img_title
Foto : Penyebab Tipes

IntipSeleb Gaya Hidup – Sakit tipes memang tidak enak dirasakan oleh tubuh. Terkadang seseorang yang terkena tipes bisa merasakan meriang, mual, lemas, pusing, bahkan mata kunang-kunang.

Sejumlah orang kerap terkena sakit tipe bukan karena penyakit bawaan, tetapi penyebab tipes melainkan pola hidup yang kurang sehat. Sehingga virus dan bakteri mudah masuk ke tubuh hingga menjadi penyakit.

Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri ini biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Seseorang yang terinfeksi bakteri penyebab tipes bisa menyebar ke seluruh tubuh yang dapat mempengaruhi banyak organ tubuh penderitanya. Orang yang terinfeksi penyakit demam tifoid / tipes dapat menularkan bakteri melalui fases dan urine, makan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan urine atau fases penderita tipes.

Di sini Siapa yang seringkali terkena penyakit tipes? Di mana tidak mengenakan bukan. Jelas, karena sakit tipes bisa disebutkan sebagai salah satu penyakit yang paling menyiksa lantaran proses pemulihannya begitu lama.

Meskipun sudah mendapatkan perawatan hingga pengobatan terbaik, sakit tipes terasa akan seperti berangsur-angsur bahkan pada saat recovery membutuhkan istirahat total dan jangan sampai kecapean. Pada saat terkena tipes, tubuh akan merasakan beberapa gejala sebelumnya. Seperti panas dingin, mual dan lemas.

Nah kali ini intip seleb akan memberikan informasi kepada kalian, kira-kira gejala apa saja yang dirasakan pada saat kita terkena positif tipes, cek dibawah ini!

1. Demam yang meningkat setiap hari hingga mencapai 39o – 40o celcius

2. Sakit kepala

3. Lemah dan lelah

4. Nyeri otot

5. Berkeringat Dingin

6. Batuk kering

7. Kehilangan nafsu makan dan menurunkan berat badan

8. Sakit perut

9. Diare atau sembelit

10. Muncul ruam pada kulit berupa bintik-bintik kecil berwarna merah muda

11. Perut yang membengkak

Nah itu dia 11 gejala yang sering dirasakan pada saat kita terkena tipes. Jika kalian mengalami ciri-ciri di atas sebaiknya kalian mulai mengatur pola hidup sehat dan memeriksakannya ke dokter.

Beberapa penyebab terjadinya penyakit tipes karena hal-hal yang sering kita lakukan sehari-hari bahkan kurang memperhatikannya. Tubuh yang terlalu kelelahan dan kurang istirahat dapat membuat energi kita menjadi drop, sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit salah satunya yaitu tipes.

Tak berhenti di situ, beberapa hal wajib kalian hindari usai kalian terkena sakit tipes untuk menghindari sakit tipes yang berkepanjangan atau berkelanjutan setelahnya. Kira-kira apa saja yang wajib kalian hindari pada saat terkena penyakit tipes? Scroll artikel berikut ini ya!

1. Kecapean

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Kurangnya istirahat bahkan melakukan banyaknya aktivitas membuat tubuh kita menjadi cepat lelah hingga merasa capek. Sebaiknya jika energi di tubuh mulai berkurang istirahat sejenak untuk mengontrol agar stamina dan energi kita kembali bangkit.

Penderita penyakit tipes kalian jangan sampai kelelahan bahkan dianjurkan untuk banyak beristirahat. Jika kalian terkena tipes dan kemudian merasa kecapean hingga merasa lelah, hal ini bisa menimbulkan gejala tipes berkelanjutan yang akan tumbuh kalian rasakan setelahnya. Faktor kelelahan ini bisa menjadi pemicu utama, badan kalian mudah terserang penyakit tipes. Untuk itu jaga stamina dan tetap lakukan istirahat secukupnya.

2. Makanan Asam dan Pedas

Pinterest/warunggelo pedas
Foto : Pinterest/warunggelo pedas

Kalian sudah berapa kali terkena tipes? Nah untuk yang sudah memiliki riwayat penyakit tipes sebelumnya sebaiknya mulai menjaga asupan makanan kalian. Orang yang sudah terkena tipes biasanya dilarang oleh dokter untuk mengonsumsi makanan pedas dan asam.

