img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Pulau Dewata yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Pulau Bali memang banyak pilihan pantai yang indah namun belum terjamah.

Salah satunya, pantai Balangan ini yang jadi pantai dengan lokasinya tersembunyi di Bali bagian selatan. Karena memang untuk menuju pantai ini, kamu akan melewati jalan yang sempit dan tentunya jarang orang kunjungi.

Tidak seperti pantai Kuta yang sudah ramai oleh wisatawan. Bahkan jalannya pun sudah ramai kendaraan lalu-lalang. Karena pasti sebagian besar masyarakat mengunjungi objek wisata Bali paling banyak adalah pantai Kuta.

Pantai Kuta memang jadi ikonik destinasi wisatawan. Namun, kamu perlu tahu bahwa pantai yang memiliki pasir yang putih tidak hanya pantai Kuta saja.

Karena banyaknya pantai di Bali yang belum diketahui oleh masyarakat. Salah satunya pantai Balangan Bali.

Lantas bagaimana kamu aan ke lokasi ini? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Balangan

Pinterest
Foto : Pinterest

Pantai Balangan ini alamatnya berada di jalan pantai Balangan masuk ke dalam wilayah Desa Ungasan, kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Jika kamu mau ke pantai ini maka kamu perlu tahu bahwa lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat keramaian kota Denpasar.

Karena lokasi pantai Balangan ini dekat dengan lokasi pantai Dreamland (New Kuta Beach). Selan itu, pantai Balangan ini direkomendasikan untuk kamu yang memang ingin mencari ketenangan saat liburan di Bali.

Rute Menuju Pantai Balangan

Saran terbaik jika kamu ingin menuju ke pantai Balangan ini maka lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Karena jika kamu berharap akan angkutan umum, maka tidak akan ada angkutan umum yang ke lokasi pantai ini.

Rutenya dimulai menyusuri jalan Uluwatu, maka kamu akan bertemu dengan perempatan jalan. Setelah itu, beloklah kori untuk menuju jalan pantai Balangan.

Saat disepanjang jalan pantai Balangan, kamu akan menemukan jalan yang sempit dan bekelok. Hal itu karena aspal menuju jalan pantai Balangan ini kondisi jalannya tidak begitu bagus.

Setelah sampai di parkiran kendaraan, kamu masih terus berjalan menuruni beberapa tangga untuk menuju bibir pantai. Waktu yang dibutuhkan juga hanya sekitar 5 menit.

Waktu Tempuh Ke Balangan Beach Bali

Pantai Balangan lokasinya sangat berdekatan dengan pantai Dreamland hanya terpisah oleh tebing batu karang.

Walaupun jaraknya berdekatan namun, jarak tempuh menggunakan kendaraan memakan waktu sejauh 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Jika kamu berangkat dari Bandara International Ngurah Rai menuju ke lokasi Balangan Beach Bali, maka akan menempuh jarak 20 kilometer. Waktu perjalanan juga memerlukan sekitar 55 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kamu berangkat dari Echo Beach Canggu Bali, menuju Balangan Beach. Maka kamu akan menempuh jarak 34 kilometer dan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 15 menit.

Sebaliknya, jika kamu berangkat dari Mengiat Beach Nusa Dua. Maka jarak tempuhnya sekitar 18 kilometer drngan waktu tempuh 40 menit.

Transportasi Menuju Balangan Beach Bali

Jika kamu ingin mengunjungi Balangan beach, maka banyak pilihan kendaraan yang bisa kamu pilih. Disarankan kamu lebih baik menyewa kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil ya.

Ternyata transportasi umum dari area tempat wisata Bali selatan menuju Balangan beach yang tersedia saat ini hanya taxi meter, taxi online dan ojek online.

Namun, transportasi umum terbatas untuk menuju ke area utama pantai Balangan. Maka sebabnya, sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Balangan beach Bali menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil.

Jika kamu bingung untuk penyewaan mobil dan motornya. Maka kamu tidak perlu khawatir karena di Bali penyewaan motor dan mobil sangat banyak sehingga mudah untuk disewa.

1. Rental Sepeda Motor

Jika kamu memilih menginap pada area Bali selatan seperti Sanur, Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, maka lebih mudah untuk kamu menemukan rental motor.

Diketahui bahwa harga sewa motor di pulau Bali sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 / 24 jam tanpa BBM. Harga sewa pun tergantung dengan jenis motornya.

2. Sewa Mobil Bali

Jika kamu ingin menggunakan mobil, maka di Bali pun banyak penyewaan mobil baik dengan supirnya.

Untuk harga rental mobi Avanza tanpa sopir berkisar Rp 225.000 – 250.000 / 24 jam. Namun,bagi kamu yang belum pernah ke pantai Balangan Ungasan, disarankan kamu mencari jasa Bali sewa mobil dengan sopir.

Sekedar informasi bahwa kelebihan dalam menggunakan jasa sewa mobil di Bali dengan sopir ini terjamin kebersihannya. Hal ini karena sopir yang selalu membersihkan mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Balangan

Untuk dapat memasuki kawasan pantai Balangan, untuk saat ini pengunjung tidak di kenakan biaya tiket masuk.

Hanya saja, kamu akan di kenakan biaya parkir kendaraan. Biaya parkir roda dua senilai Rp5 ribu / motor. Sedangkan parkir mobil senilai Rp10 ribu.

Wisata menarik pantai Balangan

Pinterest
Foto : Pinterest

Balangan beach salah satu pantai pasir putih yang sangat terkenal di pulau Bali. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang diapit dengan batu karang yang tinggi.

Hal indah lainnya adalah letak pantai yang menghadap ke barat laut. Jadi ketika sore hari pemandangan sunset di Balangan beach sangat indah.

Maka dari itu, waktu yang terbaik adalah di sore hari saat Balangan beach mendapatkan sunset.

Pemandangan dan ombak yang indah dari Balangan beach ini tidak perlu diragukan lagi. Jadi banyaknya peselancar yang akan menikmati waktunya di pantai indah ini.

Tak hanya itu, area tebing tinggi juga sebagai spot populer wisatawan. Dari atas tebing kamu akan dapat melihat pemandangan pantai Balangan dengan sudut yang berbeda.

Kamu juga akan melihat garis pantai dengan bentangan pasir putih, dengan hamparan perairan laut berwarna biru.

Bahkan spot tebing ini dipakai juga untuk peselancar ketika berselancar di ombak yang indah tersebut.

Fasilitas di Balangan Beach

Balangan beach ini memiliki cara uniknya sendiri untuk kamu nikmati. Ketika kamu berada di Balangan beach ini maka kamu akan menemukan beberapa wisata yang wajib kamu coba.

Berikut beberapa ragam kegiatan menarik antara lain;

  • Kamu bisa menikmati berenang dan bermain air di pantai ini
  • Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas surfing,
  • Memancing, dan Kulineran di cafe.

Waktu yang tepat untuk kamu mengunjungi Pantai Balangan adalah ketika air laut sedang surut. Karena kamu dapat bermain air atau bahkan berendam diantara batuan karangnya.

Selain aktivitas di atas, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Balangan Beach atau Pantai Balangan antaranya:

  • Punya area parkir yang cukup luas, jadi kamu jangan khawatir kalau motor atau mobil kamu tidak bisa keluar karena padat pengunjung.
  • Pantai ini ternyata sebagai spot untuk prewedding.
  • Tersedia toilet
  • Terdapat kursi-kursi panjang yang diberi payung,
  • Cafe dan Restoran, dan Penginapan. (bbi)
Topik Terkait