img_title
Foto : VOGUE Korea

IntipSeleb Gaya Hidup – Grup laki-laki dari Koarea Selatan yaitu BTS (Bangtan Sonyeodan) menjadi sorotan sampai kancah dunia. Pasalnya, grup band K-Pop ini memiliki banyak prestasi dan juga perjuangan karier sampai sesukses saat ini.

salah satunya Jin BTS atau memiliki nama asli Kim Seok-Jin yang merupakan member tertua grup band BTS yang punya segudang fakta serta prestasi. Bahkan visualnya yang memukau ia juga memiliki kepribadiannya yang menyenangkan.

karena itu, Jin memiliki sejumlah penggemar yang banyak mengidolakannya. Dalam grup band BTS, Jin berposisi sebagai vokalis dan visual resmi BTS,

Jin BTS ternyata lahir pada 4 Desember 1992 memiliki sejumlah julukan atau nama panggilan seperti Visual King dan Golden Ratio Boy.

Takhtanya itu ia juga kerap dijuluki Worldwide Handsome (Jin). Debut pertamanya pada 13 Juni 201 sebagai anggota BTS. Lagu “No More Dream” merupakan dari album single debut mereka 2 Cool 4 Skool.

Lantas, bagaimana kah profil lengkap, karier, fakta menarik sampai prestasi dari Jin BTS? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Profil Lengkap Jin BTS

BTS_twt/instagram
Foto : BTS_twt/instagram

Kim Seok Jin atau dengan nama panggung Jin BTS yang lahir di daerah Gwacheon, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 04 Desember 1992. Jin ternyata berzodiak Sagitarius, dan mempunyai golongan darah O.

Jin merupakan anak kedua dari dua bersaudara, dengan kakak laki-laki bernama Kim Seok-joong. Menariknya, Jin BTS ini memiliki segudang julukan, yang diciptakan dari penggemarnya maupun dari media Korea Selatan.

Beberapa julukan tersebut adalah Mr Worldwide Handsome, The Visual, hingga Fake Maknae. Hal itu karena Jin kerap kali melontarkan humor dan tingkahnya yang lucu.

Selama bergabung di BTS, ia bersama dengan member lainnya memenangkan serangkaian penghargaan dan tampil di acara seperti Mnet Asian Music Awards (MAMA).

Selain berkarier di musik, diketahui Jin tidak langsung meninggalkan bangku akademik. Jin ternyata telah meraih gelar sarjana di Universitas Konkuk pada bidang seni dan akting.

Bahlan saat ini diketahui Jin tengah menyelesaikan studi masternya secara daring di Universitas Hanyang. Keseriusannya dalam menimba pendidikan ternyata juga dicontoh oleh beberapa rekannya di BTS.

Karena itu, ia dicontoh anggota lainnya seperti seperti RM, Suga, J-Hope, Jimin, dan V. Anggota BTS tersebut juga mendaftar pada universitas yang sama dengan mengambil studi Administrasi Bisnis.

Soal personal, agensi benar-benar menutupi identitas dari ayah maupun ibunya. Namun, beberapa sumber bahwa Jin berasal dari keluarga kaya dan ayahnya dalam CEO sebuah perusahaan.

Karier Jin BTS

Instagram/jin
Foto : Instagram/jin

Awal karier Jin BTS terjun ke industri bom band Korea Selatan dimulai sejak dirinya berumur 15 tahun. Ia di rekrut dan diberikan sebuah tawaran untuk bergabung di agensi SM Entertainment.

Namun, saat diriny masih muda ia mengira bahwa itu adalah tindakan penipuan atau scam semata. Sehingga tawarannya tidak digubris olehnya.

Kemudian peruntungannya bermula saat dirinya belajar akting. Salah satumanager canting dari Bighit Entertainment, agensi mereka sekarang melihatnya dan menawarkannya.

Awalnya Jin ditawarkan untuk menjadi aktor karena parasnya yang tampan. Namun, seiring berjalannya waktu ia dimasukkan dalam sebuah proyek boyband bernama BTS dan dari situlah bermula dirinya bergabung dengan menjadi Idol boyband BTS.

Jin adalah seorang dengan tekad dan kemauan yang keras. Hal ini dibuktikan dengan tekadnya berlatih koreografi, dan juga latihan vokal supaya bisa menyamai vokal milik rekannya.

Hasilnya, Lim Hyung Ju, seorang penyanyi dan Nominee Grammy, memberikannya sebuah julukan baru. Jin dijuluki sebagai Silver Voice, dikarenakan kemampuan Jin untuk mempertahankan napas secara stabil, serta kemampuannya bermain falsetto secara baik.

Usut punya usut ternyata Jin BTS awalnya ingin berprofesi sebagai jurnalis, namun ia mengubah cita-citanya menjadi aktor saat menonton drama Queen Seondeok yaitu akting dari Kim Nam Gil.

Oleh karena, Jin serius dalam dunia akting bahkan ia lolos seleksi jurusan Teater dan Film di Konkuk University. Visual Jin yang menawan membuat dirinya direkrut oleh Big Hit Entertainment saat dalam perjalanan ke kampus.

