img_title
Foto : Gmaps/Eugenia

IntipSeleb Gaya HidupUbud Art Market menjadi salah satu pusat oleh-oleh terpopuler di Bali. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat beragam jenis seni kerajinan yang bisa menjadi bahan oleh-oleh bagi para wisatawan yang melancong ke Bali.

Ubud Art Market atau yang disebut juga dengan Pasar Seni Ubud, menawarkan beragam kerajinan yang unik dan juga khas. Harga yang ditawarkan pun ramah di kantong. Untuk anda yang berkesempatan datang ke Bali, anda perlu meluangkan waktu anda sebentar untuk mampir ke Pasar Seni Ubud.

Jika banyak yang membawakan orang-orang terkasih dengan oleh-oleh berupa makanan, anda boleh sesekali menggantinya dengan kerajinan yang tentunya awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Lantas ada hal menarik apa saja, ya, yang ada di Ubud Art Market? Yuk kita simak artikel di bawah ini hingga tuntas.

Ubud Art Market

gmaps/Piter Tham
Foto : gmaps/Piter Tham

Ubud Art Market berlokasi di Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi tempat wisata ini juga terletak tak jauh dari Ubud Palace. Saking dekatnya, anda hanya perlu berjalan kira-kira 2 menit saja, maka anda akan sampai di lokasi. Sekadar informasi, bahwa Pasar Seni Ubud buka di siang hari, yakni mulai pukul 10 hingga jam 5 sore.

Lalu untuk anda yang hanya ingin datang untuk sekadar melihat-lihat saja juga tidak menjadi masalah. Sebab, untuk masuk ke Pasar Seni Ubud tidak memerlukan biaya.

Tentunya, hal ini lantaran tempat ini merupakan pasar. Anda bebas datang jikalau hanya ingin sekadar tau seperti apa Pasar Seni Ubud yang banyak dibicarakan orang. Berikut ini adalah hal menarik yang bisa anda temukan di Ubud Art Market.

Hal menarik dari Ubud Art Market

gmaps/Sohail Salehi
Foto : gmaps/Sohail Salehi

Di Ubud Art Market, anda tidak hanya bisa melihat beragam jenis kerajinan seni yang dijual oleh para pedagang. Bahkan beberapa jenis kuliner khas juga bisa anda cicipi. Berikut ini adalah hal menarik dari Pasar Seni Ubud.

1. Beragam kerajinan seni menarik

gmaps/Hillary Victoria
Foto : gmaps/Hillary Victoria

Seperti namanya, tentu Pasar Seni Ubud menawarkan beragam jenis kerajinan seni yang menarik dan sayang untuk anda lewatkan. Ada banyak sekali pengrajin yang menjajakan barang dagangannya di sini. Bahkan jenis kerajinannya pun sangat beragam.

Di sini, anda bisa menemukan beragam kerajinan yang terbuat dari kayu, patung, lukisan, aneka asesoris, hingga beragam jenis pajangan. Harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong. Jika beberapa tempat wisata, aneka jenis oleh-oleh biasanya memiliki harga yang tinggi, di sini harganya cukup normal.

Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp5.000, tergantung jenis dan tingkat kesulitan jenis kerajinan yang anda ingin beli. Bahkan jika anda sedikit keberatan dengan harganya, anda bisa menawarkan hingga mendapatkan harga yang pas dan disepakati sebelum resmi membelinya.

Ada juga yang menjual aneka jenis bunga hias, hiasan dinding dan banyak sebagainya. Dan tentunya anda tidak perlu khawatir, meski harganya cukup terjangkau, kualitas yang ditawarkan tidak kaleng-kaleng. Jadi jangan lupa sempatkan waktu untuk mampir ya!

2. Beragam jenis pakaian hingga tas

gmaps/Mawi Ariwati
Foto : gmaps/Mawi Ariwati

Tak hanya beragam jenis kerajinan seni saja, untuk anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh berupa baju, anda juga bisa membelinya di sini. Tak sedikit para pedagang yang menjajakan baju khas Bali di sini.

Ada baju barong, kain atau baju batik, topi hingga tas rotan yang memiliki aneka bentuk yang lucu dan bikin kalap mata para wanita. Harganya juga cukup terjangkau lho. Dengan Rp100.000, anda sudah bisa mendapatkan kaus barong sebanyak 3 picis! Itu saja tidak ditawarkan. Bayangkan jika anda menawarnya, anda bisa mendapatkan barang yang anda mau dengan harga yang juga pas di kantong tentunya.

3. Kuliner

gmaps/Akhmad Junaedi
Foto : gmaps/Akhmad Junaedi

Jika sudah berkeliling, tentunya akan terasa lelah dan perut pun keroncongan. Memang sudah yang paling tepat adalah usai berbelanja adalah saatnya menikmati ragam kuliner. Tak perlu jauh-jauh, di Ubud Art Market juga memiliki ragam kuliner yang bisa anda coba satu persatu.

Makanan yang dijual pun harganya cukup terjangkau. Tak hanya itu, ada pula beberapa tempat duduk yang disediakan untuk anda untuk duduk bersantai usai lelah berkeliling. Banyak juga pedagang yang menjajakan buah sebagai barang dagangannya. Belum lagi aneka sayuran yang segar-segar jikut didagangkan di sini.

Tak hanya itu saja, untuk anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh camilan khas Bali ke tempat asal anda, di sini juga banyak yang menjajakan camilan yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Pokoknya, bisa dibilang bahwa Ubud Art Market ini memiliki ragam yang lengkap dan serba ada. Jadi sayang sekali untuk anda lewatkan.

4. Bisa jadi spot foto dan jalan-jalan

gmaps/charles hutagaol
Foto : gmaps/charles hutagaol

Jika anda yang hanya ingin sekadar mampir dan melihat-lihat saja juga sangat diperbolehkan. Anda juga bisa berfoto di beberapa lokasi Pasar Seni Ubud untuk mengabadikan momen yang mungkin jarang anda rasakan.

Lokasi Ubud Art Market yang luas dengan beragam penjual yang menawarkan ragam barang yang berbeda, membuat anda betah berlama-lama. Namun, banyak juga nih, para pelancong yang niatnya hanya berkeliling namun usai melihat Pasar Seni Ubud, mereka justru memborong banyak barang. Memang sebegitu menarik dan uninya kerajinan seni yang ada disana.

5. Fasilitas memadai

gmaps/Daniel Chau
Foto : gmaps/Daniel Chau

Tak hanya hal menarik yang telah disebutkan di atas saja, Ubud Art Market juga memiliki fasilitas yang cukup memadai. Ada toilet dan juga tempat parkir yang berada tepat di depan Pasar Seni Ubud. Jadi untuk anda yang membawa kendaraan roda empat tak perlu khawatir soal tempat parkir. Biaya parkir untuk mobil ialah berkisar Rp10.000.

Tips berbelanja

gmaps/Novita Ratna Primantari
Foto : gmaps/Novita Ratna Primantari

Nah setelah mengetahui banyak hal menarik dari Pasar Seni Ubud, anda mungkin tertarik untuk belanja banyak di tempat wisata yang satu ini. Jika memang anda bertujuan untuk belanja, usahakan untuk berkeliling terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli di satu tempat. Sebab dikhawatirkan anda akan menemukan barang yang lebih menarik lainnya di sela-sela kunjungan anda sehingga pengeluaran lebih banyak dibanding yang telah ditentukan.

Pada dasarnya berbelanja di Pasar Seni Ubud cukup seru karena bisa menawar hingga harga terendah mungkin sesuai dengan kesepakatan bersama. Anda bisa menawar terlebih dahulu jika harga yang ditawarkan belum sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu, mungkin anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam saat berbelanja di sini. Jadi siapkan waktu seefisien mungkin jika memang setelah dari Ubud Art Market anda ingin mengunjungi tempat wisata di Bali lainnya.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Ubud Art Market atau Pasar Seni Ubud. Begitu banyaknya kerajinan unik dan menarik yang ada di Pasar Seni Ubud, sehingga hal ini tidak akan membuat anda bingung dengan pilihan yang monoton. Saking beragamnya, mungkin anda jadi ingin beli semua jenisnya satu persatu.

Akhir kata semoga artikel terkait Ubud Art Market ini dapat berguna bagi anda dan selamat menikmati waktu berlibur! (nes)

Topik Terkait