)

Topik Terkait