img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut ini rangkaian skincare pria yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari. Merawat wajah tak hanya untuk wanita, pria juga wajib melakukannya.

Meski lekat dekat wanita, namun apa salahnya pria turut menjaga kesehatan. Sebab, merawat kulit pada dasarnya hal yang baik bagi kesehatan. Namun tak hanya buat sehat, memakai skincare juga berguna bagi penampilan kita.

Kulit pria memiliki perbedaan dari wanita. Menurut penelitian, kulit pria lebih tebal, lebih kasar, dan lebih berminyak secara alami.

Jadi masuk akal jika rutinitas perawatan kulit akan bervariasi dari satu jenis kelamin ke jenis kelamin lainnya. Sementara sekarang, dengan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menyempurnakan perawatan kulit pria, dan pilihan yang terus berkembang untuk mencocokkan, pria akhirnya dapat meningkatkan dari sekadar cuci muka cepat di kamar mandi dengan sabun batangan generik.

Perawatan kulit adalah topik yang sangat populer saat ini, tetapi kebanyakan orang menganggapnya sebagai hal yang feminin, yang sangat salah. Tidak peduli apakah kamu laki-laki atau perempuan, kulitmu memiliki peran pelindung bagi tubuh Anda, menutupi semua jaringan dan organ, yang bertanggung jawab bagi kita untuk hidup.

Kita semua tahu bahwa kerusakan kulit dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan karena secara harfiah membuka pintu masuknya kotoran dan bakteri ke dalam tubuh kita. Karena itulah kita pergi ke dokter ketika kita terluka, sehingga mereka dapat membantu penyembuhan.

Kulit kita juga memiliki fitur penyelamat nyawa yang menarik. Ia memperbaharui dengan sendirinya, sehingga luka bisa sembuh. Jerawat dan bekas luka mikro di kulit kita juga merupakan luka, meski tidak terlalu besar.

Tapi, faktanya tidak peduli apakah kamu laki-laki atau perempuan, kamu harus merawatnya, atau setidaknya melembabkannya setiap hari. Hanya karena kamu seorang pria, bukan berarti Anda tidak perlu merawat kulitmu.

Kita semua tahu bahwa lelucon populer membuat banyak pria kurang peduli dengan rambut, wajah, dan tubuh mereka. Lalu mungkin semua serum, mousturizer, sunscreen, dan perawatan kulit lainnya menjadi tabu bagi pria.

Namun, perlu pria tahu, bahwa memakai skincare harus dibiasakan sejak awal untuk mencegah kerusakan kulit nantinya. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia rangkaian skincare pria dari IntipSeleb untuk kamu.

Rangkaian Skincare Pria

Freepik
Foto : Freepik

1. Membersihkan Wajah

Pembersihan wajah adalah prosedur dasar dari rutinitas perawatan kulit. Menggunakan air hangat untuk mencuci muka dapat membuka pori-pori untuk membasuh kotoran.

Oleskan busa pembersih wajah berukuran sepeser pun ke wajah Anda dengan gerakan melingkar dengan lembut. Lalu, bilas dengan baik dengan air hangat. Kemudian, percikkan air dingin ke wajah Anda untuk menghaluskan pori-pori.

2. Exfoliating

Langkah selanjutnya adalah eksfoliasi. 2-3 kali per minggu sangat ideal. Ini adalah pembersihan mendalam untuk menghilangkan sel kulit mati, kotoran di pori-pori dan sebum.

Dapat melembutkan kulit dan mencerahkan warna kulit kusam. Ini juga membantu mencegah pori-pori tersumbat, berjerawat dan komedo. Oleskan sedikit scrub wajah ke wajah Anda dan pijat dengan lembut selama 30 detik sebelum dibilas.

3. Pakai Serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang secara efisien memberikan konsentrat tinggi bahan aktif tertentu ke dalam kulit kamu. Berbeda dengan pelembab, serum tidak mengandung bahan oklusif.

Atas hal itu, membuat serum dapat menembus lebih dalam ke epidermis. Gunakan serum setelah mencuci dan mengencangkan wajah, lalu olesi dengan pelembap untuk menutup kebaikannya.

