img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut cara mengecilkan perut buncit yang mudah serta ampuh. Sehingga lemah di perut kamu akan hilang jika kamu rutin melakukan trik tersebut.

Perut buncit kadang membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilan. Jika badan kita terlalu besar dan perut membuncit, membuat gerak kita tak leluasa serta badan jadi tak bugar.

Olahraga saja ternyata tak cukup untuk menghilangkan perut buncit. Ada makanan yang mengandung kandungan khusus yang bisa kamu coba makan dan terbukti ampuh melarutkan lemak.

Tidak hanya itu, kondisi perut juga tidak sehat dan memicu obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes serta penyakit jantung. Penumpukan lemak yang mengelilingi organ tubuh di bagian perut disebut juga lemak visceral. Lemak inilah yang membuat pria lebih rentan mengalami perut buncit.

Lemak di perut bisa memengaruhi peningkatan kadar lemak dalam darah, khususnya kolesterol. Ini karena lemak perut terletak dekat dengan pembuluh darah yang menghubungkan usus ke hati. Lemak perut akan melepaskan asam lemak bebas ke aliran darah kemudian terbawa ke hati. Hal ini menyebabkan kamu terkena kolesterol tinggi.

Penelitian menyatakan bahwa orang yang perutnya buncit cenderung berisiko mengalami demensia. Ternyata, ada perubahan pada volume otak bagian hipokampus dan resistensi insulin pada orang yang memiliki kadar lemak perut tinggi.

Riset yang terbit pada jurnal Annals of Neurology juga menemukan semakin banyak lemak yang menumpuk di perut, maka volume otak akan semakin mengecil. Ini menandakan adanya kemampuan kognitif yang buruk serta meningkatkan risiko demensia di kemudian hari.

Selain itu, lemak perut mengeluarkan suatu senyawa yang disebut sitokin. Sitokin berperan dalam penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan peradangan.

Saat tubuh Anda mengalami peradangan, organ hati akan memproduksi kolesterol dan toksin atau zat beracun lain yang dapat membentuk plak di pembuluh arteri. Pemberntukan plak di pembuluh darah merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung serta stroke.

Lalu apa bagaimana sih cara menghilangkan lemak pada perut? Berikut ini cara mengecilkan perut buncit. Check it out!

1. Memperbanyak Asupan Protein dan Serat

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk mengecilkan perut buncit, kamu bisa mulai memperbanyak makanan dengan kandungan protein dan serat guna mengecilkan perut buncit. Serat membantu menghasilkan perasaan kenyang yang lebih lama. Nantinya, kamu pun bisa mengurangi jumlah makan.

Tidak hanya itu, serat menjaga fungsi sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kembung dan membuat perut tampak kecil. Sementara itu, protein membantu memperbaiki jaringan otot dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian kecil dari Nutrition and Metabolism. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, dan daging memiliki kadar lemak perut yang lebih rendah.

2. Konsumsi Kunyit

Pinterest
Foto : Pinterest

Konsumsi kunyit secara teratur membantu meningkatkan produksi cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati dan disimpan di kantong empedu yang membantu dalam pengemulsi lemak dan metabolismenya sehingga mampu mengecilkan perut buncit.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Tufts University, kurkumin dalam kunyit dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak dengan mengatur kadar gula dan selanjutnya mencegah resistensi insulin sehingga kelebihan lemak tidak disimpan dalam tubuh.

3. Menghindari Minum Minuman Manis

Freepik
Foto : Freepik

Kamu harus bisa hindari minuman manis. Soda, jus buah, dan minuman energi umumnya mengandung banyak gula dan kalori cair sehingga mudah untuk minum dalam jumlah besar sekaligus dan memberi kesan kenyang padahal hanya membuat tubuh menjadi kembung.

Menurut Journal of American Dietetic Association, minuman manis yang memiliki kalori cair tidak diproses dengan baik seperti kalori padat. Oleh karena itu, Anda pada akhirnya akan mengonsumsi lebih banyak kalori cair sehingga dapat membuat perut berlemak.

Sebuah studi oleh Dr. Ludwig dalam Lancet Journal menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis setiap hari dapat meningkatkan risiko obesitas sebesar 60% pada anak-anak. Minuman ini juga sarat dengan fruktosa yang dapat menimbun lemak pada perut.

4. Tidur yang Cukup dan Teratur

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Sering kali kita mengabaikan waktu tidur yang cukup. Padahal waktu istirahat yang cukup memiliki efek kuat untuk menurunkan berat badan dan menahan nafsu makan.

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Karena itu, kamu harus memiliki waktu istirahat yang cukup (8 jam untuk orang dewasa), agar tubuh tetap sehat dan mampu mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.

5. Meminum Teh Hijau

Pinterest
Foto : Pinterest

Teh hijau adalah minuman yang sangat sehat. Minuman ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Dimana yang keduanya tampaknya meningkatkan metabolisme.

EGCG adalah katekin, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu kamu menghilangkan lemak perut. Efeknya dapat diperkuat ketika konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga.

6. Melakukan latihan angkat beban (resistensi)

Freepik
Foto : Freepik

Latihan kekuatan dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang penting dan dapat membantu mengurangi lemak perut. Studi menunjukkan itu bahkan lebih efektif dalam kombinasi dengan latihan aerobik.

7. Meningkatkan Asupan Lemak Sehat

Lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak sehat dan lemak jahat. Dengan meningkatkan asupan lemak sehat, kamu berkontribusi terhadap keinginan untuk mengecilkan perut buncit.

Salah satu jenis lemak baik yaitu asam lemak tak jenuh tunggal berbentuk cair pada suhu kamar. Sumber asam lemak tak jenuh yang baik untuk mengatasi perut buncit, yaitu: minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang tanpa gula tambahan.

8. Rutin Minum Air Putih

Pinterest/Fitriani gozel
Foto : Pinterest/Fitriani gozel

Ada tiga bukti tentang minum air putih yang dapat mengecilkan perut buncit. Pertama, air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Faktanya, menurut The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, minum air dapat meningkatkan total pengeluaran energi Anda hingga 100 kalori per hari.

Kedua, studi dalam Journal of American Dietetic Association menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga pada akhirnya Anda akan makan lebih sedikit kalori.

Ketiga, minum air dapat membantu meringankan sembelit dan mengurangi perut kembung menurut European Journal of Clinical Nutrition. Rutin minum air membawa banyak manfaat pada tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit.

9. Berpuasa

Berpuasa juga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Berdasarkan buku Dietclopedia, rekomendasi puasa yang disarankan adalah dengan makan dalam delapan jam lalu berpuasa selama 16 jam berikutnya. Jika dilakukan selama dua sampai enam bulan, cara puasa ini mampu menghilangkan 7% lemak pada perut.

10. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Berbagai tips mengecilkan perut di atas tidak akan berhasil bila kamu tidak melakukannya dengan rutin. Walaupun bukan kondisi yang berbahaya, perut buncit bisa menjadi salah satu gejala dari masalah kesehatan.

Itu sebabnya, kamu harus konsisten menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, serta rutin berolahraga. Para ahli menekankan bahwa gaya hidup, terutama olahraga, merupakan cara terbaik melawan perut buncit. (bbi)

Topik Terkait