img_title
Foto : Freepik

Intipseleb Gaya Hidup - Sebagai seorang muslim, kita wajib mengimani enam rukun islam yang diperintahkan oleh Allah SWT. Pada rukun islam yang keempat, umat muslim harus beriman kepada nabi dan rasul Allah.

Sebelum agama Islam kokoh dan sempurna seperti sekarang, Nabi dan rasul lah yang berdakwah dari negeri ke negeri lain untuk dalam menyebarkan ajaran islam kepada umat manusia. Namun dalam perjalanannya, dakwah para nabi dan rasul mendapat cobaan dari masyarakat asli suatu negeri yang mayoritas dipimpin oleh raja-raja kafir.

Kemudian Allah memberikan mujizat kepada nabi dan rasul, agar dakwah menyebarkan agama Islam di dunia berjalan baik. Salah satu nabi yang memiliki mujizat luar biasa adalah Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim AS merupakan seorang yang termasuk dalam golongan ulul azmi yakni seorang nabi yang ketabahannya sangat luar biasa dalam perjuangannya berdakwah. Nabi lainnya yang juga termasuk ke dalam golongan ulul azmi ialah Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS serta Nabi Muhammad SAW. Penasaran dengan Mukjizat Nabi Ibrahim? Baca berita di bawah ini.

Kisah Nabi Ibrahim

Freepik
Foto : Freepik

Mujizat Nabi Ibrahim cukup banyak diberikan Allah, seperti tidak mampu dibakar api dan bisa menghidupkan orang mati. Bahkan sejak kecil Allah memberikam mujizat kepada Nabi Ibrahim dengan bisa mengeluarkan madu dari tangannya.

Mujizat Nabi Ibrahim yang diberikan oleh Allah SWT sungguh sangat membuat kita terpana. Nabi Ibrahim adalah seorang nabi dan rasul Allah yang memiliki keberanian dan mukjizat yang luar biasa dari Allah SWT.

Keberaniannya adalah melawan Raja Namrudz dari Babilonia yang mengaku sebagai tuhan dengan membakar patung-patung atau berhala yang menjadi sesembahan. Keberaniaan Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala sesembahan kaum Raja Namrudz membuat sang raja murka.

Karena itu, ia memerintahkan para pengawalnya untuk menangkap Ibrahim dan memasukkannya ke dalam api. Namun, atas izin Allah SWT, api tak sanggup membakarnya. Inilah kemukjizatan yang dimiliki Ibrahim.

Peristiwa heroik ini diabadikan Allah dalam Alquran, di antaranya pada surah Al-An’am ayat 74-83, Al-Anbiya ayat 51-70, Albaqarah ayat 124 dan 258, Alsyuara ayat 69-89, Ibrahim ayat 35-41, dan Hud ayat 69-76.

Seperti dikutip Intipseleb dari Islampos.com, dalam buku, Atlas Alquran, Dr Syauqi Abu Khalil menjelaskan, Ibrahim adalah putra dari Azar bin Nahur. Ada yang menyebutkan, Azar adalah paman Ibrahim.

Menurut kebiasaan masyarakat Arab, paman berkedudukan sebagai ayah.
Nabi Ibrahim dilahirkan di sebelah selatan Irak dan tinggal di Kota Ur al-Kildaniyah. Dia termasuk penduduk Kutsi–sebuah desa di Babilonia atau al-Wuraka’.

Di Kutsi ini pula, dilakukan upaya pembakaran terhadap Nabi Ibrahim oleh Raja Namrudz. Namun gagal dilakukan lantaran api tidak bisa membakar Nabi Ibrahim, Allah membuat api yang panas menjadi sangat dingin.

Setelah gagal dibakar, Ibrahim melakukan perjalanan ke Carrhae (Harran atau Haaraan), sebelah utara tanah semenanjung. Kemudian, bertolak menuju Palestina bersama istrinya Sarah dan anak saudaranya Luth. Luth juga membawa istrinya.

Karena terjadi kekeringan, Nabi Ibrahim bersama keluarga pindah ke Mesir pada masa Raja Ru’at (Hyksos). Kemudian, Nabi Ibrahim kembali lagi bersama Luth menuju ke sebelah selatan Palestina.

Lalu, keduanya berpisah agar mereka memperoleh rumput dan air bagi binatang gembalanya. Ibrahim lantas tinggal di sumur as-Saba’, sementara Luth tinggal di sebelah selatan Laut Mati, yaitu sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan Buhairah Luth.

Selanjutnya, Ibrahim melakukan perjalanan bersama istri keduanya Hajar dan anaknya Ismail menuju Makkah. Keduanya kemudian ditinggal di sana, yaitu, di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman.

