img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Tanda-tanda hamil muda ada yang terasa dan ada yang tidak sadar bahwa sedang mengalami perubahan pada tubuhnya. Pasalnya tanda-tanda hamil muda banyak ditemui jika kamu mulai merasakan dan menebak-nebak apakah kamu sedang mengandung atau ini hanya sebuah perasaan lewat saja.

Ada yang menunggu kehamilan dan ada juga yang tak sengaja untuk memiliki penerus. Sehingga mengetahui tanda-tanda hamil muda menjadi sebuah hal pas untuk dicari tahu. Wanita diberikan kuasa oleh Sang Maha Pencipta memiliki rahim untuk melahirkan sebuah generasi selanjutnya. Sehingga gejala pada setiap wanita tentunya berbeda. Bahkan banyak yang tak sadar jika sedang mengalami kehamilan, lantaran tanda-tanda hamil muda dan menstruasi biasanya hampir sama.

Mungkin sebelum memasuki tanda-tanda, alangkah kamu mengetahui seperti apa ciri-ciri wanita yang sedang hamil untuk meyakinkan bukan?

1. Ciri-ciri Wanita Hamil

1. Telat menstruasi

Kodrat sebagai wanita ialah menstruasi, di mana pastinya sebagai perempuan akan mengalami siklus pembuangan darah kotor di tubuh sebulan sekali atau 28 hari sekali normalnya. Namun ada yang lebih dari 28 hari ataupun sebaliknya.

Jika kamu tidak mengalami menstruasi lebih dari 1 bulan atau menuju hampir 2 bulan, segerakan dirimu untuk mengecek ke dokter. Jika kamu yakin dari hari pertama terakhir haid kamu berhubungan badan, maka kemungkinan besar kamu hamil. Namun jika kamu dalam kondisi tidak melakukan hubungan badan, maka segerakan cek ke dokter karena dikhawatirkan ada hal serius yang perlu ditangani oleh ahlinya.

2. Sakit Perut

Perut terasa sembelit atau perih seperti makan-makanan pedas namun lebih parah, dapat menjadi ciri-ciri hamil.

3. Payudara Kencang

Jika sedang menstruasi kamu merasakan jika payudara terasa lebih membesar lantaran membengkak dan mengencang. Begitupun dengan hamil, namun kamu sedang tidak dalam masa menstruasi.

Nah dengan sedang tidak dalam menstruasi, di sini kamu mungkin penasaran, lantas kapankah waktu kamu merasakan kehamilan?

2. Waktu Merasakan Hamil

1. 6 minggu awal masa kehamilan

2. Telat satu bulan dari menstruasi terakhir

.Hamil muda sendiri merupakan trimester pertama di mana waktunya berkisar 1 sampai 12 minggu kehamilan. Sehingga saat kamu tak tahu sedang mengalami tanda-tanda hamil muda, banyak yang menyepelekan kondisi tubuhnya. Sehingga kedepannya justru semakin terasa tanda-tanda hamil muda.

Sedangkan jika dari awal mengetahui bahwa sedang mengalami tanda-tanda hamil muda, kamu bisa mempersiapkan kondisi tubuhmu sehingga saat kondisi kehamilan sudah lebih lama, rasanya lebih menenangkan. Terlebih hamil dan tak hamil biasanya wanita mengalami buncit kecil maupun besar.

Di mana saat habis makan dan minum, kamu bisa saja buncit. Namun rupanya saat sedang hamil, buncitnya berbeda dari buncit saat kamu tidak hamil. Apakah perbedaan tersebut?

3. Perbedaan Buncit Hamil dan Tidak Hamil

1. Buncit tidak hamil

Jika kamu sedang tidak hamil, buncit kamu akan terasa lemas, bergelembir, kenyal, dan saat duduk terdapat lipatan jelas.

2. Buncit hamil

Jika buncit saat hamil, perutmu terasa lebih keras. Ketika di cubit pun biasanya akan tertarik banyak, ini menjadi sulit dan kulitmu terasa menyatu pada buncit tersebut. Saat duduk, jika badan kamu otomatis terlipat, kamu seakan-akan merasa ada ganjalan yang membuat duduk mu buncitnya tak akan begitu mau menekan perut bawahmu itu.

