img_title
Foto : Gmaps/R. A

IntipSeleb Gaya HidupTaman Nasional Bali Barat merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Bali. Bali memang memiliki beragam pesona tersendiri untuk tempat wisatanya, kali ini, Taman Nasional Bali Barat tak mau ketinggalan unjuk gigi untuk menunjukkan keindahan alamnya.

Taman Nasional Bali Barat atau TNBB memiliki hutan lebat, pesona keindahan laut dan pantai hingga satwa lucu yang bisa anda temui. Berlokasi di kawasan Buleleng dan Jembrana, TNBB ini memiliki luas mencapai 19.002,89 Ha. Sementara kawasan terestrialnya seluas 15.587,89 Ha dengan luas perairannya yakni 3.415 Ha.

Selain itu, Taman Nasional bali Barat juga diperuntukan untuk konservasi. Ingin tahu lebih lanjut dari TNBB? Simak hal menarik hingga harga tiket masuk dari TNBB berikut ini.

Taman Nasional Bali Barat

gmaps/Wm Godfrey
Foto : gmaps/Wm Godfrey

Taman Nasional Bali Barat buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 WITA. Jadi untuk anda yang tidak bisa datang di akhir pekan bisa merencakan datang di hari biasa. Pada dasarnya, Taman Nasional Bali Barat dijadikan sebagai tempat konservasi, yakni sebagai berikut:

1. Dijadikan sebagai tempat perlindungan populasi Jalak Bali serta ekosistem lainnya. Misalnya saja terumbu karang, mangrove, hutan, pantai hingga pegunungan. Maka sebab itu, tempat ini berusaha untuk menjaga tempat tersebut sesuai dengan aslinya.

2. Pengawetan segala jenis ragam flora dan fauna beserta habitatnya. Hal ini untuk melindungi dan mengembalikan keaslian dari tempat tersebut. Selain itu berguna untuk melindungi dan mengembangkan populasi dari ragam jenis genetik yang ada di TNBB.

3. Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya untuk dijadikan laboratorium lapangan bagi para peneliti untuk mengembangkan ilmu dan teknologi. Tempat pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan, objek wisata pada area khusus serta menunjang budaya penangkaran jenis flora dan fauna dalam rangka memenuhi kebutuhan protein, binatang kesayangan hingga tumbuhan obat-obatan.

Lokasi wisata TNBB ini ada di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana, Bali. Karena berada di ujung pulau Bali, maka jika anda datang dari Denpasar, memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk berkendara.

Jadi usahakan anda memperhatikan waktu agar waktu kunjungan anda berjalan dengan baik selama berada di sana. Untuk mengetahui hal menarik yang ada di Taman Nasional Bali Barat, berikut ini ulasannya.

Daya tarik Taman Nasional Bali Barat

gmaps/Satyam
Foto : gmaps/Satyam

Memiliki keindahan alam yang luar biasa, anda akan dibuat takjub dengan pemandangan yang anda dapati di TNBB. Kira-kira ada hal menarik apa saja ya yang bisa anda temui, simak lengkapnya berikut ini.

1. Aneka satwa

gmaps/Nadya Adzhar
Foto : gmaps/Nadya Adzhar

Sebagai tempat konservasi, di sini anda bisa melihat beragam jenis satwa. Kabarnya, ada kurang lebih 160 spesies hewan yang dilindungi di taman ini. Hewan tersebut di antaranya adalah, Rusa, Lutung, aneka burung, Banteng dan lain sebagainya.

Di sini anda juga akan dibuat terkagum dengna satwa utamanya yakni burung jalak bali yang keberadaannya mulai langka atau hampir punah. Jika membawa anak-anak, tentunya bisa menambah ilmu pengetahuan mereka dengan mengenal jenis-jenis hewan.

2. Pemandangan alam yang indah

gmaps/Aksioma Griyabaskara
Foto : gmaps/Aksioma Griyabaskara

Taman Nasional Bali Barat memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Di sini tak hanya menyuguhkan pemandangan laut biru saja, namun juga pemandangan lain seperti gunung, hutan dan lain sebagainya. Untuk anda yang penat usai berkutat dengan segala rutinitas sehari-hari, berkunjung ke sini bisa menjadi alternatif healing untuk anda.