Bagi kalian yang masih suka makan rujak ataupun bakso super pedas, sebaiknya mulai di rem saat ini karena hal tersebut bisa menimbulkan gejala tipes yang berkelanjutan nantinya. Tak heran jika kalian masih hobi memakan makanan pedas, maka tipes kalian akan sering kumat.

Karena proses pencernaan di tubuh kalian, sudah tidak optimal seperti sebelum terkena penyakit tipes. Biasanya badan akan kembali merasa panas dingin atau meriang, saat kita mengonsumsi makanan pedas dan asam seperti rujak, bakso, seblak dan lain-lain.

3. Begadang

Pinterest
Foto : Pinterest

Kabar buruk bagi kaum insomnia, Karena untuk penderita riwayat tipes kalian tidak dianjurkan untuk begadang bahkan hingga mengalami kurangnya waktu untuk beristirahat. Insomnia atau begadang, pemicu utama badan kalian akan mudah drop.

Berbanding terbalik justru pemulihan akibat riwayat penyakit tipes dianjurkan untuk bedrest atau istirahat total. Jadi untuk kaum begadang sebaiknya kalian mulai mengatasi dan mencoba terapi agar jam tidur kalian kembali normal.

4. Produk Olahan Susu

Pinterest/Two Spoons
Foto : Pinterest/Two Spoons

Jangan salah biasanya jika kalian sedang jatuh sakit makanan dan minuman yang sering dikonsumsi adalah susu. Namun pada saat terkena penyakit tipes susu adalah salah satu minuman yang paling dihindari oleh penderita lantaran mengandung banyak lemak tinggi di dalamnya.

Bagi seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, bisa mengalami keracunan, gangguan pada sistem pencernaan hingga penyakit tipes. Produk ini juga sangat mudah terkontaminasi bakteri Salmonella thyphi, Shigella dan amoeba, jika susu yang digunakan masih mentah.

5. Kurang Bersih Mencuci Buah dan Sayur

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk kalian yang masih asal-asalan dalam mencuci sayur-sayuran dan buah-buahan sebaiknya mulai diperhatikan sedini mungkin, karena salah satu penyebab penyakit tipes datang yaitu lantaran bakteri yang menempel pada buah dan sayur saat di cuci kurang bersih.

Sayur dan buah yang kurang bersih saat di cuci sebelum di santap, akan terkontaminasi oleh residu pestisida, bakteri salmonella, Listeria campylobacter, dan E. coli. Tentu saja mengonsumsi sayur dan buah yang sudah terkontaminasi bakteri, akan menyebabkan seseorang terkena tipes.

6. Air Mentah

Pinterest
Foto : Pinterest

Hati-hati dengan air mentah, meskipun bersih dan jernih kandungan diminum oleh tubuh kita itu tampak tidak sehat dan tidak baik. Apalagi jika kalian di luar sana masih sering membeli es balok. Biasanya es balok atau es batu biasa dibuat dari air mentah.

Bakteri-bakteri yang terkandung di dalam air mentah yang telah dibuat es tersebut, akan mengganggu proses pencernaan hingga mudah terkena virus tipes saat menempel di tubuh. Untuk itu lebih baik mengkonsumsi air yang benar-benar sudah matang dan mendidih, agar tubuh kita bisa terhindar dari penyakit tipes.

Kesadaran ini perlu kita tingkatkan, karena biasanya sejumlah orang tidak memperdulikan tentang air yang diminum apalagi bagi orang-orang yang masih suka jajan es di pinggir jalan. Pastikan air yang dikonsumsi dan pastikan juga air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut adalah air matang sempurna.

Karena dengan hal biasa tersebut, virus-virus dan bakteri yang mengalir di tubuh kita akan mengendap hingga mengganggu beberapa proses metabolisme bahkan mudah menurunkan imunitas tubuh yang berujung tipes.

Sudah paham kan apa saja yang wajib kalian hindari agar tidak terkena penyakit tipes? Ya sobat setia IntipSeleb, simak terus artikel timeless setiap harinya karena akan memberikan banyak informasi dan edukasi untuk kalian baca, dan jangan sampai ketinggalan!

Topik Terkait