img_title
Foto : Instagram/lalalalisa_m

IntipSeleb Gaya Hidup – Dunia hiburan Korea Selatan menjadi sorotan sampai Internasional. Bahkan banyak Idol K-Pop yang mempunyai basis penggemar sampai kancah dunia.

Salah satunya BLACKPINK, grup wanita Korea Selatan ini mempunyai banyak penggemar sampai manca negara. Tak heran jika BLACKPINK memiliki basis penggemar secara global.

Member BLACKPINK yang berasal dari luar negeri selain Rose adalah Lisa. Diketahui, Lisa BLACKPINK member yang berasal dari Thailand. Ia memiliki nama asli Pranpriya Manoban yang merupakan seorang penyanyi, penari dan rapper.

Lisa BLACKPINK lahir pada 27 Maret 1997 di Provinsi Buriram, Thailand. Ia adalah anak satu-satunya dari ibu asli Thailand dan juga ayah tirinya yang berasal dari Swiss.

Lantas bagaimana profil lengkap, perjalanan karier dan fakta menarik tentang Lisa BLACKPINK? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Profil Lengkap Lisa BLACKPINK

Instagram/lalalalisa_m
Foto : Instagram/lalalalisa_m

Lisa BLACKPINK memiliki nama asli yaitu Pranpiriya Manoban. Perempuan kelahiran Thailand dikenal dengan nama Lalisa Manoban atau Lisa Blackpink.

Lisa berzodiak Aries dan mempunyai golongan darah O yang lahir tepatnya di Buriram, Thailand. Ia mulai merajut kariernya pada 2011 ke Korea dan mendirikan grup musik yang fenomenal yang dinaungi sebuah agensi.

Kemudian Lalisa Manoban mulai bergabung pada tahun 2016 dengan vokal grup BLACKPINK. Single album perdananya yang bertajuk Square One dengan lagu andalan Whistle dan Boombayah yang booming pada tahun 2016.

Dalam grup wanita BLACKPINK ia berposisi sebagai rapper dan dancer. Karena Lisa memiliki bakat kemampuan dance dan juga rap yang di atas rata-rata.

Awal mulanya, Lisa Manoban bergabung dalam grup wanita BLACKPINK dengan mengikuti audisi YG Entertainment di Thailand pada 2010. Kemudian ia berhasil menyisihkan 4.000 pendaftar lainnya yang juga berasal dari Thailand.

Selanjutnya, Lisa Manoban resmi bergabung dengan label YG entertainment sebagai trainee asing pertama pada 11 April 2011 lalu.Hingga kini, Lisa Manoban bersama dengan Blackpink telah meraih kesuksesan di industri musik Korea Selatan hingga mancanegara.

Sebelumnya, di Thailand Lisa bergabung dengan BLACKPINK kerap kali mengikuti perlombaan menari baik tradisional maupun tari modern. Bahkan ia juga kerap kali mengikuti lomba menyanyi.

Diketahui, bahwa BLACKPINK pernah berkolaborasi dengan beberapa penyanyi luar Korea Selatan seperti Lady Gaga, Dua Lipa da juga Selena Gomez. Bahkan lagu-lagu yang dibawakan oleh BLACKPINK sering kali bertengger di Charles nomor 1 Billboard seperti lagu-lagu yang berjudul Ddu-Ddu-Ddu, Kill This Love dan Boombayah.

Kemudian, tak sampai di situ pada 10 September 2021 lalu, Lisa Manoban debut solo dan merilis lagu barunya yang sesuai dengan namanya berjudul "Lalisa”. Dalam single-nya itu, Lalisa Manoban memadukan lagu bergenre hip hop dan sentuhan rap dan pop dengan menaruh budaya tanah airnya yaitu Thailand.

Soal pendidikan, yang menariknya, Lisa ternyata menyelesaikan pendidikan menengahnya di Praphamontree School 1 dan 2. Bahkan Rapper BLACKPINK itu juga pernah mengikuti banyak kontes tari seperti “To Be Number One”.

Setelah itu, ia juga bergabung dengan kru tari We Zaa Cool yang terdiri dari sebelas anggota termasuk BamBam dari Got7. Ia juga memenangkan penghargaan sebagai “Tim Khusus” dalam kompetisi yang disiarkan oleh LG Entertainment.

Fakta-fakta Menarik Lisa BLACKPINK

allkpop
Foto : allkpop

Setelah tahu profil lengkap dari Lisa BLACKPINK, ternyata ia memiliki fakta-fakta menarik. Yuk, simak fakta-fakta menarik dari Lisa BLACKPINK berikut ini!

