img_title
Foto : Instagram/@maybelin_ma

IntipSeleb Gaya Hidup Resep cumi saus tiram sebenarnya mudah. Untuk anda yang merupakan pecinta makanan laut, bisa juga menjadikan masakan cumi saus tiram sebagai selingan menu utama di rumah. Sejak dulu, cumi-cumi memang sudah sering kali dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai salah satu olahan menu makanan.

Olahan cumi pun beragam, ada cumi kering, cumi asap, cumi asin, cumi hitam, cumi asam manis, hingga cumi saus tiram. Daging cumi-cumi yang kenyal dan rasanya enak, membuat banyak orang yang gemar menyantap hidangan ini. Jadi tak heran jika berbagai jenis olahan cumi bisa anda jumpai dengan mudah di berbagai restoran seafood atau lainnya.

Banyak pula resep cumi yang menjadi favorit, misalnya saja cumi crispy yang sering dijadikan camilan santai sambil menonton film atau lain halnya. Atau cumi saus tiram yang menjadi pelengkap makan anda dengan nasi putih hangat.

Lantas sudah tahukah kamu bagaimana resep cumi saus tiram? Bahan-bahan yang mudah ditemui dan juga cara mengolahnya yang tak ribet, cocok untuk anda kamu yang baru belajar masak atau ingin coba masak, masakan yang simpel, boleh dicoba beberapa resep cumi saus tiram yang kemi rekomendasikan berikut ini.

1. Resep cumi saus tiram

www.freepik.com/topntp26
Foto : www.freepik.com/topntp26

Bahan cumi saus tiram:

- 500 gram cumi
- 3 buah tomat merah
- 6 cabe rawit
- 10 cabe merah besar
- 1 buah bawang bombai
- 3 siung bawang putih
- 3 butir bawang merah
- 1 batang daun bawang

- 1 sdt garam
- 1 sdm saus tomat
- 3 sdm air jeruk nipis
- 1 sdm kecap manis
- 1 sachet saus tiram
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt bubuk kaldu
- 200 ml air
- minyak Goreng secukupnya

Resep cumi saus tiram atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah potong-potong cumi kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, tambahkan 3 sdm perasan jeruk nipis agar menghilangkan bau amis pada cumi.
2. Lalu haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit bersama dengan 1 sdt garam. Jangan lupa potong juga bwang bombay sesuai dengan selera.
3. Kemudian, tumis irisan bawang bombay hingga setengah lalu dan harum, kemudian tambahkan bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan.
4. Jangan lupa tambahkan irisan cabai merah. Aduk-aduk sebentar, kemudian tambahkan saus tomat, kecap manis, bubuk kaldu, dan juga gula pasir. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.

5. Selanjutnya, masukan bahan utamanya yakni cumi yang air bekas perasan jeruknya telah dibuang terlebih dahulu. Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.
6. Lalu tambahkan air dan masak hingga cumi matang atau air meresap ke dalam cumi. Kurang lebih selama 20 menit.
7. Setelah itu, jangan lupa tambahkan saus tiram dan aduk-aduk sebentar.
8. Tambahkan irisan tomat (ini opsional) dan anda bisa koreksi rasa. Jika sudah pas tambahkan irisan daun bawang, aduk sebentar kemudian angkat.
9. Cumi saus tiram siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Zasanah San

2. Resep cumi saus tiram

Instagram/@asrikusma
Foto : Instagram/@asrikusma

Bahan-bahan cumi saus tiram:

- 500 gram cumi-cumi
- 1 buah bawang bombay
- 3 siung bawang putih
- 1 buah cabe rawit besar
- 3 cabe merah
- 1 ruas jahe
- daun bawang secukupnya
- 1 sdm saori saus tiram
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm saus pedas
- 1 sdt garam
- 1 sdt penyedap rasa atau kaldu jamur
- setengah sdt lada
- 1 buah jeruk nipis

Resep cumi saus tiram atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah potong cumi sesuai selera, kemudian cuci bersih setelah itu beri perasan jeruk nipis agar menghilangkan bau amis dari cumi-cumi.
2. Kemudian potong dan cincang bawang bombay, bawang putih, daun bawang, geprek jahe, potong cabe merah dan cabe rawit.
3. Setelah itu panaskan minyak pada wajan, tumis bawang bombay, bawang putih, cabe merah ,cabe rawit. Tambahkan pula geprekan jahe dan aduk hingga harum dan kecokelatan.
4. Selanjutnya, masukan saus tomat, saus pedas, saori saus tiram, aduk-aduk sebentar kemudian tambahkna air secukupnya dan aduk kembali sampai rata
5. kemudin tambahkan garam,penyedap rasa atau kaldu jamur, dan lada. Aduk sebentar baru ditambahkan cumi-cumi

6. Lalu masukan daun bawang dan aduk aduk sampai rata. Jangan lupa koreksi rasa.
7. Diamkan beberapa saat supaya masakan (cumi saos tiram matang)
8. Setelah matang, angkay dan cumi saus tiram siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Budi Lupi Channel

3. Resep cumi saus tiram

Instagram/@ewirat_myhomecook
Foto : Instagram/@ewirat_myhomecook

Bahan-bahan cumi saus tiram:

- 500 gram cumi-cumi
- 5 buah cabe merah
- 5 siung bawang merah
- gula
- garam
- penyedap rasa
- 1 sachet saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm saus sambal
- 6 sdm jeruk nipis (3 sdm untuk perasan dan 3 sdm untuk dimasak)

- 2 buah tomat
- 5 buah cabe merah
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah

Resep cumi saus tiram

1. Langkah pertama adalah potong-potong cumi kemudian dicuci bersih. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari cumi-cumi.
2. Lalu potong atau iris tipis 5 siung bawang merah dan juga 5 buah cabe merah Kemudian haluskan 2 buah tomat, 3 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah
3. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis irisan cabai dan bawang merah, setelah harus, tambahkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.
4. Setelah harum dan setengah matang, tambahkan potongan cumi yang telah dicuci bersih sebelumnya. Aduk-aduk kemudian tambahkan perasan jeruk nipis.

5. Selanjutnya masukan saus sambal, saus tiram, kecap manis, saus tomat dan juga garam, penyedap dan gula. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
6. Masak sebentar, dan jangan lupa untuk koreksi rasa. Jika sudah pas, aduk sebentar.
7. Angkat dan cumi saus tiram siap disajikan.

Sumber resep YouTube Resi Citra M

Demikian adalah sederet resep saus tiram yang bisa anda coba di rumah. Pada dasarnya ada banyak sekali resep dari saus tiram. Anda juga bisa mencoba bereksperimen dengan menciptakan menu baru yang sesuai dengan keinginan anda.

Kendati demikian, kami juga berharap bahwa beberapa resep cumi saus tiram di atas bisa menjadi inspirasi anda untuk memasak di rumah. Jika tak cukup dengan penjelasan berupa teks, anda juga bisa mengunjungi channel YouTube yang telah dicantumkan di atas jika anda ingin melihat resep dan cara pembuatannya yang lebih jelas.

Akhir kata semoga artikel timeless terkait resep cumi saus tiram ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba! (nes)

Topik Terkait