img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupResep kwetiau goreng seafood spesial ala rumahan bisa kalian coba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan budget yang terjangkau. Kwetiau biasanya kita kenal sebagai olahan yang sering dijumpai di berbagai restoran. Olahan kwetiau goreng biasanya dicampurkan dengan menu seafood spesial yang dijajakan restoran seafood.

Hanya di restoran seafood saja kwetiau goreng juga sering kita jumpai di pedagang kaki lima penjual nasi goreng. Meskipun resep aslinya berasal dari daratan China, kwetiau menjadi salah satu kuliner yang cukup populer di Indonesia.

Terbuat dari sejenis mie berbahan dasar tepung beras, kwetiau di Indonesia kerap diolah menjadi beberapa menu seperti kwetiau siram, kwetiau kuah, dan tentunya kwetiau goreng. Untuk topping atau pelengkap resep kwetiau goreng bisa sangat beragam dan bisa dikreasikan.

Namun, untuk inspirasi resep kwetiau goreng ala Segari kali ini, kwetiau goreng akan diolah dengan bahan-bahan yang sederhana namun tetap bisa memberikan rasa lezat. Untuk kalian yang penasaran langsung saja simak resep kwetiau spesial berikut ini, jangan sampai di skip!

Biasanya orang-orang menikmati kwetiau goreng seafood dengan campuran topping yang beragam, serta memberikan cita rasa nikmat yang tak biasa. Tak heran jika salah satu menu yang ada pada penjual nasi goreng ini sangat diminati.

Makanan yang satu ini memang cukup terkenal dengan rajanya menu makan malam. Dapat disebut demikian karena memang di Indonesia kita dapat menemukan banyak sekali penjual nasi goreng yang berada di sepanjang jalan-jalan utama.

Selain mudah kita beli pada malam hari di penjual nasi goreng, ternyata cara membuatnya sangatlah mudah. Bahan-bahannya juga dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional, ataupun di penjual-penjual sayur di dekat rumah.

Selain itu, kita juga dapat mengkreasikan hidangan ini dengan berbagai macam bahan tambahan yang sesuai dengan selera kita. Misalnya dengan menambah ekstra sambal, topping pelengkap seperti sosis, daging sapi, dan bahan lainnya.

Yuk langsung saja scroll artikel berikut ini!

1. Resep Kwetiau Goreng Jawa

Pinterest
Foto : Pinterest

Ragam macamnya kwetiau yang dijual di pinggir jalan memang salah satunya yaitu adalah kwetiau khas dari Jawa. Kwetiau goreng jawa tersebut identik dengan sajian yang sederhana tanpa campuran seafood di dalamnya.

Jawa terkenal dengan makanannya yang manis, dan berbagai macam olahan yang memiliki banyak campuran rempah pada masakanya. Untuk itu kwetiau goreng khas Jawa memerlukan banyak bahan yang manis dan kental dan tak perlu banyak sambal serta cabai.

Hanya perlu merogoh kocek sedikit kalian sudah bisa merasakan kenikmatan kwetiau khas Jawa yang selalu menjadi incaran banyak orang. Jadi tunggu apa lagi untuk mencobanya di rumah langsung saja baca resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

✓250 gram kwetiau

✓1 potong paha ayam

✓5 buah bakso

✓2 buah cabai merah keriting

✓1 buah cabai rawit merah

✓1 buah tomat

✓1 buah wortel

✓5 tangkai caisim

✓75 gram taoge

✓2 sendok makan kecap manis

✓1 sendok teh garam

✓¼ sendok teh merica bubuk

✓2 sendok makan minyak

✓2 butir telur dadar

Bumbu utama yang dihaluskan:

•3 siung bawang putih

•7 butir bawang merah

•2 butir kemiri sangrai

•5 butir ebi

Cara membuatnya:

