img_title
Foto : Gmaps/Diannita Essa

IntipSeleb Gaya HidupPantai Lovina merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang patut anda kunjungi. Selain menawarkan pesona wisata pura khas peninggalan Kerajaan yang menarik, Bali juga dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Maka tak heran, jika destinasi wisata pantai di Bali selalu ramai pengunjung.

Salah satu pantai di Bali yang menjadi favorit kunjungan para turis adalah Pantai Lovina. Pantai yang terletak di Bali Utara di pesisir utara Pulau Bali atau berkisar 10 km arah barat Singaraja ini memiliki daya tarik tersendiri.

Tak hanya bisa melihat pasir pantai yang bersih saja, namun anda akan diajak merasakan pengalaman melihat lumba-lumba dari jarak dekat lho! Penasaran tentang hal menarik apa saja yang ada di Pantai Lovina? Yuk simak artikel di bawah ini hingga selesai.

Pantai Lovina

gmaps/Muhammad Umar
Foto : gmaps/Muhammad Umar

Di wisata yang satu ini, anda akan melihat sebuah tugu yang di atasnya ada patung lumba-lumba lucu. Karena memang daya tarik utama dari Pantai Lovina adalah anda bisa melihat lumba-lumba dari jarak dekat.

Pantai Lovina berada di desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika memang berniat untuk datang, anda bisa menyesuaikan waktunya terlebih dahulu, terkhusus untuk anda yang berasal dari Denpasar. Sebab, lokasi pantai yang bersebrangan dengan Denpasar membuat anda perlu melakukan perjalanan yang sedikit menyita waktu.

Jika berasal dari Denpasar, anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 setengah jam untuk tiba di Pantai ini. Kendati demikian, dijamin rasa lelah di perjalanan akan segera berganti menjadi kenangan manis sesaat tiba di Pantai Lovina.

Harga tiket masuk Pantai Lovina

gmaps/Muhammad Umar
Foto : gmaps/Muhammad Umar

Untuk anda yang sedang berlibur, merencanakan biaya berlibur menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui harga tiket masuk tempat wisata yang hendak dikunjungi. Jika anda ingin datang ke wisata populer ini, anda tak perlu khawatir soal biaya tiket.

Pasalnya, kamu bisa mengunjungi Pantai Lovina kapan saja alias gratis! Belum lagi Pantai ini buka selama 24 jam, jadi untuk anda yang tak bisa datang di akhir pekan atau hari libur, bisa menyesuaikan waktu dengan datang di hari biasa.

Daya tarik Pantai Lovina

gmaps/made suka
Foto : gmaps/made suka

Setiap tempat wisata, pasti memiliki pesona atau daya tariknya masing-masing. Tak terkecuali Pantai Lovina. Ada banyak hal menarik yang akan ada temui jika berkunjung ke Pantai yang satu ini. Kira-kira ada apa saja, ya? Yuk simak deretan daya tarik Pantai Lovina berikut ini.

1. Melihat lumba-lumba

gmaps/Sultan Syahrul Ramadhan
Foto : gmaps/Sultan Syahrul Ramadhan

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Lovina adalah anda akan mendapatkan pengalaman baru untuk melihat lumba-lumba. Maka tak heran jikalau pengunjung yang datang memang memiliki tujuan utama melihat kawanan lumba-lumba yang berenang di sekitar Pantai.

Untuk melihat lumba-lumba, anda perlu menyewa perahu terlebih dahulu. Untuk biayanya, per orang akan dipatok harga mulai dari Rp50.000, atau jika anda datang bersama rombongan, anda bisa menyewa perahunya sekaligus. Satu perahu bisa mencakup 5 orang penumpang, jika sewa satu perahu harganya bisa jauh lebih murah dibanding per orang.

Harga tersebut tentunya cukup pas jika ditukar dengan pengalaman seru dan jarang anda dapatkan. Kapan lagi bukan, melihat lumba-lumba langsung berada di habitatnya. Kendati demikian, kami perlu mengingatkan bahwa harga yang dicantumkan bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi patokan anda dalam menentukan biaya berlibur.

