img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb Gaya HidupDoa bangun tidur harus dilafalkan saat kamu membuka mata dari tidur yang lelap. Jika sebelum tidur kamu telah berdoa, maka saat bangun pun, doa bangun tidur juga harus diucapkan. Saat kamu tertidur, semua organ di tubuh kamu diistirahatkan. Sehingga ibarat kata, raga mu pun asyik berpergian ke alam mimpi.

Di mimpi, kamu pun banyak mengalami kejadian-kejadian, mulai dari yang aneh, lucu, menyeramkan, sedih, dan berbagai perasaan yang timbul. Sampai akhirnya kamu kembali dalam tubuh dan kamu dapat terbangun di tubuh kamu. Sebagai bentuk dari rasa syukur, doa bangun tidur menjadi tanda berterima kasih kepada Allah SWT yang masih memberikan kamu nikmat sehat.

Agar semakin sehat di keseharian, kamu perlu menjaga waktu jam tidur. Di mana minimalnya kamu harus tidur selama kurang lebih 7-8 jam perhari. Jangan sampai begadang, lantaran akan menganggu sistem tubuh kamu yang akan menyebabkan berbagai efek. Mulai dari efek merasa terus lapar hingga membuat bobot berat tubuh kamu bertambah, kantung mata lebih hitam, dan lain sebagainya.

Kira-kira seperti apakah bunyi dari doa bangun tidur? Penasaran? Yuk simak artikel selengkapnya di bawah untuk tahu doa bangun tidur serta doa-doa lain yang dapat menemani hari-hari indah mu, check it out!

1. Doa Bangun Tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

2. Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan."

3. Al-Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

ar-raḥmānir-raḥīm

Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

māliki yaumid-dīn

Pemilik hari pembalasan.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

ۙihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

4. Doa-doa Pagi Hari

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya :“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dan dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami akan kembali.” (HR Abu Dawud, At – Turmudzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya)

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya :“Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka dan siksa kubur.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus : Darul Mallah, 1971 M/1391 H] hlm.64)

5. Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah SWT yang hidup kekal lagi terus – menerus mengurus seluruh makhluk-Nya. Allah tidak mengantuk dan Allah tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa – apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa – apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Itulah beberapa doa bangun tidur serta doa-doa di pagi hari yang bisa kamu panjatkan saat memulai hari-hari. Ingat, tak ada hari yang buruk namun hanyalah situasi hati yang buruk. Sehingga dengan melafalkan doa bangun tidur dan doa pagi hari lainnya, hari-hari kamu dapat terasa lebih indah. Bahkan menjadi ringan berkat doa bangun tidur dan keyakinanmu atas Allah SWT.

Selain melafalkan doa bangun tidur, kamu bisa ikuti tips di bawah ini agar hari mu semakin ceria. Pertama, bangunlah saat di pagi hari, karena dengan bangun lebih cepat akan menaikkan mood kamu kedepannya. Kemudian tulislah aktivitas yang akan kamu lakukan hari ini hingga detail.

Hal ini dapat membantu kamu untuk menyelesaikan aktifitas di hari tersebut agar merasa terjadwal, tak terburu-buru, dan sesuai dengan porsinya sehingga semua bisa diselesaikan. Kemudian olahragalah, mulai dari kecil seperti jalan santai menikmati kicauan burung pagi atau workout selama 10 menit.

Biar kecil namun jika dilakukan secara konsisten akan membawa perubahan dalam hidup kamu loh, coba saja! Tapi jangan lupa untuk doa bangun tidur dulu paling penting. (bbi)

Topik Terkait