img_title
Foto : BTS_twt/twitter

IntipSeleb Gaya HidupJungkook BTS adalah member termuda di grup vokal legendaris BTS. Menjadi bagian dari boyband yang sangat populer, membuat Jungkook BTS banyak mendapat sorotan.

Banyak orang yang mengidolakannya karena ia multitalenta. Jungkook punya segudang bakat yang membuat para fans takjub dan terpesona.

Maka tak heran ia mendapat julukan "Golden Maknae". "Maknae" sendiri artinya merupakan member termuda dalam sebuah grup.

Ingin tahu lebih banyak tentang Jungkook BTS? Yuk pantau terus artikel timeless di bawah ini. Keep scrolling.

Profil Jungkook BTS

Instagram/@dicon_by_dispatch
Foto : Instagram/@dicon_by_dispatch

1. Sekilas Tentang Jungkook BTS

Jeon Jungkook (전정국) adalah seorang idol dari grup KPop populer BTS. Jungkook lahir pada 1 September 1997, di kota pesisir selatan Busan di Korea Selatan.

Jungkook mulai mengejar karier musik saat dia masih di sekolah menengah. Saat remaja, ia mengikuti audisi untuk acara pencarian bakat populer, Superstar K, dan menarik perhatian beberapa perusahaan hiburan.

Dia akhirnya memilih untuk bergabung dengan BigHit Entertainment, yang kemudian membentuk BTS. Jungkook memulai debutnya dengan BTS pada tahun 2013 ketika dia berusia 15 tahun.

Dia adalah anggota termuda dari grup dan dikenal karena keterampilan vokal dan menarinya. Jungkook juga ikut menulis sejumlah lagu BTS serta merilis lagu solonya sendiri.

2. Agama Jungkook BTS

Meskipun Jungkook belum mengkonfirmasi agamanya dan umumnya dikenal non-religius, ia bersekolah di School of Performing Arts in Seoul (SOPA) di sekolah menengah.

Sekolah tersebut, menurut situs resminya, adalah “sekolah menengah pertama dan satu-satunya berbasis Kristen di Korea Selatan dengan tujuan khusus dalam seni pertunjukan”. Sekolah itu juga mengadakan kebaktian setiap Rabu sore yang dihadiri semua siswa. Para siswa juga mengikuti kelas pengajaran Alkitab seminggu sekali dan memiliki QT (waktu tenang) sebelum memulai hari.

3. Motto

Motto dari Jungkook BTS adalah "lebih baik mati daripada hidup tanpa gairah".

4. Tinggi dan Berat Badan

Tinggi badan Jungkook BTS adalah 179kg. Berat badannya adalah 70 kg.

Perjalanan Karier Jungkook BTS

Bighit Entertainment
Foto : Bighit Entertainment

Sebelum Debut

Jeon Jungkook lahir pada 1 September 1997, di Busan, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari orang tua dan seorang kakak laki-laki.

Dia bersekolah di SD dan SMP Baekyang di Busan. Ketika dia menjadi trainee, Jungkook dipindahkan ke Singu Middle School di Seoul. Jungkook awalnya bercita-cita menjadi pemain bulu tangkis saat masih muda, namun setelah melihat G-Dragon membawakan "Heartbreaker" di televisi, hal itu memengaruhinya untuk ingin menjadi seorang penyanyi.

Pada tahun 2011, Jungkook mengikuti audisi untuk acara bakat Korea Selatan Superstar K selama audisinya di Daegu. Meskipun dia tidak terpilih, dia menerima tawaran casting dari tujuh perusahaan hiburan.

Jungkook akhirnya memilih untuk menjadi trainee di bawah Big Hit Entertainment setelah melihat RM. Untuk melatih keterampilan menarinya sebagai persiapan debut, ia pergi ke Los Angeles selama musim panas 2012 untuk menerima pelatihan menari dari Movement Lifestyle.

Pada Juni 2012, ia muncul di video musik "I'm Da One" dari Jo Kwon dan juga bekerja sebagai penari cadangan untuk Glam sebelum debutnya. Ia lulus dari Sekolah Seni Pertunjukan Seoul, sebuah sekolah menengah seni, pada tahun 2017.

Pada November 2016, ia memutuskan untuk tidak mengikuti CSAT, ujian masuk universitas nasional Korea. Pada 2020, ia terdaftar di Global Cyber ​​University, jurusan Penyiaran dan Hiburan.

Karier Bersama BTS

Pada tanggal 12 Juni 2013, Jungkook melakukan debut sebagai anggota BTS (juga dikenal sebagai Bangtan Boys) dengan merilis single 2 Cool 4 Skool.

