img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb Gaya HidupCara cek nomor Telkomsel bisa dilakukan dengan beberapa metode yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Meski begitu, tak bisa dipungkiri jika masih banyak yang belum mengetahui seperti apa caranya.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu operator seluler yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Hal itu karena layanan yang disediakan oleh Telkomsel memiliki jangkauan jaringan dan layanan yang luas jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Selain itu, anak perusahaan dari Telkom Indonesia ini memiliki jam terbang yang sudah cukup lama. Produk yang ditawarkannya pun beragam, mulai dari Simpati, Halo, Kartu AS, hingga Loop.

Bagi pemilik nomor Telkomsel ataupun nomor operator seluler lainnya, kejadian lupa nomor telepon adalah hal yang wajar. Nah, kabar baiknya Telkomsel sudah menyediakan beberapa cara yang bisa dipilih jika Anda ingin mengecek nomor yang dimiliki.

Ada setidaknya 5 cara cek nomor Telkomsel yang tersedia dan bisa dicoba. Lantas, apa sajakah itu? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

5 Cara Cek Nomor Telkomsel

1. Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat Panggilan

Freepik/pressfoto
Foto : Freepik/pressfoto

Ini adalah cara cek nomor Telkomsel yang paling mudah dan umum dilakukan. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur panggilan atau dial up yang ada di hamdphone. Langkah melakukannya pun praktis seperti berikut ini:

- Pilih menu panggilan yang tersedia di ponsel Anda.
- Setelah masuk ke menu panggilan, tekan kode *808#.
- Kemudian silahkan langsung saja menekan tombol “Call” atau “Panggil”.
- Selanjutnya akan muncul menu pop up yang berisi informasi yang menunjukkan nomor Telkomsel milik Anda.
- Segera simpan nomor tersebut dengan menggunakan fitur screenshot atau tangkapan layar agar ke depannya tidak perlu repot mengecek jika tiba-tiba lupa dengan nomor Telkomsel lagi.

Nah, selain dengan memunculkan menu pop up, Telkomsel juga akan mengirimkan konfirmasi melalui pesan SMS otomatis yang di dalamnya berisi informasi soal nomor Telkomsel yang Anda butuhkan.

Satu hal yang perlu diketahui sebelum mencoba cara ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp100 untuk setiap pengecekan nomor Telkomsel melalui *808#.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk memiliki saldo yang cukup jika ingin mengecek nomor dengan menggunakan cara ini.

Karena biaya sebesar Rp100 tersebut akan langsung dipotong melalui pulsa yang Anda miliki. Jika pulsa kurang dari nominal yang ditentukan, maka proses pengecekan akan gagal.

2. Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Aplikasi MyTelkomsel

telkomsel.com
Foto : telkomsel.com

Selain dengan menggunakan menu panggilan atau dial up, cara lainnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukannya melalui aplikasi MyTelkomsel.

Cara ini cocok digunakan jika Anda tidak memiliki saldo pulsa sedikit pun. Karena tak bisa dipungkiri di masa sekarang, para pengguna ponsel lebih mengutamakan mengisi kuota internet daripada mengisi saldo pulsa.

Dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, Anda tidak perlu repot mengisi pulsa yang habis hanya untuk mengecek nomor telepon. Karena hanya dibutuhkan sinyal internet saja untuk mencoba cara ini. Berikut ini langkah yang perlu diikuti untuk cek nomor Telkomsel lewat MyTelkomsel.

- Pastikan untuk mengunduh dan install aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu melalui AppStore ataupun Google Playstore.
- Setelah aplikasi sudah berhasil terpasang di ponsel, langsung buka aplikasi tersebut untuk memulai registrasi.
- Anda akan diminta untuk melakukan login jika sudah memiliki akun MyTelkomsel sebelumnya. Namun jika baru pertama kali, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi untuk dapat masuk ke dalam aplikasi.
- Setelah melakukan login atau registrasi, aplikasi akan membawa Anda ke halaman utama yang di dalamnya terdapat berbagai opsi dan fitur untuk pelanggan.
- Silahkan pilih opsi “Bagian Informasi”.
- Di bagian informasi ini akan dapat terlihat nomor Telkomsel yang saat ini sedang Anda gunakan.

