img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupMakanan penurun kolesterol tinggi memang sangat beragam mulai dari sayuran buah-buahan hingga kacang-kacangan. Pengidap kolesterol alangkah baiknya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Mengonsumsi makanan sehat dan memiliki banyak pantangan karena mengidap kolesterol tinggi, sobat IntipSeleb sebaiknya kalian mulai menjaga asupan makanan kalian. Rasa sakit akibat mengidap kolesterol memang begitu menyiksa.

Menurut Center for Disease Control and Prevention ada dua jenis kolesterol yaitu HDL atau high-density lipoprotein dan LDL atau low-density lipoprotein. Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Terkadang terasa berat, pegal, nyeri mual, bahkan badan menjadi lemas. Sayuran hijau cocok dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi, dan juga beberapa makanan sehat lainnya.

Pengidap kolesterol alangkah baiknya mulai saat ini untuk tidak memakan seperti jeroan, daging yang terlalu banyak, makanan berkuah santan. Sebab, memiliki kadar kolesterol tinggi terutama LDL ‘jahat’ sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kolesterol bisa diatasi jika asupan makanan kita memang benar terjaga dan sehat. Makanan yang dapat mengganggu kolesterol kita kumat sebaiknya dihindari, dan beberapa buah segar bisa juga mengatasi gejala kolesterol yang terasa menyiksa.

Tak hanya kepada orang tua kali ini kolesterol juga sudah dapat dirasakan oleh kalangan remaja. Untuk itu hati-hati, pertimbangkan asupan makanan pada saat dikonsumsi dan lebih cermat sedini mungkin.

Untuk menghindari kolesterol jahat sebaiknya pencegahan dilakukan mulai sekarang. Karena penderita kolesterol tidak bisa mengonsumsi makanan dengan bebas. Ada beberapa pantangan yang memang dilarang.

Adakah makanan penurun kolesterol jika sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi?

Tentu saja ada. Makanan penurun kolesterol akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dengan syarat orang tersebut mengurangi konsumsi hidangan yang berkolesterol tinggi seperti daging kambing.

Kolesterol sangat dibutuhkan untuk banyak proses di antaranya membuat hormon, vitamin D, asam empedu dan pengubahan lemak menjadi energi. Seharusnya kolesterol selalu digunakan oleh tubuh.

Dibawa dan dialirkan ke seluruh tubuh oleh lipoprotein. Dalam jumlah kecil kolesterol memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, seperti:

✓Membangun struktur membran sel.

✓Memproduksi hormon estrogen, testosteron dan adrenal.

✓Membantu metabolisme tubuh bekerja secara efisien, misalnya untuk menghasilkan vitamin D.

✓Menghasilkan asam empedu, yang membantu tubuh mencerna lemak dan menyerap nutrisi penting

Nah untuk itu langsung Scroll yuk kira-kira apa saja makanan penurun kolesterol tinggi yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari? Chek it out!

1. Beras Merah

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk penderita kolesterol sebaiknya mengganti nasi putih dengan nasi merah karena nasi merah memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga membuat kolesterol tinggi Anda menjadi lebih terkontrol. Meskipun tak memiliki rasa, nasi merah justru dipercaya bisa membantu beberapa penyakit seperti gula darah, kolesterol atau asam urat.

Penderita kolesterol mulai menjaga dan merubah pola hidup sehat kalian dengan mengurangi konsumsi gula terutama yang terkandung di dalam nasi putih. Jika kalian mengganti nasi putih menjadi nasi merah lengkapi dengan sayur dan lauk sehat lainnya.

2. Kacang-kacangan

Pinterest
Foto : Pinterest

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan menurunkan kolesterol secara alami. Penelitian Archives of Internal Medicine menjelaskan bahwa kandungan serat pada kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol setelah rutin mengonsumsinya.

Kandungan kalsium, magnesium, dan kaliumnya juga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang-kacangan di sini kita bisa mengkonsumsi seperti buncis kacang kedelai, kacang merah, dan kacang almond dengan waktu seminggu 3 kali. Karena kacang-kacangan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, asalkan sesuai dan tidak berlebihan.

3. Ikan Lemak Omega 3

Pinterest
Foto : Pinterest

Ada lemak yang boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Kira-kira apa? Nah kali ini lemak yang terkandung pada ikan lemak omega 3 sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi karena bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan sangat cepat, memiliki gizi yang tinggi.

Ikan segar seperti salmon dan ikan yang mengandung lemak omega 3 bisa menjadi solusi utama untuk kalian yang bingung memilih lauk bagi penderita kolesterol tinggi dan gula darah tinggi. Jika tidak ada ikan salmon kalian bisa menggantinya dengan ikan kembung ataupun ikan tuna cocok dikonsumsi baik digoreng di pepes ataupun dikukus dicampur dengan nasi merah.

4. Wortel

Pinterest
Foto : Pinterest

Sayuran yang satu ini dikenal efektif meningkatkan kesehatan mata. Ternyata, kandungan vitamin A, B, C, dan flavonoid pada wortel juga bisa menurunkan kadar kolesterol, lho.

Wortel juga mengandung serat yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna. Sehingga, kadar kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan. dijuluki sebagai sayuran segudang manfaat wortel juga bisa membantu proses penurunan kolesterol tinggi dengan begitu cepat. Bisa dihidangkan menjadi sayur mayur atau dibuat jus segar yang cocok untuk kesehatan tubuh.

5. Kentang

Pinterest
Foto : Pinterest

Nah kali ini jika kalian tidak ingin mengganti nasi putih dengan nasi merah karena tidak memiliki rasa, yuk mulai coba menggantinya dengan kentang. Merebus kentang atau membuat olah makanan kentang bisa menjadi pengganti utama nasi karena kentang dipercaya memiliki banyak kandungan protein dan karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut.

Kandungan serat larut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Satu kentang berukuran sedang sudah memiliki sekitar 5 gram serat larut bisa menurunkan kolesterol jahat di tubuh.

6. Bawang Bombai

Pinterest
Foto : Pinterest

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa buah dan sayur menjadi pilihan makanan penurun kolesterol, kelompok bawang-bawangan juga bisa menjadi solusi penurun kolestrol. Biasanya, bawang bombai dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Namun, bawang besar tersebut juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Hal itu karena, bawang bombai memiliki flavonoid yang mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah. Selain bawang bombay bawang putih biasa juga cocok dijadikan sebagai obat penurun kolesterol dengan dimakan secara mentah-mentah atau juga dibuat jus segar bawang putih.

7. Alpukat

Pinterest
Foto : Pinterest

Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16%. Akan tetapi, jenis lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru menyehatkan karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL).

Alpukat juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. kalian bisa mengkonsumsi alpukat dengan dibuat jus tanpa campuran gula atau susu bahkan bisa memakannya langsung praktis bukan?

Gimana sobat IntipSeleb? Mudah dicari bukan beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa kalian beli di pasar atau di toko-toko sekitar rumah kalian. Nah selain menjaga pola hidup sehat kalian harus memperhatikan asupan makanan kalian dan gizi yang terkandung dalam makanan jangan asal mengkonsumsinya ya!

Penurunan kolesterol jahat bisa dicegah dan diobati jika kalian komitmen dan rutin untuk mencoba beberapa makanan di atas tersebut. Dan pastikan istirahat yang cukup serta meminum air putih 2 liter per hari. Jangan sampai lewatkan timeless Intipseleb setiap harinya yang pasti akan membantu kalian dalam memberi informasi resep, kesehatan, tempat wisata dan lain- lain. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait