img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Siapa yang tak suka olahan bolu? Jelas bolu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kue. Namun sudahkah kalian mencoba untuk membuat bolu tape dengan resep yang terpercaya?

Kali ini sobat Intipseleb akan mengajak kalian untuk melihat resep bolu tape spesial sudah pasti gurih dijamin mengembang sempurna. Nah pertama-tama kalian harus memilih jenis tape yang digunakan untuk proses pembuatan bolu.

Di sini kita memakai tape singkong yang difermentasi, atau lebih dikenal dengan sebutan 'peyeum Bandung'. Tape memiliki ciri khas rasa yang enak manis asam dan menyegarkan.

Meskipun aromanya sedikit seperti alkohol karena proses pembuatannya, tetapi tape tidak memabukkan. Biasanya, tape digunakan untuk olahan es campur. Bolu tape biasanya memiliki aroma yang wangi, tekstur lembut, dan rasa yang sedikit asam atau segar karena kombinasi tapenya.

Untuk dicampurkan dengan adonan bolu, tape singkong harus dipastikan benar-benar matang dan empuk sempurna. Karena Jika belum matang seutuhnya, cita rasa yang didapat pada bolu tape nanti pasti tidak maksimal.

Biasanya bolu tape disajikan dengan dipanggang lalu di atasnya ditaburi parutan keju yang berlimpah, ataupun bisa dicampurkan dengan toping yang lainnya. Nah yang nggak mau ribet, dan ingin bolu tape dengan rasa maksimal kalian bisa mencoba membuatnya di rumah dengan resep ini.

Sudah pasti bolu tape bikinan sendiri untuk hidangan temen ngopi dan ngeteh keluarga, memiliki rasa spesial karena proses pembuatannya yang memakai cinta. Untuk itu langsung saja yuk Scroll artikel berikut ini dan jangan lupa bagikan resepnya kepada keluarga ataupun teman dekat lainnya.

1. Resep Bolu Tape Keju Panggang

Pinterest
Foto : Pinterest

Bolu tape keju panggang adalah perpaduan yang cocok dan pas untuk menjadi satu kolaborasi hidangan yang nikmat. Gurih yang terdapat dalam parutan keju yang dicampurkan dengan adonan ataupun dijadikan topping di atasnya membuat cita rasa bolu tape sendiri menjadi lebih sempurna.

Kesegaran tape dan rasa manis yang pas tak membuat kita menjadi terlalu banyak menggunakan gula untuk proses membuat adonan bolu tape keju panggang tersebut. Nah untuk itu mari kita intip apa saja bahan yang diperlukan pada saat proses pembuatan bolu tape keju panggang di rumah?

Bahan-bahan:

✓700 gram tape singkong

✓100 gram gula pasir

✓100 gram tepung terigu segitiga

✓175 gram margarin Blue Band

✓4 butir telur ukuran sedang

✓1 kuning telur untuk olesan

✓100 gram kental manis

✓100 gram keju cheddar Kraft

✓Loyang 18.5

Cara membuatnya:

1. Buang serat tape singkong. Kemudian tuangkan susu kental manis. Uleni hingga lembut merata, buang bagian tape yang keras.

2. Tambahkan gula pasir, margarin dan telur. Aduk hingga rata.

3. Tambahkan tepung terigu, aduk lagi rata.

4. Selanjutnya oleskan margarin pada loyang, lalu tabur sedikit tepung supaya tidak lengket. Tuang adonan dan ratakan permukaannya. Adonan sangat kental.

5. Panggang adonan kurang lebih selama 20 menit dengan suhu 180°C atau hingga permukaannya agak set.

6. Keluarkan dari oven, oles permukaannya dengan kuning telur, lalu beri taburan keju parut.

7. Panggang lagi hingga matang, sekitar 30 menit dengan menggunakan api bawah, dan 15 menit api atas hingga matang. Atau sesuaikan suhu oven masing-masing. Jangan lupa tes tusuk, pastikan bagian dalam prol tape sudah matang.