Bukan hanya dapat digunakan untuk mengecek nomor Telkomsel yang sedang digunakan, aplikasi MyTelkomsel juga memiliki berbagai fitur berguna lainnya yang dapat memudahkan pelanggan.

Contohnya seperti fitur untuk mengecek sisa pulsa dan sisa kuota internet, hingga membeli berbagai paket dengan penawaran menarik hingga bonus gratis.

3. Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat Customer Service

Freepik/jannoon028
Foto : Freepik/jannoon028

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan layanan customer service untuk mengetahui nomor Telkomsel. Setiap operator seluler tentu memiliki layanan customer service demi memberikan pelayanan yang maksimal. Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan yang satu ini untuk mengetahui nomor yang sedang Anda gunakan.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menelepon customer service. Langkahnya adalah sebagai berikut:

- Jika Anda menggunakan kartu Simpati, kartu AS dan Loop, maka customer service dapat dihubungi di nomor 188. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kartu Halo, dapat menghubungi customer service di nomor 133.
- Ketikkan nomor tersebut dan tekan “Call” atau “Panggil”.
- Tunggu beberapa saat hingga customer service menjawab panggilan Anda.
- Jika sudah terhubung, silahkan katakan keperluan Anda yakni ingin mengetahui nomor Telkomsel yang saat ini sedang digunakan.
- Pihak customer service akan menangani permintaan Anda, dan segeralah catat informasi yang diberikan agar jangan sampai terlupa lagi.

4. Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat SMS dan Telepon

Fitur SMS juga bisa digunakan untuk mengecek nomor Telkomsel. Namun, harus diingat pula bahwa cara yang satu ini mengharuskan Anda untuk memiliki saldo pulsa. Karena jika pulsa habis, maka tidak akan bisa mengirim SMS untuk mengecek nomor.

Cara mengecek nomor menggunakan fitur SMS dan telepon ini merupakan cara manual yang cukup banyak dimanfaatkan oleh pengguna.

Caranya adalah dengan mengirimkan SMS kepada nomor teman atau keluarga yang juga merupakan sesama pengguna Telkomsel. Dengan begitu nomor Anda akan langsung tampak, karena nomor telepon akan otomatis tercatat di riwayat pesan masuk si penerima.

Tarif untuk satu kali mengirim SMS adalah sebesar Rp350. Sehingga pastikan dahulu Anda memiliki pulsa dengan jumlah tersebut.

Selain dengan menggunakan SMS, Anda juga bisa menggunakan fitur telepon. Caranya adalah dengan melakukan panggilan kepada nomor Telkomsel lain.

5. Cara Cek Nomor Telkomsel Menggunakan Asisten Virtual

Ada pula layanan asisten virtual yang bisa dimanfaatkan. Layanan asisten virtual milik yang disediakan oleh pihak Telkomsel dinamakan Veronika. Ini adalah layanan virtual yang berbasis chat.

Asisten virtual Veronika akan membantu Anda untuk mendapatkan berbagai macam informasi mengenai produk dan juga layanan yang disediakan oleh Telkomsel.

Di antara layanan tersebut adalah mengecek nomor Telkomsel, pengecekan kuota internet, cek tagihan kartu Halo, menukar Telkomsel poin yang sudah terkumpul, hingga melakukan transaksi pembelian pulsa.

Untuk dapat mengakses layanan asisten virtual dari Telkomsel ini, Anda dapat mengecek beberapa kanal media sosial dan layanan berbagi pesan seperti berikut ini:

- Aplikasi MyTelkomsel
- Situs resmi Telkomsel: www.telkomsel.com
- Whatsapp: tsel.me/wa2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- LINE: tsel.me/lineVA2
- FB Messenger: tsel.me/fbV2

Topik Terkait