4. Melembabkan Wajah

Melembabkan adalah langkah terpenting untuk rutinitas perawatan kulit harian. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Jaga agar kulit yang kamu miliki tetap terhidrasi untuk mencegah pembentukan kerutan dan produksi minyak berlebih. Kamu juga dapat menggunakan krim mata untuk menenangkan garis-garis halus dan mengurangi bengkak di sekitar matamu.

5. Pakai Tabir Surya

Bagaimana agar awet muda? Cara terbaik anti-penuaan adalah memakai tabir surya setiap hari. Tabir surya adalah barang yang harus dimiliki untuk melawan sinar UV yang berbahaya. 90% penuaan dini disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Oleskan SPF30 atau tabir surya yang lebih tinggi setiap hari untuk melindungi kulitmu.

Manfaat Memakai Skincare Bagi Pria

Freepik
Foto : Freepik

1. Hasil Cepat

Tidak seperti menurunkan berat badan atau membentuk otot. Bahkan kamu tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasil dari rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Melembabkan wajah Anda dengan krim malam untuk pria sebelum tidur dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan dan bekas luka/kemerahan di wajah dalam semalam. Saat kita tertidur lelap, kulit kita bekerja lembur untuk meremajakan dan mengisi kembali sel-sel kulit. Inilah salah satu alasan mengapa tidur malam yang nyenyak itu penting.

Dengan menggunakan produk perawatan kulit pria yang tepat, kamu dapat memaksimalkan periode pembaruan ini dan mencapai hasil yang lebih cepat. Kuncinya adalah menemukan produk perawatan kulit yang bekerja sama untuk menyederhanakan rutinitasmu.

2. Memperlambat Penuaan

Selama masa remaja, banyak dari kita pria ingin tampil lebih tua dari kita. Tetapi saat kita memasuki usia akhir 20-an dan 30-an, kebalikannya menjadi kenyataan.

Seorang pria berusia awal 30-an dikatakan berada di masa jayanya. Namun, ini juga merupakan periode kritis di mana membentuk kebiasaan perawatan kulit yang baik sangat penting.

Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Agar tetap terlihat kencang dan halus selama mungkin, penting untuk mengikuti rangkaian perawatan kulit.

Ini termasuk mencuci wajah dengan baik, exfoliating dan pelembab. Tidak ada yang bisa awet muda selamanya, tetapi kita dapat secara signifikan memperlambat proses penuaan dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

3. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Pria biasanya tidak mengandalkan riasan atau kosmetik lain untuk meningkatkan penampilan mereka. Namun, kulit adalah sesuatu yang relatif mudah berubah.

Rutinitas perawatan kulit yang teratur dapat mengurangi beberapa kerusakan kulit terbesar. Entah itu lingkaran hitam di bawah matamu atau jerawat yang terus-menerus, akhirnya mendapatkan kulit yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu secara signifikan.

Ketika kamu yakin dengan kulit dan penampilanmu secara umum, hal itu juga dapat berdampak positif pada area lain dalam hidup. Dari merasa lebih percaya diri dalam kehidupan sosialmu hingga menemukan keberanian untuk berbicara di tempat kerja, manfaat kulit yang lebih baik jauh melampaui permukaan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Setelah hari yang panjang, sangat menggoda untuk melewatkan rutinitas perawatan kulit malam hari dan tidur. Tetapi melewatkan langkah ini akan meninggalkan kotoran dan minyak di pori-porimu, yang dapat menyebabkan jerawat di pagi hari.

Selain itu, melewatkan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit ini hanya akan membuat kamu cenderung mengabaikannya lagi di masa depan. Untuk membentuk kebiasaan perawatan kulit yang baik dan menjaga kulit tampak cerah, kamu perlu berkomitmen pada rutinitas sederhana.

Itu dia rangkaian skincare pria yang bisa kamu praktikan setiap harinya, agar mendapat kulit yang sehat dan menambah ketampananmu. Jika kamu ingin lihat tips dan trik lainnya, kamu bisa kunjungi beragam artikel timeless di kanal lifestyle IntipSeleb. (Cy)

Topik Terkait