Dengan BTS, ia merilis dua lagu solo; yang pertama adalah lagu pop berjudul "Begin" di album Wings tahun 2016, yang bercerita tentang pindah ke Seoul untuk menjadi idol dan bertemu dengan anggota BTS. Yang kedua, adalah lagu dengan judul "Euphoria",

Awalnya, dirilis sebagai bagian dari film pendek BTS berjudul "Euphoria: Theme of Love Yourself Wonder" dan kemudian Love Yourself: Answer. Euphoria, yang diproduksi bersama oleh DJ Swivel. Mahakarya ini menempati posisi 5 di chart Billboard Bubbling Under Hot 100 Singles dan telah berada di chart selama 11 minggu di Gaon Digital Chart, lagu solo terlama dari lagu solo anggota BTS.

Jungkook juga telah dikreditkan sebagai produser utama di beberapa lagu BTS, termasuk "Love is Not Over" dan "Magic Shop". Pada 25 Oktober 2018, Jungkook (bersama dengan anggota BTS lainnya) dinobatkan dengan Penghargaan Budaya Hwagwan kelas lima oleh Presiden Korea Selatan. anggota kelompok.

Karier Solo

Pada bulan September 2015, Jungkook berpartisipasi dalam kampanye "One Dream, One Korea". Ia mengambil bagian dalam kolaborasi lagu bersama banyak artis Korea untuk mengenang Perang Korea. Lagu ini dirilis 24 September dan dipresentasikan di One K Concert di Seoul pada 15 Oktober.

Pada tahun 2016, Jungkook berperan dalam episode pilot Flower Crew. Dia juga muncul di Celebrity Bromance, dan berkompetisi di King of Mask Singer dengan nama "Fencing Man," muncul di episode 72.

Pada tanggal 6 November 2018, Jungkook menampilkan lagu "We Don't Talk Anymore" dengan penyanyi aslinya, Charlie Puth. Keduanya tampil dalam panggung kolaborasi spesial selama MBC Plus X Genie Music Awards. Lagu itu adalah lagu yang sebelumnya dia cover sebanyak dua kali, yakni sendiri dan bersama Jimin BTS.

Pada tanggal 4 Juni 2020, Jungkook merilis lagu "Still With You" di platform SoundCloud sebagai bagian dari perayaan debut tahunan BTS. Ia memproduksi karya itu sendiri.

Baru-baru ini pada perayaan ke 9 tahun BTS, ia juga membuat lagu untuk ARMY (nama sebutan fans BTS yang berjudul "My You".

BTS nyatakan untuk hiatus sementara. Ketika grupnya tengah hiatus, Jungkook berkolaborasi kembali dengan Charlie Puth dengan merilis lagu yang berjudul "Left and Right".

Alasan Jungkook BTS Disebut "Golden Maknae"

Instagram/@bighit_ent
Foto : Instagram/@bighit_ent

Jungkook BTS mendapat julukan 'golden maknae'. Hal ini karena dirinya pandai dalam hal apa pun. Dia tidak hanya memiliki vokal yang luar biasa dan visual yang memukau, tetapi juga dapat dengan mudah menangkap apa pun dan segalanya dengan cepat.

1. Directing dan Editing

Jungkook selalu jeli menangkap mahakarya visualistik, skenario, dan aspek kreatif musik. Anggota tersebut memulai dengan serial 'GCF' atau 'Golden Closet Films' yang memberi penggemar mengintip kehidupan anggota BTS dan mewujudkan kecintaannya pada videografi.

Sang maknae mengambil satu langkah lebih maju. Ia turut serta sebagai sutradara dengan mengikuti proses penyutradaraan lagu-lagu BTS ‘Life Goes On’ dan ‘Film Out’.

2. Jago Melukis

Tidak diketahui oleh penggemar bahwa Jungkook adalah ahli dalam hal melukis dan menggambar. Pada tahun 2016, Jungkook membetulkan kembali kanvas yang sangat hancur selama pemotretan dalam waktu singkat.

Ia telah menunjukkan keterampilan artistiknya berkali-kali dengan memilih kuas secara acak dan menciptakan sebuah mahakarya saat berlibur. Yaitu di 'In The Soop' atau menunggu syuting dimulai.

3. Akting dan Modelling

Jungkook juga dikenal pandai berakting dan menjadi model. Bakatnya ini terlihat dari aktingnya pada video klip BTS.

4. Pandai Memainkan Alat Musik

Jungkook BTS dikenal pandai memainkan instrumen. Ia dikenal bisa memainkan saksofon hingga drum.

5. Jago Olahraga

Jungkook berkali-kali membuktikan keahliannya dalam olahraga, dengan menjadi dirinya yang atletis. Lari maraton atau menang lomba panahan, Jungkook selalu siap.

Terlepas dari semua bakat yang disebutkan di atas, Jungkook sangat pandai dalam banyak keterampilan lain seperti memasak, tinju, pro-game dan banyak lagi. Namun, hal terbaik yang dia lakukan adalah pergi bermil-mil untuk orang yang dia cintai dan membawa senyum di wajah ARMY dengan semua yang dia lakukan. (nes)

Topik Terkait