1. Rebus kwetiau, haluskan bumbu halus, iris ayam, cabai, tomat, bakso, wortel, dan caisim.

2. Tumis bumbu halus dengan minyak panas.

3. Masukkan potongan cabai merah dan cabai rawit kemudian tumis lagi sampai harum

3. Tambahkan ayam, bakso, dan wortel. Tumis sampai ayam matang.

4. Masukkan tomat, kemudian tumis sampai tomat layu dan masukkan kwetiau

5. Masukkan taoge kemudian bumbui dengan kecap, garam, dan merica. Aduk sampai rata.

6. Setelah matang, sajikan diatas piring dan beri telur dadar diatas kwetiau yang sudah matang

2. Resep Kwetiau Goreng Saus Tiram

Pinterest
Foto : Pinterest

Tak hanya kwetiau goreng biasa kali ini intip salep juga akan memberi resep ala rumahan yaitu kwetiau saus tiram. Selalu menjadi menu paling favorit di restoran seafood, kwetiau saus tiram memiliki cita rasa yang membuat nafsu makan kalian menjadi bertambah.

Gak usah khawatir jika kalian nggak mau ribet dengan membuat campuran saus tiram, cukup menggunakan Saori atau olahan saus tiram yang sudah tersedia di supermarket. Rasa saus tiram yang menyerap pada kwetiau tersendiri memberikan kenikmatan yang tak ada duanya.

Bahan-bahan:

•1 bungkus kwetiau (rebus, sisihkan)

•1 sachet Saus Tiram Selera

•2 sendok teh kecap manis

•minyak goreng secukupnya

•100 gr fillet daging ayam

•1 butir telur ayam

•20 gr taoge

•50 gr sawi hijau (potong 2 cm)

•1 sendok teh minyak wijen

Cara membuatnya:

1. Campur kwetiau dengan Saus Tiram Selera dan kecap manis. Aduk rata dan sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng, masukkan fillet daging ayam dan masak hingga berubah warna. Masukkan telur. Aduk-aduk hingga telur matang.

3. Masukkan kwetiau. Aduk dan masak hingga matang. Tambahkan taoge dan sawi. Aduk rata. Beri sedikit minyak wijen, matikan api.

4. Kwetiau Goreng Saus Tiram siap disajikan selagi hangat.

3. Resep Kwetiau Seafood Spesial

Pinterest
Foto : Pinterest

Kwetiau seafood spesial udang kali ini cocok untuk kalian yang sedang kangen menikmati hidangan di restoran seafood namun tidak bisa keluar rumah. Membuat menu ala rumahan yang enak, berhasil membuat keluarga kalian menjadi lebih betah.

Kwetiau seafood udang, selalu dicari banyak orang karena memiliki cita rasa yang berbeda dengan beliau pada umumnya. Aroma dari udang yang pekat dan menyatu dengan gurih manis dagingnya, menambah selera makan kwetiau goreng spesial menjadi lebih lahap.

Bahan-bahan:

✓6siung bawang putih, cincang

✓200g fillet dada ayam

✓300g udang, kupas, sisakan ekor

✓200g cumi, iris

✓5buah cabai merah, iris

✓500g kwetiau basah

✓3butir telur ayam, kocok lepas

✓200g taoge

✓150g kucai, potong 2 cm

✓3sdm minyak, untuk menumis

Cara membuatnya:

1. Panaskan minyak di atas api sedang, tumis bawang putih hingga harum.

2. Masukkan udang dan cumi, masak di atas api besar hingga berubah warna.

3. Masukkan cabai, aduk rata. Masak hingga hampir matang, masukkan kwetiau, telur, taoge, dan kucai, aduk rata.

4. Tambahkan kerupuk putih atau kerupuk udang pada saat kita memakannya. Kwetiau seafood spesial ini, wajib dibuat dengan rasa cinta.

Berbagai olahan resep kwetiau di atas bisa menjadi referensi kalian pada saat gabut dan bingung ingin masak apa di malam hari selain mie instan. Sepertinya kwetiau cocok dijadikan menu saat kalian lapar, dengan bahan-bahan seadanya yang tersedia di rumah dan toko-toko terdekat.

Gak ribet kan? Jadi tunggu apa lagi jangan lupa selalu nantikan resep-resep lainnya di artikel intipSeleb, Semoga bisa membantu anda. Jangan lewatkan kanal IntipSeleb gaya hidup, karena banyak sekali resep dan menu yang cocok menjadi referensi menu masakan sehari-hari kalian.

Topik Terkait