Setelah terpancar sumber air zamzam, Jurhum (kabilah) datang melalui jalan kuda. Ibrahim dimakamkan di Kota Khalil (Hebron) di Palestina.

Mukjizat Nabi Ibrahim

Freepik
Foto : Freepik

1. Mukjizat Nabi Ibrahim: Mengeluarkan Madu dari Jarinya

Mukjizat Nabi Ibrahim yang pertama adalah mengeluarkan madu dari jari-jarinya. Kisah ini terjadi ketika Nabi Ibrahim baru lahir. Saat itu, Raja Namrud diberitahu oleh peramal bahwa akan ada seorang anak laki-laki yang dapat membuat sang raja mati binasa di tangannya.

Khawatir akan hal itu, dia pun memerintahkan bawahannya untuk membunuh semua bayi laki-laki yang baru dilahirkan pada tahun itu.

2. Mukjizat Nabi Ibrahim: Membangun Baitullah

Nabi Ibrahim juga dikenal sebagai nabi pertama yang membangun Baitullah. Suatu hari, Allah menyampaikan pesan kepada Nabi Ibrahim melalui awan berkepala untuk membangun sebuah rumah untukNya. Kemudian, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah itu.

3. Mukjizat Nabi Ibrahim: Pasir Berubah Jadi Makanan

Suatu hari, semua orang mendatangi kediaman Raja Namrud untuk mendapat bekal makanan. Namun, semua orang yang menginginkan makanan harus menyebut bahwa Namrud adalah Tuhannya ketika sang raja bertanya, “Siapakah Tuhanmu?,” Nabi Ibrahim malah menjawab, “Tuhanku ialah yang menghidupkan dan mematikan. Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang mampu menerbitkan matahari dari timur, atau jika tiba saatnya untuk diterbitkan dari barat,”.

Akibatnya, Namrud pun mengusir Nabi Ibrahim tanpa memberikan sedikit pun makanan. Akhirnya, Nabi Ibrahim pulang dengan hanya membawa pulang sekantung pasir. Sesampainya di rumah, dia hanya meletakkan semua barang bawaannya dan langsung beristirahat. Ajaibnya, keesokan pagi setelah sang nabi bangun, dia terkejut bahwa sang istri mengolah hidangan yang sangat lezat.

4. Mukjizat Nabi Ibrahim: Tubuh Tidak Terbakar Api

Seperti yang telah diketahui, Raja Namrud selalu mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan dan meminta warganya menyembah patung berhala.
Kemudian, Nabi Ibrahim pun menghancurkan patung-patung tersebut dan hanya menyisakan patung paling besar. Namrud pun naik pitam mengetahui hal tersebut.

Namun, Nabi Ibrahim mengatakan bahwa yang menghancurkan patung-patung tersebut adalah satu patung yang berukuran paling besar. Semakin marah, Namrud menyuruh kaumnya membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup.

Mukjizat pun terjadi, Nabi Ibrahim yang tidak henti berdoa meminta pertolongan Allah SWT, hingga akhirnya tubuh dan pakaiannya masih tetap utuh karena tidak mempan terbakar oleh api. Api yang memiliki sifat panas justru dibuat menjadi dingin oleh Allah SWT, sehingga Nabi Ibrahim tetap hidup dan lolos dari siksaan Raja Namrudz

5. Mukjizat Nabi Ibrahim: Menghidupkan Orang Mati

Mukjizat Nabi Ibrahim yang bisa menghidupkan orang mati diceritakan dalam surat Al-Baqarah ayat 260. Dalam surat tersebut, diceritakan bahwa ketika di puncak bukit, Allah bertanya kepada sang nabi apakah dia percaya dengan kekuasaannya atau tidak.

Lalu, Nabi Ibrahim pun menanyakan kepada Allah mengenai cara menghidupkan orang mati. Allah pun meminta Nabi Ibrahim mengambil empat ekor burung dan mencincangnya, lalu meletakkannya di puncak bukit.

Nabi Ibrahim lalu turun dari bukit untuk mencari empat ekor burung, mencincangnya, dan meletakkannya di bukit. Allah pun menyuruh Nabi Ibrahim memanggil burung-burung tersebut.Ternyata, mukjizat pun terjadi, burung-burung tersebut kembali terbang dari atas bukit dan kembali menuju Nabi Ibrahim.

Itulah lima kisah mukjizat Nabi Ibrahim yang menunjukkan betapa besar kuasa Allah.(bbi)

Topik Terkait