img_title
Foto : Www.freepik.com/wayhomestudio

IntipSeleb Gaya Hidup – Islam mengajarkan dan mengatur segala urusan, salah satunya urusan ketika keluar rumah. Sebelum kamu bepergian, alangkah lebih baiknya jika melakukan adab Islam dan membaca doa agar dapat dilindungi dan kembali ke rumah dengan selamat.

Karenanya doa keluar rumah merupakan upaya umat Islam untuk selalu mengingat Allah Swt saat dimanapun dan kapanpun. Ketika kamu hendak keluar rumah, maka akan ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi.

Oleh sebab itu, mengucapkan doa sebelum keluar rumah dapat dilakukan untuk meminta pertolongan Allah Swt. Dalam Islam segala hal memiliki aturan dan doa tersendiri, termasuk doa masuk dan keluar rumah.

Walaupun hal ini dianggap hal yang sepele, namun Islam sangat memperhatikan aktivitas umatnya salah satunya lewat doa.Meski dianggap sebagai sesuatu yang sepele, akan tetapi Islam sangat memperhatikan segala aktivitas umatnya dengan doa.

Islam mengajarkan bahwa seorang mukmin dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Mulai dari doa bangun tidur, beraktivitas seharian, hingga akhirnya tidur kembali.

Dalam semua kondisi dan keadaan, terdapat doa-doa yang bisa diamalkan dan tentunya memiliki banyak keutamaan. Hal itu pun tertera dalam sebuah buku “Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian” oleh Mahmud Asy-Syafrowi.

"Ketika seseorang keluar dari pintu rumahnya atau pintu kampungnya, maka ada dua malaikat yang diwakilkan untuk menyertainya. Jika ia mengucapkan bismillah maka keduanya akan berkata, 'Kamu telah diberi petunjuk.' Jika ia mengucapkan 'la haula walaa quwwata illaa billaah', maka keduanya berkata 'Kamu telah dijaga.' Dan, jika ia mengucapkan ‘tawakkaltu 'alallah', maka keduanya berkata, 'Kamu telah dicukupi'." (HR. Ibnu Majah).

Dalam hadis tersebut bahwasanya ketika kamu mengamalkan doa tersebut niscaya kamu akan diberikan petunjuk dan dijaga oleh Allah SWT. Sehingga melafalkan dan mengamalkan doa -doa keluar rumah memiliki banyak manfaatnya.

Hal ini bertujuan agar senantiasa kamu berada dalam perlindungan Allah SWT saat di luar rumah.tak hanya itu, supaya apapun yang kamu lakukan akan menjadi sumber pahala dan juga berkah.

Berikut ini, doa keluar rumah yang bisa kamu amalkan dan lakukan. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Doa Keluar Rumah

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebagai seorang muslim dan muslimah, dianjurkan untuk kamu membaca doa keluar rumah ketika ingin keluar. Hal itupun pastinya memiliki banyak kebaikan ketika kamu amalkan.

Berikut ini bacaan doa keluar rumah yang bisa kamu amalkan dan lafalkan. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Doa keluar rumah pertama

Doa dalam bahasa Latin:

“Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm”

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah."

Ternyata doa keluar rumah ini juga telah disebutkan dalam salah satu hadist Rasulullah SAW. Berikut ini bunyi hadistnya:

"Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu:

“Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!" (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa keluar rumah kedua

Selain doa keluar rumah di atas, kamu juga bisa melafalkan bacaan doa yang lebih panjang. Berikut ini doa keluar rumah yang bisa kamu amalkan.

Doa dalam bahasa Latin:

“Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.”

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi."

Akan tetapi, sebagian dari kalian mungkin lebih sering menggunakan bacaan doa keluar rumah yang pendek. Sebab, bacaan tersebut dinilai cukup ringan dan mudah diingat.

Al-Munawi mengutip satu penjelasan yang sangat indah dari ucapan Ath-Thibi tentang doa keluar rumah ini,

"Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama.

Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan." (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123).

Adab keluar rumah

Jika kamu ingin keluar rumah , sebaliknya mengamalkan adab-adab di bawah ini. Bahwasanya, Islam indah dengan aturan yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kamu.

Berikut ini adab ketika keluar rumah yang bisa kamu lakukan. Yuk simak selengkapnya di bawah in!

- Salat dua rakaat sebelum keluar rumah
- Membaca doa keluar rumah
- Mengangkat pandangan ke atas ketika membaca doa keluar rumah
- Keluar rumah dengan kaki kanan lebih dahulu

Keutamaan dan hikmah doa keluar rumah

Dalam Islam, orang muslim dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Hal itu pun sama ketika kamu hendak akan keluar rumah.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan hikmah saat membaca doa masuk dan keluar rumah. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mendapat Keberkahan

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya: “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS An Nur: 61)

Selain dalam Alquran, ada juga penjelasan mengenai keberkahan doa masuk rumah pada suatu hadis yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik RA saat Rasulullah SAW berkata padanya:

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Artinya: “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR Tirmidzi).

Makna dari kandungan di atas dapat diartikan bahwa jika kamu mengamalkan doa saat masuk dan keluar dari rumah memiliki banyak manfaat salah satunya diberikan keberkahan.

2. Dilindungi dari segala bahaya

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya: “Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’."

(Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR Abu Daud).

3. Mendapat rezeki

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (rth)

Topik Terkait