img_title
Foto : Www.freepik.com/wayhomestudio

IntipSeleb Gaya HidupWaktu mustajab untuk berdoa bisa dijadikan patokan jika anda ingin berdoa sekaligus meminta kepada Allah SWT. Berdoa merupakan salah satu kegiatan bagi umat beragama, salah satunya umat muslim, untuk memanjatkan permohonan kepada zat Maha Segalanya, yakni Allah SWT.

Meskipun berdoa bisa dilakukan kapan saja, namun ada pula waktu-waktu yang dianggap paling baik untuk memanjatkan doa. Waktu tersebut dianggap waktu mustajab. Hal ini karenakan niscaya, ketika berdoa di waktu-waktu tersebut, maka kemungkinan besar akan dikabulkannya lebih besar.

Sebagai seorang hamba atau umat, berdoa memohon keinginan agar dikabul oleh Allah SWT bukanlah masalah. Justru Allah SWT malah senang jika hambanya selalu ingat, dan datang kepada-Nya jika menginginkan sesuatu.

Maupun keinginan itu besar atau kecil dan terbilang remeh sekalipun, minta lah kepada Allah SWT. Justru Allah SWT akan merasa bahwa seseorang itu sombong tatkala enggan beribadah kepada-Nya. Allah SWT pernah berfirman:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60).

Maka tak perlu lagi anda merasa enggan atau sungkan untuk meminta kepada Allah SWT. Sebab pada dasarnya, Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang memohon dan beribadah kepadanya.

Waktu mustajab untuk berdoa

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Jikalau anda ingin berdoa keinginan anda, anda bisa memilih untuk memanjatkannya di beberapa waktu mustajab untuk berdoa berikut ini yang telah dikutip dari muslim.or.id.

1. Sahur atau sepertiga malam

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Waktu mustajab untuk berdoa yakni di waktu sahur atau sepertiga malam. Sebab, Allah SWT pernah berfirman bahwa salah satu ciri-ciri orang bertaqwa adalah mereka yang berdoa dan memohon pengampunan di waktu sahur.

Sementara waktu sepertiga malam yang paling berkah adalah di waktu menjelang akhir. Sebab pada saat itulah, Rabb kita yakni Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia untuk mendengar dan mengabulkan setiap doa dari para hambanya.

ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Anda bisa memanjatkan doa yang anda inginkan setelah menjalankan salat sunah tahajut. Tentunya anda akan mendapat pahala double, dari menjalankan salat tahajut kemudian disambung dengan berdoa.

2. Sujud saat sedang salat

Freepik/rawpixel.com
Foto : Freepik/rawpixel.com

Waktu mustajab untuk berdoa selanjutnya adalah saat sedang menjalankan ibadah salat dalam posisi sujud. Dalam menjalankan ibadah, salat kita memang dianjurkan untuk khusyu dan tidak terburu-buru. Begitupun saat di posisi sujud.

Dalam posisi tersebut, anda juga bisa memanjatkan doa atau keinginan anda. Sebab sesungguhnya pada posisi itu, adalah waktu paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-nya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

3. Ketika turun hujan

www.freepik.com/tawatchai07
Foto : www.freepik.com/tawatchai07

Waktu mustajab untuk berdoa berikutnya adalah ketika turun hujan. Hujan merupakan rahmat yang diberikan Allah SWT, maka hendaknya kita bersyukur. Selain itu, di waktu hujan, doa-doa niscaya tidak akan tertolak.

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

4. Saat adzan

Waktu mustajab untuk berdoa selain saat hujan adalah saat adzan sedang berkumandang. Selain saat adzan dianjurkan untuk menjawab dengan lafazh yang sama, saat adzan juga disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa.

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

5. Malam lailatul qadar

www.freepik.com/8photo
Foto : www.freepik.com/8photo

Malam lailatul qadar yang ada di bulan Ramadhan, disebut sebagai salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Pada malam tersebut, kita dianjurkan untuk saling berlomba-lomba berbuat kebaikan sebab, malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam lailatul qadar ada di malam ganjil di bulan Ramadhan

Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha:

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah:

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”]”(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: “Hasan Shahih”)

6. Di hari Jumat

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Hrai Jumat memang hari yang dianggap istimewa oleh umat muslim. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena hari tersebut niscaya menjadi waktu mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Maka tak heran jika di hari Jumat, banyak orang yang berbondong-bondong melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala. Seperti misalnya memberikan makan kepada kaum fakir miskin, beribadah hingga zikir, hingga bersedekah kepada yang membutuhkan di hari Jumat.

Oleh sebab itu, anda bisa mulai mencoba untuk melakukan banyak kegiatan baik dan juga memanjatkan doa di hari yang istimewa tersebut.

Demikian adalah sederet informasi mengenai waktu mustajab untuk berdoa. Setelah mengetahui hal tersebut, tak ada salahnya untuk anda membulatkan niat dan berdoa di waktu-waktu tersebut. Niscaya, keinginan anda akan didengar dan Allah SWT akan menjawab doa anda.

Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat berguna bagi anda dan semoga bermanfaat. (nes)

Topik Terkait