img_title
Foto : MD Pictures

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut review dari film Kukira kau rumah yang mengangkat isu yang tabu diperbincangkan. Bagi sebagian orang, memiliki penyakit mental dianggap sebagai sebuah aib.

Isu itu diangkat oleh film ini, yang menceritakan keinginan seorang anak yang sulit untuk disampaikan. Dikemas dengan baik, film ini banyak mendapat pujian oleh banyak orang.

Film ini disutradarai oleh Umay Shahab, ini merupakan kali pertama dirinya menjadi sutradara. Lalu juga diproduksi oleh Prilly Latuconsina, Yahni Damayanti. Naskahnya sendiri ditulis oleh Monty Tiwa, Umay Shahab, dan Imam Salimy.

Selain dibintangi Prilly Latuconsina, film Kukira Kau Rumah juga menampilkan Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Raim Laode, Unique Priscilla, hingga Kiki Narendra. Film bergenre drama psikologis ini juga menjadi debut perdana Umay Shahab sebagai sutradara.

Film Kukira Kau Rumah melakukan pemutaran perdana secara internasional di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.Gala Premiere diadakan di Plaza Senayan XXI pada 31 Januari 2022 dengan turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno.

Film ini tayang di bioskop Indonesia pada 3 Februari 2022. Kukira Kau Rumah juga ditayangkan di bioskop Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam oleh distributor Antenna Entertainment pada 17 Februari 2022 atas tingginya permintaan penggemar yang berada di ketiga negara tersebut.

4 bulan pasca penayangan di bioskop Indonesia, Kukira Kau Rumah disalurkan di layanan video sesuai permintaan Disney+ Hotstar mulai 1 Juli 2022. Film Kukira Kau Rumah berhasil meraih 2 juta penonton setelah 15 hari penayangan di bioskop dan mendapatkan 220.180 penonton tambahan hingga akhir penayangan.

Dalam ajang Festival Film Indonesia ke-41, Kukira Kau Rumah mendapatkan piagam sebagai 5 Besar kategori Film Terfavorit Pilihan Penonton. Pada Rabu, 16 Maret 2022, Kukira Kau Rumah menerima penghargaan Rekor MURI sebagai Film dengan Penonton Terbanyak di Masa Pandemi dengan total 2.219.233 penonton.

Film ini juga diadaptasi dari sebuah lagu dengan judul yang sama yakni Kukira Kau Rumah yang dipopulerkan oleh grup musik Amigdala. Mengangkat isu kesehatan mental, produksi pembuatan film ini pun melibatkan psikolog dan bekerja sama dengan Bipolar Care Indonesia dalam penggarapannya.

Penasaran dengan sinopsis dan review film ini? Yuk simak terus artikel di bawah ini.

Sinopsis Film Kukira Kau Rumah

Instagram/@umayshahab
Foto : Instagram/@umayshahab

Film Kukira Kau Rumah mengangkat tentang isu mental seorang perempuan yang bernama Niskala (diperankan oleh Prilly Latuconsina) yang mengidap penyakit bipolar sejak remaja. Akibat penyakit yang dideritanya, membuat ayah Niskala menjadi protektif.

Niskala tidak bisa melanjutkan sekolah dan hanya bisa bergaul dengan Dinda dan Oktavinus, teman-temannya sejak kecil yang bisa ayahnya percaya. Namun ketika ayahnya keluar untuk bekerja, Dinda dan Oktavinus selalu mengajaknya ke kuliah, dengan sepengetahuan ibunya, Mella.

Tanpa sepengetahuan ayahnya, Niskala diam-diam kuliah. Ia ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia juga bisa berprestasi dengan penyakit yang dideritanya.

Lalu, kehidupan Niskala berubah sejak ia bertemu dengan Pram (Jourdy Pranata). Pram yang merupakan seorang musisi juga memiliki masalahnya sendiri.

Lelaki tersebut kerap merasa kesepian. Terlebih saat ia ditinggal oleh sang ayah yang meninggal dan ibunya yang sibuk bekerja.

Semakin hari, Mella semakin cemas akan keberadaan Niskala yang semakin jarang di rumah, lalu sang ibu dari Niskala tersebut menegur Dinda dan Oktavinus. Oktavinus yang stres memarahi Niskala karena selalu bersama Pram.

Saking marahnya, Oktavinus sampai memukul Pram. Dari situ amarah Niskala terpicu dan ia semakin depresi, bersikeras bahwa hanya Pram yang mampu membuatnya bahagia dan bukan antidepresan.