Setidaknya anda bisa duduk-duduk santai di pinggir pantai atau bermain air laut di pinggiran. Anda juga mengeksplor alam sekitar dengan melihat lebatnya hutan dan lain sebagainya. Tentunya perjalanan liburan anda kali ini akan terasa berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

3. Ada wisata lainnya

gmaps/aloisia arie
Foto : gmaps/aloisia arie

Taman Nasional Bali Barat memang sebuah wisata, namun ternyata di dalam tempat wisata ini ada wisata lainnya. Wah membayangkannya saja sudah terasa seru ya. Di sini ada Pura Pulaki, Sumber air panas, Terumbu Karang, Candi Taman Sari dan Pura, Pusat Penangkaran Jalak Bali, Wisata Landscape dan Pulau dan masih banyak lagi.

Jadi ketika anda datang ke sini, anda bisa mampir ke tempat-tempat tersebut agar perjalanan liburan anda semakin seru dan menyenangkan.

4. Snorkeling

gmaps/Slurpee Lemon
Foto : gmaps/Slurpee Lemon

Untuk anda yang gemar menyelam dan snorkeling, anda bisa melakukan aktivitas tersebut di sini. Dengan keindahan bawah laut yang luar biasa, maka anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan yang anda lihat. Anda bisa menyewa peralatan menyelam dan snorkeling dengan harga yang telah tercantum di atas.

Pengalaman snorkeling ini akan membuat anda merasakan pengalaman berenang bersama dengan ikan-ikan laut kecil yang cantik dengan terumbu karang yang masih lestari. Tak hanya snorkeling saja, sebenarnya ada banyak kegiatan lainnya yang bisa anda rasakan.

Oleh sebab itu, anda bisa mencari tahunya secara langsung dengan datang ke TNBB jika ada kesempatan.

Fasilitas Taman Nasional Bali Barat

gmaps/Oyi Kresnamurti
Foto : gmaps/Oyi Kresnamurti

Tempat wisata yang satu ini, memiliki sederet fasilitas yang mempuni. Di antaranya adalah area pondok, rumah makan, perahu motor, pusat informasi, wisata cinta alam, tempat berkemah dan lain sebagainya.

Untuk anda yang muslim, ada juga area yang dijadikan sebagai musala untuk beribadah. Tempat ini juga tentunya lengkap dengan toilet.

Harga tiket masuk dan harga wahana Taman Nasional Bali Barat

gmaps/uconk com
Foto : gmaps/uconk com

Sebelum berpergian, tentunya anda perlu tahu mengenai biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlibur. Untuk sebagian orang, menentukan biaya berlibur adalah hal yang penting. Hal ini agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi rencana dana yang telah dibuat.

Untuk anda yang hendak datang ke TNBB, tak perlu khawatir, sebab biaya tiket masuknya cukup terjangkau. Berikut adalah harga tiket masuknya:

- Harga tiket masuk hari biasa: Rp10.000
- Harga tiket masuk hari libur: Rp15.000
- Harga tiket masuk wisatawan asing hari biasa: Rp200.000
- Harga tiket masuk wisatawan asing hari libur: Rp300.000

Harga masuk kendaraan di TNBB

- Motor: Rp5.000
- Mobil: Rp10.000
- Sepeda: Rp2.000
- Bus: Rp50.000
- Kapal Motor: Rp100.000
- Kapal Motor besar: Rp150.000

Harga aktivitas atau wahana TNBB

- Berkemah: Rp5.000
- Penelusuran Hutan: Rp5.000
- Pengamatan Hidupan Liar: Rp10.000
- Menyelam: Rp25.000
- Snorkeling: Rp15.000

- Untuk bawa handycam: Rp1.000.000
- Kamera: Rp250.000

Harga tersebut bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola Taman Nasional Bali Barat.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Taman Nasional Bali Barat. Perlu diingatkan kembali bahwa harga yang tercantum di atas bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Kendati demikian kami berharap agar harga tersebut bisa menjadi patokan anda dalam menentukan biaya berlibur.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga tiket dan lain sebagainya, anda bisa mengunjungi link berikut ini linktr(dot)ee/btn_balibarat. Akhir kata kami berharap agar artikel di atas berguna bagi anda dan selamat berlibur! (jra)

Topik Terkait