img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb Gaya HidupCara menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan berbagai cara. Saat kamu tertular, di waktu awal kamu kemungkinan besar tidak menyadari adanya perbedaan rambut kamu. Penyebab sebuah kutu bisa menempel di kepala karena adanya kontak langsung dengan orang yang tengah terinfeksi kutu rambut.

Kontak tidak langsung pun juga bisa menjadi penyebabnya, seperti dengan melalui perantara berupa sisir atu benda lainnya yang memungkinkan si pengguna terjangkit kutu yang sama. Biasanya, gejala yang paling mudah dirasakan adalah dengan munculnya rasa gatal yang terus menerus dirasakan pada kulit kepala.

Rasa gatal ini ditimbulkan dari air liur kutu yang menempel pada kulit kepala saat kutu sedang menghisap darah. Jika sudah terinfeksi, kutu akan bertahan hingga 30 hari atau bahkan lebih di kulit kepala seseorang.

Tak ada seseorang pun yang bisa terhindar dari kutu rambut, karena kutu rambut bisa menginfeksi rambut siapa saja, tidak ditentukan dari jenis rambut seseorang. Selama kamu melakukan hal yang bisa menyebabkan kutu menempel di kulit kepala, maka tak menampik jika kamu pun akan terinfeksi dengan mudah.

Saat kulit kepala seseorang terinfeksi kutu, biasanya akan dimulai dengan telur yang bersarang dirambut dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 9 hari hingga akhirnya kutu menetaskan diri. Oleh karena itu, bagi kamu yang tak ingin kutu berkembang hingga dewasa, maka kamu harus membasminya kurang dari 9 hari sehingga disinilah fungsi cara menghilangkan kutu rambut.

Karena kutu tak hanya disebabkan oleh kebersihan rambut, tetapi juga faktor lainnya. Ada baiknya juga untuk menghindari peminjaman benda-benda yang bisa menyebabkan menempelnya kutu pada rambut kamu.

Di awal mula tertular kutu, mungkin kamu tidak menyadari perbedaan apapun. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan tanda jika tertular kutu. Mengetahui tanda tanda tertular kutu menjadi penting untuk pengobatan sebelum bertambah parah. Adapun ciri-ciri bahwa kamu memiliki kutu rambut adalah:

1. Rasa gatal berlebih pada kepala hingga merasakan ada sesuatu yang bergerak di kulit kepala.
2. Adanya ruam merah yang muncul pada belakang leher.
Terlihat bintik-bintik putih (telur kutu) menempel pada helaian rambut dan berwarna emas jika berada di bawah sinaran matahari.

Lantas kira-kira seperti apa penanganan cara menghilangkan kutu rambut? Penasaran? Jangan khawatir, IntipSeleb akan merangkum cara menghilangkan kutu rambut yang menimbulkan rasa gatal tersebut. Ke bawah untuk sleengkapnya mengenai cara menghilangkan kutu rambut.

1. Beli Peditox

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai cara menghilangkan kutu rambut ialah membeli peditox, obat pembasi kutu rambut.

2. Pakai Sisir Serit

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutkan ialah menggunakan sisir serit, yang memiliki rongga sempit sehingga kutu-kutu yang ada di kepala dapat terangkat. Kemudian tadahkan bekas koran atau apapun agar saat kutu tersebut jatuh, tidak berserakan dan kamu dapat langsung membunuhnya.

3. Pangkas rambut

Jika kamu ingin cara yang lebih instan ialah kamu menghabiskan rambut mu sampai tak tersisa atau dibuat menjadi potongan cepak. Bagi wanita yang terserang kutu, hal ini memanglah begitu berat, namun apa salahnya mencoba gaya baru bukan untuk menjadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut?

4. Gunakan catokan

Kamu dapat menggunakan alat styling rambut untuk membunuh parasit yang mendiami kepala itu. Karena alat styling rambut memiliki besi panas yang akan membuat telur dan kutu mati. Namun itu hanya sementara lantaran tak berhasil membuat semuanya dapat mati. Sehingga perlu usaha lebih keras kembali.

5. Minyak almond

Selain baik untuk kulit, minyak almond juga baik untuk mengusir kutu, lho! Cara menggunakannya sangat mudah, oleskan minyak almond sebelum tidur pada kulit kepala dan rambut lalu bungkus rambut menggunakan shower cap. Biarkan semalaman kemudian sisir rambut menggunakan sisir serit keesokan harinya. Jangan lupa untuk bersihkan sisa minyak almond dengan cara keramas menggunakan shampo.

6. Lidah buaya

Selain merawat rambut agar tetap berkilau, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu. Kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya lalu haluskan dengan menggunakan blender. Usapkan lendir lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat. Kemudian tutup rambut dengan handuk lalu serit rambut. Setelah selesai, bersihkan rambut menggunakan sampo.

7. Biji srikaya

Tahukah kamu, kandungan minyak dari asam lemak pada biji buah srikaya dapat membunuh kutu sekaligus dengan telurnya? Cara menggunakannya sangat mudah, tumbuk biji srikaya hingga minyaknya keluar.

Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut lalu bungkus rambut dengan handuk sebelum kamu tidur. Keesokan hari saat bangun tidur, kamu akan melihat banyak kutu mati pada handukmu.

8. Minyak kayu putih

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis. Caranya, campurkan enam sendok makan kayu putih dengan perasan dua buah jeruk nipis.

Aplikasikan campuran tersebut pada seluruh rambut dan pijat-pijat. Setelah dibiarkan selama dua jam, bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan sampo.

9. Garam

Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh kutu. dengan garam sangat mudah, cukup campurkan garam dan cuka dalam botol semprot.

Selanjutnya, semprotkan larutan yang sudah dibuat pada seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan shower cap selama satu hingga dua jam. Terakhir, bilas hingga bersih dan ulangi cara ini hingga 2 atau 3 kali dalam seminggu.

10. Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun karena hal ini tak hanya menghilangkan kutu, tetapi juga dapat menghilangkan telur kutu. Untuk mengaplikasikannya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama satu malam. Sisir-sisir.

11. Alkohol 70%

Alkohol dengan kadar 70 persen dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan telur kutu rambut dan senyawa isoprofil yang ada pada alkohol mampu membasmi kutu rambut dan telurnya.

Tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan. Lalu oleskan alkohol pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut. Biarkan sejenak selama 20 sampai 30 menit kemudian sisir rambut dengan serit kutu. Terakhir, keramas rambut dengan air dingin sampai bersih.

Itulah berbagai strategi untuk menghilangkan parasit yang ada di bagian rambut. Kutu memang hampir tak terlihat dan seakan-akan susah, namun sata di rasa, gatalnya tak dapat tertahankan. Selain itu, kutu juga betah hinggap di area kulit kepala lantaran menjadi sasaran paling empuk untuk mengisap darah.

Tak heran bila kutu yang ditemukan memiliki bentuk badan gemuk lantaran berisikan darah yang dihisapnya. Kutu harus segera di basmi dan jangan ditunda. Bahkan saat kamu menghilangkannya, pastikan ia tak bernyawa lagi. Karena kutu rambut mudah pindah dan berterbangan, sehingga mempermudah proses penularan.

Kamu harus segera merawat rambut kamu agar terhindar dari parasit tersebut. Dengan rajin menjaga rambut. Kamu bahkan bisa menggunakan alat styling rambut seperti catokan yang berhawa panas untuk mematikan telur dan kutu yang ada di kepala. Semoga cara-cara ini membantu kamu.

Topik Terkait