Pram bertemu Niskala di ruangannya atas persetujuan Mella, dan mengajaknya keluar. Kebahagiaannya pun kembali, dan ia meminta maaf kepada Dinda dan Okatvinus. Pram sempat kecewa karena cintanya terhadap Niskala bukan cinta sempurna yang ia impikan, namun tetap bersyukur karena masih bisa bersamanya.

“Seperti magnet, Kala hanya bisa menarik. Dan aku, tak kuasa untuk tidak tertarik” – Pram.

Berikut adalah penggalan kata-kata ikonik dari film tersebut. Kata-kata romantis itu dilontarkan Pram untuk Niskala.

Film diakhiri dengan adegan di mana ayah dari Niskala memergoki Pram dan Niskala tengah bernyanyi di sebuah kafe. Dedi (ayah dari Niskala) yang marah langsung menghajar Pram dan membuat emosi Niskala kembali bergejolak.

Akibatnya, Niskala berlari ke atas jembatan hendak bunuh diri. Orang tuanya panik, lalu sang ibu meminta ayahnya untuk minta maaf, namun ditolak oleh Dedi.

Pram mendekati Niskala, siap untuk mati bersamanya, namun Pram lompat dengan sendirinya. Dengan tragis, Pram pun meninggal karena lompat dari jembatan.

Niskala mengunjungi rumah Pram dan disambut ibunya, yang mengatakan bahwa selama ia pergi, Pram selalu mengirim pesan suara yang mendeskripsikan perasaannya terhasdap Niskala. Setelah mendengarkan pesan pertama, Niskala mendengar suara Pram memanggilnya dari belakang.

Review Film Kukira Kau Rumah

Disney +
Foto : Disney +

Gambaran Keseluruhan Cerita

Film Kukira Kau Rumah menjadi tontonan anak muda yang berbeda. Film ini menceritakan tentang Pram (21 tahun), seorang pemuda kesepian, sejak SMP ayahnya telah meninggal, dan ibunya sibuk bekerja. Pram mengisi hari-harinya dengan bermain musik dan menggubah lagu sambil bekerja di kafe musik. Sampai saat itu, Pram mengenal Niskala (19 tahun).

Pram saat itu dekat dengan Niskala, dan satu hal yang tidak diketahui Pram saat itu adalah Niskala yang mengidap bipolar. Niskala sebenarnya belajar secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan ayahnya, Dedi (50 tahun). Satu-satunya tujuan Niskala adalah membuktikan kepada ayahnya bahwa meski sakit, Niskala tetap bisa berprestasi.

Hal ini hanya diketahui oleh Mela (48 tahun), ibu Niskala, dan dua sahabat Niskala, Oktavianus (20 tahun) dan Dinda (19 tahun). Dengan kondisi itu, pada dasarnya kondisi Niskala sangat terbatas. Namun sejak Pram akrab dengan Niskala, kehidupan Niskala berubah.

Film Kukira Kau Rumah tampil mengejutkan, keluar dari genre cerita kasual remaja. Film perdana besutan Umay Sahab ini mengalir dengan lancar dan mudah untuk dinikmati. Namun pesan yang ingin disampaikan dapat ditangkap dengan mudah tanpa menggurui.

Akting Para Pemain dang Original Soundtrack Film Kukira Kau Rumah

Akting Prilly Latuconsina sangat meyakinkan dengan naik turunnya emosi yang drastis. Ada satu titik di mana Prilly dituntut untuk bertindak tanpa kata hanya dengan mata, dan kesannya merasuk ke dalam jiwa. Jourdy Pranata juga memberikan performa maksimal untuk memberikan sudut pandang orang ketiga dalam film ini.

Lagu-lagu yang disiapkan khusus untuk memperkuat OST Kukira Kau Rumah berperan penting dalam mengelola emosi penonton. Pada akhirnya, bukan hanya kesehatan mental yang ditampilkan, tetapi juga hal-hal yang selama ini sulit disampaikan oleh anak kepada orang tuanya terwakili dengan baik.

Penonton sukses dibuat turut merasakan emosi yang dialami oleh Niskala. Namun, bagi orang yang punya kondisi mental tertentu harus waspada, film ini bisa trigger timbulnya isu mental yang dialami.

Itu dia review lengkap dari film Kukira Kau Rumah. Jika tertarik menonontonnya, film ini tersedia di Disney+.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak seputar tips dan trik kehidupan, kamu bisa baca artikel timeless selengkapnya di kanal lifestyle IntipSeleb.

Topik Terkait