img_title
Foto : Gmaps/I KADEK KUSUMA ANTARA

IntipSeleb Gaya Hidup – Monumen Bajra Sandri merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menjadi simbol atau menyimpan banyak kenangan tentang perjuangan rakyat Bali. Monumen Bajra Sandhi juga disebut dengan Monumen Perjuangan Rakyat Bali.

Bali memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Bukan tanpa alasan, setiap tempat wisata di Bali memiliki pesonanya sendiri-sendiri sehingga selalu menawarkan pengalaman yang berbeda apabila berkunjung.

Belum lagi bangunan wisata di Bali yang biasanya merupakan peninggalan kerajaan seperti misalnya saja pura. Dengan bentuk ukiran dan secara visual tampak unik dan khas, membuat wisatawan yang datang ke Bali akan penasaran untuk mengunjungi tiap tempat wisata tersebut.

Salah satunya adalah Monumen Bajra Sandri. Begitu memasuki kawasannya, anda akan dibuat takjub dengan desain gapura serta bangunan utamanya yang sangat unik dan estetik. Untuk anda yang hobi berfoto, tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata anda selama berlibur di Bali.

Terletak di Kota Denpasar, Bali, rasanya tak lengkap jika tak menyimak hal menarik serta sejarah singkat tentang Monumen Bajra Sandhi. Penasaran? Simak artikel tentang Monumen Bajra Sandhi berikut ini.

Monumen Bajra Sandhi

gmaps/발리Hulk
Foto : gmaps/발리Hulk

Dikenal sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali, bangunan ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan. Selain itu, bangunan ini juga sebagai lambang atau simbol pesemaian pelestarian jiwa perjuangan bagi rakyat Bali dari tiap generasi.

Monumen Bajra Sandhi juga banyak dianggap sebagai simbol semangat rakyat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. bangunan ini memiliki 17 anak tangga yang seolah melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia.

Kemudian ada 8 buah tiang agung di dalam bangunan yang melambangkan bulan ke-8 yakni Agustus. Kemudian tinggi dari Monumen Bajra Sandhi adalah 45 meter, melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia.

Nama bajra Sandhi karena bentuk monumen ini yang menyerupai Bajra atau Genta yang biasa digunakan oleh para Pendeta Hindu untuk mengucapkan Weda (mantra) pada upacara keagamaan. Monumen yang dibangun pada tahun 1987 ini, diresmikan pada 14 Juni 2003 pada era kepemimpinan Megawati Soekarno Putri yang secara khusus juga berperan dalam meresmikannya.

Dibangunnya Monumen Bajra Sandhi secara tidak langsung bertujuan untuk mengabadikan jiwa dan juga semangat pada masyarakat Bali. Hal ini agar senantiasa memelihara, mengembangkan dan melestarikan budaya Bali yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Jika anda hendak datang, berikut ini adalah daya tarik dari Monumen Bajra Sandhi agar membuat anda semakin yakin untuk datang.

Daya tarik Monumen Bajra Sandhi

gmaps/발리Hulk
Foto : gmaps/발리Hulk

Monumen Bajra Sandhi berlokasi di Jl. Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Berikut ini adalah sederet daya tarik dari Monumen Bajra Sandhi.

1. Pesona keindahan bangunan

Salah satu daya tarik dari bangunan Monumen Bajra Sandhi adalah bangunannya. Memiliki bangunan yang indah, unik dan estetik. Memasuki area tersebut, anda akan merasa seolah dibawa kembali ke zaman kerajaan.

Banyak pula wisatawan asal Asia seperti China, Jepang dan Korea merasa bahwa Pagoda di Monuman Bajra Sandhi seperti di negara sendiri. Jadi bisa dibayangkan bahwa bahwa bangunan di monumen itu seolah seperti berada di negara lain.