8. Prol tape yang jadi tingginya sekitar 3cm, tidak terlalu tipis juga tidak terlalu tinggi, pas banget.

9. Potong-potong sesuai selera, sajikan

2. Resep Bolu Tape Kurma Kismis

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain menjadi camilan yang enak dan juga nikmat bolu tape kali ini akan dicampurkan dengan beberapa bahan yang memiliki kandungan vitamin sangat tinggi. Kurma adalah salah satu buah spesial yang sering kali dinikmati pada saat momen Ramadan.

Namun kali ini kita akan coba membuat bolu tape kurma kukus dengan toping kismis dan juga kurma segar. Nah penasaran kan dengan rasa yang antara kurma dan kismis saat disatukan dalam olahan bolu? Simak saja resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

✓Butter atau margarin, lelehkan - 125 gram

✓Gula pasir - 150 gram

✓Telur - 4 butir

✓Emulsifier - 1 sdt

✓Tape singkong yang lembek, haluskan - 250 gram

✓Terigu protein sedang - 180 gram

✓Susu bubuk - 15 gram

✓Tepung maizena - 20 gram

✓Vanili - 1 sdt

✓100 gram kurma

✓kismis

Cara membuatnya:

1. Campur telur, gula, dan emulsifier. Kocok menggunakan mixer hingga rata dan mengembang.

2. Masukkan secara bertahap (sedikit demi sedikit) tape, kurma, terigu, maizena, susu bubuk, dan vanili sambil terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang, sampai tercampur rata.

3. Masukkanlelehan margarin, aduk menggunakan spatula.

4. Tuang adonan ke dalam loyang hingga ¾ bagiannya.

5. Taburiatasnya dengan kismis.

6. Oven selama dalam suhu 175°C selama 35 menit hingga matang.

3. Resep Bolu Tape Kukus

Pinterest
Foto : Pinterest

Tak hanya dipanggang namun proses pembuatan bolu tape juga bisa disajikan dengan cara dikukus. Jika kalian tidak memiliki oven dan pemanggang lainnya, tenang saja bolu tape bisa dikukus namun tidak akan gagal.

Rasanya tetap sama sama-sama enak gurih dan menyegarkan karena perpaduan antara tape dan adonan bolu tersebut menjadi kesatuan yang sangat lezat.

Bahan-bahan:

✓2 Butir telur

✓100 gr Gula pasir

✓100 gr Tape singkong (haluskan)

✓200 gr Terigu

✓2 sdm Susu bubuk

✓25 gr sdm Mentega (lelehkan)

✓60 gr Manisan buah/sukade

✓½ sdm Ragi instan

✓1 sdm Gula pasir

✓100 ml Air hangat

Cara membuatnya:

1. Campur ragi instan, gula pasir dan air hangat, aduk rata lalu tutup. Diamkan hingga berbuih.

2. Campurkan gula pasir dan telur, kocok dengan ballon whisk hingga gula larut atau warnanya pucat.

3. Tambahkan tape dan aduk rata sehingga tidak ada tape yang menggumpal. Jika perlu, saring adonan agar hasil adonan licin dan halus.

4. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, lalu tuang larutan ragi instan. Aduk rata.

5. Tuangkan mentega cair. Aduk balik hingga benar-benar tercampur rata dan tidak ada cairan yang mengendap.

6. Diamkan adonan selama 50 menit dan tutup dengan kain bersih.

7. Masukkan dalam loyang tulban diameter 20 cm dan tinggi 8 cm yang telah dioles margarin dan bagian alasnya dilapisi baking paper. Ratakan adonan, lalu taburi dengan sukade.

8. Kukus 30 menit dengan api sedang. Jangan lupa panaskan kukusan terlebih dahulu.

9. Setelah matang, angkat dan lepaskan dari loyang.

Gimana sobat intipseleb mudah bukan cara membuat bolu tape nikmatnya bisa kalian panggang atau ataupun kukus rasanya tetap sama saja tidak mengurangi kenikmatan dan rasa gurih pada bolu tape tersebut.

Jangan lewatkan untuk membaca selalu resep yang dibagikan oleh timeless intipSeleb, dan selamat mencobanya di rumah.

Topik Terkait