Kemudian, Jin mengikuti audisi untuk menjadi aktor dan berhasil lolos. Ia berlatih keras untuk menjadi idol dengan kemampuan vokal dan dance yang mumpuni.

Seiring berjalannya waktu, ia pun semakin mencintai hip hop dan dunia tarik suara. Pada 12 Juni 2013, Jin akhirnya debut bersama BTS lewat single album bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Album Wings yang dirilis pada 2016 menjadi album pertama BTS yang mencapai 1 juta kopi penjualan di Korea Selatan. Selang satu tahun kemudian, BTS mulai melebarkan sayap ke industri musik dunia dan sukses meraih popularitas yang luar biasa.

Sejak saat itu, Jin bersama BTS telah merilis sembilan album, enam album kompilasi, dan enam mini album. "Awake" album Wings adalah menjadi lagu solo pertama Jin yang diproduksi oleh dirinya bersama sejumlah musisi lain.

Diskografi solo:

  1. "Awake" dalam album Wings (2016)
  2. "Epiphany" dalam album Love Yourself: Answer (2018)
  3. "Moon" dalam album Map of the Soul: 7 (2020)
  4. "Tonight" (2019)
  5. "Abyss" (2020)

Lagu kolaborasi:

  1. "Adult Child" bersama RM dan Suga (2013)
  2. "So Far Away" bersama Suga dan Jungkook (2017)

Lagu OST:

  1. "It's Definitely You" bersama V untuk drama Hwarang (2016)
  2. "Yours" untuk drama Jirisan (2021)

Sebagai penulis lirik:

  1. "Outro: Circle Room Cypher" (2013)
  2. "Outro: Love Is Not Over" (2015)
  3. "Boyz with Fun" (2015)
  4. "Love Is Not Over" (2016)
  5. "Awake" (2016)
  6. "Tonight" (2019)
  7. "Moon" (2020)
  8. "In the Soop" (2020)
  9. "Stay" (2020)
  10. "Abyss" (2020)

Program TV:

  1. Inkigayo sebagai host bersama RM, Kei, dan Mijoo (2016)
  2. M Countdown sebagai host bersama Jimin dan J-Hope (2016-2017)
  3. Law of the Jungle in Kota Manado sebagai bintang tamu (2017)
  4. KBS Song Festival sebagai host bersama Sana, Chanyeol, Irene, Solar, Mingyu, Yerin, dan Kang Daniel (2017)
  5. Music Bank sebagai host bersama Solbin (2018)
  6. KBS Song Festival sebagai host bersama Dahyun dan Chanyeol (2018)

Prestasi

  1. Pencapaian Jin bersama BTS di kancah internasional tentunya sudah tak perlu diragukan lagi. Dari 612 nominasi, pelantun lagu "Permission to Dance" ini sukses memborong 409 penghargaan. Berikut beberapa rekor dan penghargaan dari daftar panjang prestasi menakjubkan BTS.
  2. Jin pernah berpidato di tiga Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  3. Berhasil menjual 20,3 juta album di Gaon Music Chart dan tercatat sebagai artis dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah
  4. Artis yang memenangkan daesang (penghargaan tertinggi) terbanyak di ajang penghargaan Korea
  5. Mencapai 23 Guinness World Records, termasuk engagements terbanyak di Twtter dan tayangan music video terbanyak selama 24 jam di YouTube untuk lagu "Butter"
  6. Artis Korea pertama dan satu-satunya yang meraih sertifikasi emas dari Recording Industry Association of America (RIAA) untuk lagu "Mic Drop Remix" dan "DNA" (2017)
  7. Memenangkan Top Social Artist Award di Billboard Music Awards selama lima tahun berturut-turut (2017-2021)
  8. Masuk daftar 25 orang paling berpengaruh di internet selama tiga tahun berturut-turut (2017-2019) dan 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time (2019)
  9. Artis termuda yang menerima South Korean Order of Cultural Merit oleh Presiden Korea Selatan (2018)
  10. Artis Korea pertama yang meraih Favorite Social Artist (2018) dan Favorite Duo or Group - Pop/Rock (2019) di American Music Awards
  11. Menyapu bersih semua daesang (penghargaan tertinggi) di Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards selama dua tahun berturut-turut (2019-2020)
  12. Artis Asia dan bukan penutur Bahasa Inggris pertama yang dinobatkan sebagai International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) Global Recording Artist of the Year (2020)
  13. Grup pertama yang memenangkan Top Song Sales Artist di Billboard Music Awards (2021)
  14. Jin menjadi artis Asia pertama yang memenangkan Artist of the Year di American Music Awards (2021)
  15. Artis Korea pertama yang masuk jajaran nominasi di Grammy Award dan Brit Award (2021) dan ia juga terpilih sebagai Special Presidential Envoys untuk diplomasi publik oleh Presiden Korea Selatan (2021). (nes)
Topik Terkait