2. Sejarah Bali

Monumen Bajra Sandhi juga menjadi salah satu tempat wisata edukasi. Sebab, seperti layaknya monumen di sini menyimpan sejarah Bali yang mungkin jarang diketahui. Di dalam monumen terdapat diaroma 3D yang mengisahkan tentang sejarah atau tentang masyarakat Bali.

Selain itu ada pula jajaran lukisan yang apik dan akan menarik perhatian anda. Area dalam monumen juga sangat luas, jadi anda memiliki kebebasan untuk mengeksplor setiap sudut tempatnya dengan leluasa.

3. Pemandangan dari atas bangunan

Di sini, ketika anda masuk ke monumen dan naik ke bagian puncak banungan, anda akan menemukan tempat yang luas. Di sini anda bisa melihat kota Denpasar Bali dalam 360 derajat. Namun sebelum mencapai tempat ini, anda perlu menaiki ratusan anak tangga yang melingkar tinggi menjulang ke lantai 3.

Jadi pastikan anda agar anda memiliki kondisi tubuh yang fit agar tidak pusing karena menaiki tangga yang melingkar. Sekadar informasi bahwa ruang tangganya cukup sempit, yakni hanya bisa menampung 2 orang saja di tiap satu anak tangga.

4. Area olahraga

Monumen Bajra Sandhi memiliki area taman yang luas. Ada pula jalan setapak yang nyaman untuk dipijaki. Sehingga tak heran jika banyak yang senang berjalan-jalan di sekitar area taman monumen. Banyak juga masyarakat Bali yang sengaja datang ke area Monumen Bajra Sandhi untuk berolahraga.

Banyak yang sengaja datang di pagi hari untuk sekadar jogging di sekitar kawasan Monumen Bajra Sandhi. Banyak juga komunitas olahraga yang menggelar olahraga bersama seperti misalnya yoga. Selain bisa olahraga bersama, udara pagi hari yang segar di kawasan Monumen tentunya akan membuat pikiran semakin fresh.

Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi

gmaps/Huihui Pan
Foto : gmaps/Huihui Pan

Monumen Bajra Sandhi buka setiap hari. Di hari Senin – Jumat buka mulai pukul 08.30 – 17.00 WITA. Sedangkan hari Sabtu – Minggu buka sejak pukul 09.30 – 17.00 WITA. Sedangkan di hari libur keagamaan Hindu, tempat wisata ini tutup. Untuk harga tiket masuknya, berikut ini adalah listnya:

1. Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi (dewasa): Rp25.000
2. Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi (anak-anak): Rp10.000
3. Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi (pelajar): Rp2.000
4. Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi (mahasiswa): Rp5.000

Tak hanya untuk kunjungan wisata saja, namun Monumen Bajra Sandhi juga kerap kali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding. Tempatnya yang estetik dan apik, tak sedikit yang ingin mengabadikan momennya di tempat tersebut. Jika ingin foto pre-wedding, anda akan dikenakan tarif Rp500.000.

Sekadar informasi bahwa harga yang tertera di atas adalah untuk biaya tiket masuk wisatawan lokal. Selain itu, harga yang tertera bisa saja mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu, tergantung pihak pengelola tempat wisata.

Fasilitas di Monumen Bajra Sandhi

gmaps/bq nani purwaningsih
Foto : gmaps/bq nani purwaningsih

Di tempat wisata ini juga memiliki sederet fasilitas yang mempuni. Ada perpustakaan, kolam ikan, kerajinan tangan serta toilet untuk para pengunjung. Area parkiran yang disediakan cukup luas untuk anda yang membawa kendaraan pribadi. Monumen Bajra Sandhi menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang wajib anda kunjungi bersa

Demikian adalah sederet informasi mengenai Monumen Bajra Sandhi dan lain halnya. Diingatkan kembali bahwa harga yang tertera pada artikel ini bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Kendati demikian kami berharap bahwa rincian harga di atas dapat menjadi patokan untuk anda dalam merencanakan biaya berlibur.

Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (19.45)

Topik Terkait