img_title
Foto : Instagram/@borobudurpark

IntipSeleb Gaya HidupCandi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang sudah tak asing lagi di teling masyarakat. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat betapa besar dan megahnya Candi Borobudur.

Beberapa waktu lalu, mungkin sempat menuai beragam reaksi dari publik perihal harga tiket Candi Borobudur. Pasalnya, tiket ke Candi Borobudur kabarnya dipatok dengan harga Rp750 ribu. Namun wacana tersebut tidak terealisasikan dan secara resmi harga tiket ke Candi Borobudur tidak jadi naik.

Di sisi lain, tahukah anda mengenai hal-hal menarik yang bisa anda temui di Candi Borobudur? Jika anda hendak datang, simak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark
Foto : Instagram/@borobudurpark

Candi Borobudur berlokasi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur memiliki banyak stupa yang dimana didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada kisaran tahun 800-an Masehi.

Besar dan megahnya Candi Borobudur membuat bangunan ini disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbsar yang ada di dunia. Pada dinding Candi Borobudur dilengkapi dengan relief sebanyak 2.672m serta memiliki sebanyak 504 arca Buddha.

Sejarah menarik

Instagram/@borobudurpark
Foto : Instagram/@borobudurpark

Hal yang menarik adalah bahwa Candi Borobudur sempat menghilang, Hal ini lantaran bangunan besar itu sempat terkubur di bawah lapisan debu dan juga debu vulkanik yang kemudian ditumbuhi dengan pohon dan juga semak belukar. Sehingga pada saat itu Candi Borobudur memiliki tampilan tak jauh berbeda dari bukit.

Hingga kemudian usai masa perang antara Ingris-Belanda di Tanah Air, pulau Jawa berada di bawah pemerintahan Inggris mulai sejak 1811 hingga 1816. Thomas Stamford Raffles yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal, memiliki ketertarikan dengan sejarah Jawa.

Ia mengumpulkan artefak kesianan dan membuat catatan tentang sejarah. Hingga kedatangannya ke Semarang di tahun 1814, ia mendapat kabar bahwa ada monumen besar di dalam hutan dekat desa Bumisegoro.

Karena tak bisa ikut serta, ia mengutus H.C Cornelius yakng merupakan insinyur Belanda untuk melihat monumen tersebut. Cornelius bersama dengan 200 anak buahnya mulai menebang semak belukar yang tumbuh di bukit Borobudur.

Daya tarik Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark
Foto : Instagram/@borobudurpark

Ada hal-hal menarik yang bisa anda temui di Candi Borobudur. Berikut ini adalah daya tariknya:

1. Pesona kemegahan Candi

Daya tarik utama dari Candi Borobudur adalah bangunan candi yang besar dan megah. Sebagai salah satu warisan sejarah, Candi Borobudur terkesan kuno namun unik dan memiliki nuansa yang berbeda dibanding tempat wisata yang lainnya.

Tak hanya bisa melihat kemegahan candi saja, anda juga diperkenankan untuk naik dan melihat secara langsung. Anda akan semakin dibuat terpukau dengan detail dari ukiran dan arca yang ada di Candi Borobudur. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut.

Namun di masa pandemi COVID-19, wisatawan tidka diperkenankan naik dan hanya diperbolehkan sampai di pelataran atau halaman candi saja.

Namun anda tetap bisa berfoto dengan berlatar belakangkan Candi Borobudur yang megah. Selain itu, kawasan Candi Borobudur yang luas akan semakin seru untuk dijelajahi ke setiap sudutnya. Namun, anda juga perlu memastikan bahwa kondisi tubuh anda sedang fit sehingga bisa berjalan jauh mengelilingi area Candi Borobudur yang luas.

2. Sunrise

Untuk para penikmat sunrise, di sini juga anda bisa melihat keindahan matahari terbit dari atas Candi Borobudur. Akan tetapi, anda diharuskan membayar lagi. Untuk paket sunrise wisatawan domestik Rp325.000 untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak senilai Rp162.500. Biaya ini sudah termasuk snack dan juga minuman.