Perlu diperhatikan bahwa waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba adalah di waktu 6 – 8 pagi. Ada sedikit tips untuk anda yang ingin melihat lumba-lumba dengan momen terbaik. Lebih baik untuk datang di April hingga Oktober, sebab lumba-lumba akan sulit terlihat jika musim kemarau.

2. Sunrise dan sunset terbaik

gmaps/Tri Capri
Foto : gmaps/Tri Capri

Adakah di sini para pencari sunset? Atau ingin jalan-jalan santai sambil melihat pemandangan matahari terbit yang indah? Di Pantai Lovina, anda akan diberikan spot terbaik untuk melihat semua itu. Pantai memang kerap kali menjadi spot melihat matahari terbenam.

Di sini, dengan pemandangan hamparan laut yang luas, anda akan melihat indahnya momen saat matahari perlahan turun dan berganti dengan bulan. Semburat langit yang perlahan berubah jingga hingga merah muda berpadu dengan gelapnya langit, akan semakin menghipnotis siapapun yang melihatnya.

Momen ini tentunya akan semakin menyenangkan bila anda menikmatinya dengan orang terkasih sambil duduk santai, ditemani semilir angin pantai yang menyejukkan.

3. Snorkeling

gmaps/bgustada
Foto : gmaps/bgustada

Untuk anda yang suka menyelam, anda bisa mencoba sensasi snorkeling di Pantai Lovina. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan aneka ikan yang cantik seperti Bintang Laut Biru, Moorish Idol dan lain sebagainya. Untuk biaya snorkeling, anda akan dipatok biaya kisaran Rp70.000 per orang.

Sekadar informasi bahwa Pantai Lovina menjadi salah satu tempat konservasi terumbu karang serta biota lautnya yang mempesona. Maka jangan heran jika banyak pula pengunjung yang datang untuk mencoba pengalaman melihat secara langsung keindahan bawah laut dari Pantai Lovina.

4. Bermain pasir pantai

gmaps/Frischa Marlina
Foto : gmaps/Frischa Marlina

Tahukah anda bahwa pada dasarnya, Pantai memiliki dua jenis pasir, yakni pasir putih dan pasir hitam. Di Pantai Lovina ini, memiliki pasir hitam yang menimbulkan kesan eksotis dan cantik. Anda bisa berjalan santai di pinggiran laut hingga deburan ombak mengenai kaki.

Selain itu, anda juga bisa bermain pasir pantai dengan seru dan menyenangkan. Pasir di Pantai ini juga cukup bersih, jadi tentunya ini menjadi hal yang nyaman untuk para pengunjung.

5. Spot foto

gmaps/Hari Farisca
Foto : gmaps/Hari Farisca

Sekarang, tak berfoto rasanya tak lengkap. Banyak sekali orang yang kini datang ke tempat wisata yang memiliki spot foto menarik agar bisa menghiasi feed Instagram. Meski secara khusus tak benar-benar menyediakan spot foto, namun pemandangan alam nan indah dari Pantai Lovina bisa menjadi background foto yang cantik bagi anda.

Belum lagi jika saat sunset, anda bisa coba foto hingga membentuk siluet di kamera. Tentunya ini akan menjadi hasil gambar yang menarik karena lebih menonjolkan keindahan langit jingga, lengkap dengan siluet misterius di dalam foto tersebut.

Fasilitas di Pantai Lovina

gmaps/Adi Arifin
Foto : gmaps/Adi Arifin

Fasilitas di Pantai Lovina pun cukup memadai, ada toilet, pedagang yang menjual makanan hingga area parkir untuk memarkirkan kendaraan. Lalu untuk anda yang masih betah berlama-lama di Pantai ini, di sekitaran lokasi wisata juga banyak pula Hotel yang bisa anda kunjungi dan dijadikan tempat menginap. Jadi jika anda yang memang harus menempuh perjalanan jauh, bisa istirahat sejenak di Hotel sebelum melanjutkan perjalanan.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Pantai Lovina. Jika sedang berada di Bali, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Tentunya pengalaman yang ada di Pantai ini tidak akan dengan mudah kamu temui di tempat lain.

Terakhir untuk informasi harga tiket pantai, kami ingatkan kembali bahwa harga tersebut bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (jra)

Topik Terkait