  1. Lisa merupakan anak tunggal dan satu – satunya. Selain Rose, ia juga jadi member BLACKPINK yang berasal dari luar Korea, atau Thailand lebih tepatnya.
  2. Di antara 4.000 kontestan, Lalisa Blackpink menjadi satu-satunya orang yang berhasil memenuhi syarat dan diminta langsung oleh Yang Hyun Suk, sang pendiri untuk bergabung di BLACKPINK.
  3. Bahkan Lisa masih berusia rema yaitu 14 tahun saat menjadi trainee di YG Entertainment untuk meniti karier.
  4. Sejak usia 4 tahun, Lalisa sudah mulai latihan dan bergabung vdengan sebuah sanggar tari di Thailand.
  5. Tak hanya itu, Lisa juga aktif untuk mengikuti kompetisi menari anak-anak.
  6. Bukan hanya menari, Lalisa juga sering menjadi perwakilan sekolah untuk lomba menyanyi.
  7. Lisa BLACKPINK juga pernah menjadi wakil sekolah untuk “Top 3 Good Morals of Thailand" dan meraih juara dua.
  8. Tak hanya bahasa Thailand, Lisa BLACKPINK juga fasih dalam berbicara bahasa Korea, Inggris, Jepang, dan Mandarin dasar.
  9. Diketahui, ternyata ayah tiri Lisa merupakan koki Swiss bersertifikat teratas di Thailand bernama Marco Brueschweiler.
  10. Lalisa Manoban memiliki nama lahir Pranpiriya Manoban. Namun tak ada yang banyak tahu bahwa Lisa mengganti namanya karena seorang peramal.
  11. Nama Pranpriya diganti menjadi Lalisa yang memiliki arti seseorang yang menerima kemakmuran jika dalam bahasa Thailand.
  12. Lisa melalui masa pelatihan dan menjadi trainee selama 5 tahun 3 bulan pada masa sekolah menengahnya dan memutuskan untuk pindah dan tinggal di Korea sejak April 2011.
  13. Ternyata Lalisa adalah teman masa kecil BamBam Got7 karena sama – sama pernah mengikuti grup tari bernama We Zaa Cool.
  14. Setelah bertahun-tahun berkarier dengan Blackpink, Lalisa melebarkan sayapnya sebagai penyanyi solo.
  15. Pada tahun 2021 lalu, Lisa debut single pertamanya yang berjudul "Lalisa" dan sukses menarik perhatian penonton.
  16. Video musik berjudul “Lalisa” berhasil ditonton hingga 73,6 juta kali dalam waktu 24 jam.
  17. Fakta menari selanjutnya, sebelum kemunculan grup musik BTS, Lisa Blackpink lebih unggul menempati followers terbanyak di sosial media. Bahkan fakta dan potret Lisa adalah K-Pop yang paling banyak diikuti di semua media sosial.
  18. Lisa pernah terpilih sebagai yang terbaik di aegyo di BLACKPINK oleh semua anggota, dan di tempat kelahirannya pun disebut sebagai “Putri Thailand”
  19. Lisa sempat muncul di video klip Ringa Linga oleh Taeyang, Big Bang.
  20. Lisa selain pandai menyusun rima kata. Ternyata ia juga pandai memainkan ukulele dan gitar. Kemampuan Lisa sebagai rapper dan dancer memang tidak perlu dipertanyakan.
  21. Lisa juga pernah didapuk untuk menjadi mentor di acara televisi Cina, Youth With You Season 2 dan Season 3. Penampilan Lisa di acara itu mendapat banyak pujian, lho. Ia dianggap sangat jeli dalam menilai para kontestan di acara tersebut.
  22. Pada September 2020, Lisa ditunjuk sebagai brand ambassador pertama untuk brand fesyen dunia, Celine.
  23. Menurut Billboard, direktur artistik label, Hedi Slimane, menyebut Lisa sebagai "muse" -nya. Lisa juga ditunjuk untuk menjadi Global Ambassador untuk merek kosmetik MAC.
  24. Ternyata Lisa fans dengan adik Gigi Hadid yakni Bella Hadid. Ia menganggap Bella Hadid sebagai panutan fashionnya.
  25. Sangat suka dengan kentang goreng, Gamjatang, dan sushi. Minuman manis juga selalu menjadi pilihannya. Lisa juga memiliki hobi fotografi dan mengambil gambar, dia sering mengambil foto – foto anggota BLACKPINK lainnya.
  26. Untuk soal pria, ternyata fakta menariknya Lisa menyukai pria yang lebih tua, dan bisa merawatnya dengan baik. Lisa juga menyukai pria yang baik hati, yang bisa memasak, dan memiliki gaya hidup yang sesuai dengannya. (bbi)
Topik Terkait