Lantas apakah kamu penasaran seperti apa tanda-tanda hamil muda? Jangan khawatir, IntipSeleb akan merangkumnya untuk kamu. Cek ke bawah untuk tanda-tanda hamil muda selengkapnya, check it out!

4. Tanda-tanda Hamil

1. Bercak Darah Seperti Menstruasi

Tandatanda hamil muda pertama ialah kram pada bagian perut dan munculnya bercak seperti awal-awal gejala menstruasi. Dari minggu ke-1 hingga minggu ke-4, semuanya masih terjadi di tingkat seluler. Telur yang telah dibuahi menciptakan blastokista (sekelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi.

Sekitar 10 hingga 14 hari (minggu ke-4) setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium, lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi, yang mungkin disalahartikan sebagai periode ringan.

Selama pendarahan tersebut, warna darah juga bisa berupa muda, gelap, ataupun sedang seperti coklat. Kemudian pendarahan tersebut disertai dengan rasa sakit nyeri di bagian perut sehingga perut mu akan membuat kamu meringis kecil. Pendarahan terjadi selama 3 hari, jika kamu lebih dari hari tersebut, segerakan periksa pada ahlinya yaitu dokter kandungan.

2. Sensitif

Saat kamu merasakan hamil, entah mengapa suasana hati kamu dapat berubah begitu cepat. Kamu dapat merasakan perasaan senang namun detik selanjutnya kamu bisa mengalami kesedihan.

Tak hanya itu, kamu mungkin jadi lebih perasa. Sehingga saat kamu berinteraksi, mungkin orang-orang akan menyadari perubahan kamu yang lebih sensitif.

3. Peningkatan detak jantung

Sekitar minggu ke-8 hingga 10, jantung mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan. Tanda hamil muda ini biasanya terjadi karena hormon. Peningkatan aliran darah karena janin terjadi pada akhir kehamilan.

4. Bentuk payudara berubah hingga aerola menggelap

Perubahan payudara dapat terjadi antara minggu ke-4 dan ke-6. Kemungkinan besar payudara akan berkembang menjadi lembut karena adanya perubahan hormon. Kondisi ini kemungkinan akan hilang setelah beberapa minggu ketika tubuh telah menyesuaikan diri dengan hormon.

Perubahan puting dan payudara juga bisa terjadi sekitar minggu ke-11. Hormon akan terus membuat payudara tumbuh. Areola dapat berubah warna menjadi lebih gelap dan membesar.

5. Hidung lebih peka

Bagian hidung juga akan menjadi salah satu indikator untuk mengetahu apakah kamu sedang hamil atau tidak. Pasalnya, kamu biasanya tak terganggu dengan sebuah bau atau wewangian menjadi mulai tak suka dengan hal tersebut. Atau sebaliknya, kamu yang tadinya begitu membenci sebuah wewangian dan bau khusus, kamu menjadi menyukainya atau justru netral dan tak merasa terganggu.

6. Lelah

Jika kamu biasanya selalu merasakan energi lebih atau sanggup menjalani aktifitas dalam waktu berdekatan, kamu mungkin akan berbeda saat sedang hamil muda. Pasalnya kamu merasa lebih lelah dan ingin memiliki waktu istirahat yang cukup dibandingkan sebelumnya.

Itulah tanda dari kamu sedang hamil muda. Guna mengetahui kamu sedang mengalami hamil muda untuk mempersiapkan janin kamu di masa pembentukan awalnya. Pasti kamu menginginkan yang terbaik untuk janin di minggu-minggu awal.

Terlebih waktu usia kandungan muda tersebut menjadi titik penting untuk diperhatikan bagi janin terlebih juga masih rawan sehingga perlu perhatian lebih. Namun pastinya untuk mengetahu lebih lanjutnya apakah kamu sedang hamil muda, segerakan pergi ke dokter kandungan untuk melakukan USG. Semoga kamu dianugerahi keturunan yang kamu harapkan dan dapat membawa kebahagiaan dalam kehidupan. Menjadi orang tua tak kenal waktu dan tanggung jawabmu ialah sampai akhir. (nes)

Topik Terkait