Anda bisa membelinya di Manohara hotel secara langsung mulai pukul 4.30 pagi. Kendati demikian, kabarnya paket sunrise ini masih belum dibuka selama pandemi COVID-19.

3. Safari gajah

Mungkin tak terpikirkan oleh anda, bahwa di Candi Borobudur anda bisa mencoba safari gajah. Wah, tentunya akan sangat menyenangkan ya. Untuk biasanya sendiri tergantung paket yang anda pilih. Jika anda ingin menunggangi gajar selama kurang lebih 10 menit, anda akan dikenakan tarif Rp50.000.

Anda akan dibebaskan untuk berfoto, naik gajah hingga memberi makan gajah. Tak hanya itu saja, untuk anda yang senang gowes, anda juga boleh mengitari area kompleks Candi Borobudur dengan menggunakan sepeda.

Tentunya pengalaman ini akan terasa menyenangkan ditambah dengan pemandangan megah dari Candi Borobudur dan keindahan alam sekitarnya.

Fasilitas Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark
Foto : Instagram/@borobudurpark

Untuk fasilitasnya sendiri, Candi Borobudur sudah termasuk lengkap. Ada toilet, jalur kereta kelinci untuk mengitari kompelks candi, hingga kios-kios kecil yang menjajakan makanan. Anda juga bisa membeli souvenir atau oleh-oleh yang dijual oleh para pedagang.

Selain itu, ada pula tempat ibadah seperti musala dan juga area parkir yang luas sehingga tak perlu khawatir jika datang menggunakan kendaraan pribadi.

Harga tiket Candi Borobudur

Instagram/@borobudurpark
Foto : Instagram/@borobudurpark

Sempat dikabarkan akan mengalami kenaikan, namun harga tiket Candi Borobudur nyatanya tak jadi naik. Meskipun demikian harga tiket tersebut memiliki perbedaan antara wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara. Berikut ini adalah harga tiket masuk Candi Borobudur:

1. Harga tiket masuk wisatawan lokal (dewasa): Rp50.000
2. Harga tiket masuk wisatawan lokal (anak-anak): Rp25.000
3. Harga tiket masuk wisatawan asing (dewasa): Rp362.500 atau 25 USD
4. Harga tiket masuk wisatawan asing (anak-anak): Rp217.500 atau 15 USD

Lokasi Candi Borobudur yang tak terlalu jauh dengan wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko membuat harga tiket ada yang dibuat bundling. Berikut daftar harganya.

1. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Perambanan (dewasa): Rp75.000
2. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Ratu Boko (dewasa): Rp75.000
3. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Ratu Boko (anak-anak): Rp35.000
4. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Perambanan (anak-anak): Rp35.000

5. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Perambanan (dewasa): Rp625.500 atau 45 USD
6. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Perambanan (anak-anak): Rp391.500 atau 27 USD
7. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Ratu Boko (dewasa): Rp625.500 atau 45 USD
8. Harga tiket masuk terusan Borobudur & Ratu Boko (anak-anak): Rp391.500 atau 27 USD

Namun perlu diingatkan bahwa harga yang tercantum di atas bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Namun kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi patokan untuk anda yang ingin menentukan biaya berlibur.

Demikian adalah sederet informasi mengenai sejarah Candi Borobudur, harga tiket hingga daya tariknya. Diingatkan kembali bahwa harga yang tertera di atas bisa saja mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola.

Informasi lebih lanjut anda bisa langsung mengunjungi website resminya di https://borobudurpark.com/ dan juga bisa beli tiket secara online. Anda juga bisa mengunjungi Instagramnya di @borobudurpark yang membagikan informasi terkini dari Candi Borobudur.

Akhir kata semoga artikel timeless di atas bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur!

Topik Terkait